--> Skip to main content

4 Cara Update Plugin Google Chrome Di Laptop /Komputer Dengan Mudah

Cara Update Plugin Google Chrome Di Laptop /Komputer Dengan Mudah. Google Chrome adalah perangkat lunak peramban terbaik Google Inc. yang merupakan hasil pengembangan peramban sumber terbuka Chromium. Google Chrome boleh dibilang mengintegrasikan beberapa layanan Google Inc, seperti Google Drive, Keep, dan lainnya, dengan komputer atau laptop pengguna.

Beberapa kelebihan dan kekurangan browser Google Chrome adalah kemudahan untuk mengakses layanan Google di satu browser tanpa harus membuka situs web. Apalagi jika Anda menggunakan smartphone Android. Misalnya, jika ponsel cerdas Android Anda memiliki Google Keep, catatan Anda dapat dibuka di Google Chrome melalui ekstensi Google Keep juga.

Selain itu, ekstensi Google Chrome juga lebih bervariasi daripada ekstensi yang dimiliki oleh browser lain. Melalui ekstensi Google Chrome, Anda dapat memainkan game, menulis catatan, menyimpan gambar, mengubah tampilan browser Chrome Gooogle Anda dan banyak lagi.
4 Cara Update Plugin Google Chrome Di Laptop /Komputer Dengan Mudah

Kemudian, Google Chroe juga mendukung penggunaan Google AMP, situs web khusus ketika koneksi internet melambat. Cara menggunakan Google AMP juga cukup mudah, terutama jika Anda menggunakan browser Google Chrome.

Kelebihan lain dari Google Chrome adalah plugin dari browser ini bersifat independen. Artinya, plugin yang mendukung tampilan situs web yang muncul di Google Chrome tidak menggunakan plugin yang dipasang langsung di Windows. Misalnya, plugin Adobe Flash di Google Chrome memiliki berbagai versi dan plugin berbeda dari plugin Adobe Flash yang terpasang di komputer Anda. Bahkan, Adobe sebagai rilis Flash, mengeluarkan pembaruan khusus untuk plugin Adobe Flash di Google Chrome.

Sementara itu, kekurangan terkait plugin Google Chrome adalah kurangnya kontrol pengguna dalam penggunaan plugin. Untuk ekstensi, Google Chrome masih memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menggunakan atau tidak menggunakan ekstensi yang diinginkan. Namun, Google Chrome membatasi pengguna untuk memperbarui plugin atau ekstensi di browser mereka. Batasnya adalah mode yang disebut "Mode Pengembang" atau "Mode Pengembang"

Berbicara tentang pembaruan, untuk meningkatkan penggunaan ekstensi di browser Google Chrome Anda, Anda perlu memperbarui ekstensi Google Chrome Anda. Meskipun benar-benar tidak ada perubahan berarti, tujuan pembaruan ekstensi Google Chrome adalah untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan celah atau bug di ekstensi Google Chrome untuk mengontrol komputer atau laptop Anda untuk kejahatan. Salah satu cara mereka untuk mengendalikan komputer atau laptop Anda adalah dengan menggunakan virus peramban. Anda harus tahu cara menghapus virus peramban jika komputer atau laptop Anda terkena virus ini.

Oh ya, sebelumnya Anda harus tahu dulu tentang plugin Google Chrome. Ada perbedaan antara plugin dan ekstensi. Plug-in adalah tambahan untuk browser Google Chrome yang diperlukan. Contoh plugin adalah Adobe Flash untuk menampilkan animasi di situs web, dan Javascript. Plugin ini sudah terpasang di Google Chrome sejak awal dipasang atau ditambahkan ketika Anda menginstal perangkat lunak yang terintegrasi dengan Google Chrome.

Sementara ekstensi tambahan di browser Google Chrome yang mendukung dan tidak perlu diinstal. Biasanya, ekstensi lebih berfungsi sebagai peningkatan fitur dari browser Google Chrome. Contoh ekstensi adalah Google Keep, Google Docs, Google Drive, dan banyak lagi.

Perbedaan antara plugin dan ekstensi ini mungkin lebih dikenal oleh orang-orang yang cukup akrab dengan dunia TI dan tidak dikenal oleh publik. Namun, karena masyarakat umum terkadang bingung antara plugin dengan ekstensi, maka dalam artikel ini kita menyebut ekstensi sebagai plugin juga. Ini juga merupakan cara untuk mengenali perbedaan antara browser dan mesin pencari. Jangan mentang-mentang nama yang sama dari Google, terus berfungsi sama yah hehehe

Selain itu, dalam artikel kami kali ini, sebenarnya kami akan lebih fokus pada cara memperbarui hanya ekstensi. Alasannya adalah karena plugin di Google Chrome dapat diperbarui secara otomatis. Selain itu, versi terbaru plugin Google Chorme (tepatnya dari Google Chrome versi 57) tidak lagi terlihat oleh pengguna melalui alamat "chrome: // plugins". Cara memulai ulang Google Chrome bukanlah solusi untuk masalah ini, karena ini sudah merupakan "default" versi 57 ke atas. Jadi untuk mengatur beberapa konten yang ditampilkan oleh plugin, pengguna harus mengaturnya melalui "chrome: // settings / content".

Masalahnya, banyak orang awam yang tidak tahu cara memperbarui plugin Google Chrome, karena fungsinya akan tetap sama meski tidak diperbarui. Namun, dengan mempertimbangkan tujuan pembaruan, sebaiknya perbarui ekstensi atau plugin Google Chrome Anda. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahasnya. Oke, berikut ini langkahnya:

1. Buka Google Chrome

Yang jelas, untuk mengupdate plugin atau ekstensi pada Google Chrome, bukalah browser Google Chrome dari komputer atau laptop Anda. Jangan membuka browser lain, karena itu akan percuma saja hehehe. Ada beberapa cara untuk membuka Google Chrome, diantaranya:


  • Double klik ikon Google Chrome pada desktop
  • Pilih Google Chrome pada Start Menu Windows Anda.
  • Tekan ikon Windows + R untuk membuka Jendela Run. Lalu ketikkan “chrome.exe”

2. Buka halaman ekstensi

Setelah jendela Google Chrome terbuka, ketikkan "chrome: // extensions" di bilah alamat browser. Kemudian tekan Enter pada keyboard. Selanjutnya, di layar komputer atau laptop tampilan halaman Anda akan muncul sebagai daftar ekstensi di browser Google Chrome Anda, baik ekstensi aktif maupun tidak aktif. Ekstensi tidak aktif ditandai dengan warna ikonik yang berubah menjadi hitam dan putih, sementara ekstensi aktif ditandai dengan warna ikon berwarna mereka.

3. Aktifkan Mode Pengembang

Dalam tampilan halaman ekstensi normal, Anda hanya melihat daftar ekstensi yang Anda gunakan di browser Google Chrome Anda. Nah, untuk memunculkan tampilan "berbeda", daftar periksa tentang "Mode Pengembang" atau "Mode Pengembang". Setelah diperiksa, Anda akan melihat beberapa tombol baru di atas daftar ekstensi yang Anda gunakan, termasuk "Ekstensi paket", "Muat ekstensi yang belum dikemas", dan banyak lagi.

4. PIlih Perbarui Ekstensi Sekarang

Pada tombol yang baru muncul dalam mode pengembang, ada tombol "Perbarui Ekstensi Saat Ini" atau "Perbarui ekstensi sekarang". Inilah tombol yang Anda gunakan untuk memperbarui plugin atau ekstensi di browser Google Chrome Anda. Nah, cara memperbaruinya, pilih ekstensi untuk memperbarui, lalu klik tombol "Perbarui Ekstensi Saat Ini". Google Chrome juga akan mulai memperbarui ekstensi yang Anda pilih secara manual.

Bahkan, semua ekstensi yang dipasang di browser Google Chrome memiliki fitur pembaruan otomatis. Namun, terkadang ada beberapa ekstensi yang secara tidak langsung "meminta" pengguna untuk memperbarui ekstensi secara manual. Atau mungkin, Anda pernah mendengar bahwa ekstensi atau plugin yang Anda gunakan sudah tersedia, tetapi peramban Google Chrome Anda belum mendeteksi pembaruan apa pun.

Untuk mencegah Anda dari ekstensi Google Chrome palsu, pastikan Anda memasang ekstensi Google Chrome dari sumber resmi, Toko Web Chrome. Juga, sesekali kunjungi Toko Web Chrome untuk melihat pembaruan pada ekstensi yang Anda gunakan.

Nah, jika Anda sebagai pengguna tidak tahu cara memperbarui Google Chrome plugin, maka ekstensi atau plugin yang digunakan oleh Anda mungkin rentan terhadap eksploitasi bug di versi lama plugin atau ekstensi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, Anda tidak akan mendapatkan peningkatan kinerja dari plugin atau ekstensi Google Chrome Anda. Jika sudah demikian, bisa jadi Google Chrome Anda akan mengalami salah satu ciri dari peramban yang terinfeksi virus

Dari metode pembaruan plugin Google Chrome yang kami diskusikan di atas, dapat dilihat bahwa melakukannya dengan sangat mudah. Jadi, itu bukan lagi alasan bagi Anda untuk tidak memperbarui ekstensi atau plugin Google Chrome Anda. Jadi artikel pertama kita kali ini. Semoga artikel kami akan membantu Anda memperbarui ekstensi atau plugin browser Google Chrome Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar