--> Skip to main content

30 Macam Jenis Sistem Operasi Open Source Terbaik di Dunia

Sistem operasi adalah sistem yang berfungsi vital dalam pengoperasian komputer, di mana sistem operasi menjembatani perintah dari manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer. Nah, bicara tentang sistem operasi, ada beberapa jenis sistem operasi komputer yang rilis di pasaran. Salah satunya adalah sistem operasi open source.

Memahami open source apa? Open source adalah lisensi yang membebaskan pengguna untuk memodifikasi, mengubah, menambah, atau menyembunyikan kekurangan suatu sistem. Nah, banyak sistem operasi open source yang dirilis dengan keunggulan mereka sendiri dan beberapa di antaranya menutupi kekurangan sistem operasi lain.
 30 Macam Sistem Operasi Open Source Terbaik di Dunia

Mungkin, Anda tidak akrab dengan beberapa sistem operasi open source yang sudah ada saat ini. Nah, dalam artikel kami kali ini, Anda akan mengetahui beberapa jenis sistem operasi open source yang telah dirilis di masyarakat. Apa pun? Berikut ini adalah sebagai berikut:

1. UNIX
UNIX adalah cikal bakal sistem operasi Linux. UNIX dikembangkan dari 1965 Multics (Telekomunikasi dan Telekomunikasi) (AT & T) proyek, General Electric (GE), dan Massachusetts Institute of Technology (MIT), didanai oleh Departemen Pertahanan AS (Departemen Pertahanan Pertahanan dimajukan Proyek Penelitian , DARPA atau ARPA). Saat ini, Unix jarang digunakan, karena kehilangan prestise oleh Linux.

2. BSD (Berkeley Software Distribution)
BSD atau Berkeley Software Distribution (bukan BSD di Serpong hehehe) adalah sistem operasi yang mirip dengan UNIX, tetapi BSD bukan turunan UNIX. Sistem operasi ini juga lebih dikenal dengan BSD Gratis karena dapat diperoleh secara gratis. Sistem operasi ini juga banyak digunakan karena gratis dan bersifat open source. Meski begitu, OS ini tidak sepopuler Linux.

3. Sun Solaris
Sun Solaris adalah salah satu sistem operasi derivatif UNIX yang dikembangkan oleh Sun MicroSystem. Sistem operasi ini memiliki kelebihan yaitu: Free Redistribution, di mana setiap orang dapat membeli atau melisensikan OS ini kepada orang lain; dan Derived Work, di mana pengguna dapat mengubah kode yang ada di Sun Solaris OS dan mendistribusikannya kembali ke publik.

4.Debian
Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock pada tahun 1998. Nama Debian sendiri diambil dari nama mantan pacarnya (karena sekarang sudah menjadi istri), Debra, dan namanya sendiri. Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux dan termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas digunakan di bawah lisensi GNU. Debian GNU / Linux adalah distro non-komersial yang diujicobakan oleh sukarelawan dari seluruh dunia yang bekerja bersama di Internet. Distro ini menginginkan semangat open source yang harus tetap dalam pengembangan Debian. Distribusi dinamis ini membuat setiap rilis paketnya diperbarui setiap saat.

Milis dan forum relawan Debian selalu penuh dengan diskusi, baik tentang bug, masalah, berbagi, dan banyak lagi. Dengan adanya diskusi ini, bug dan masalah keamanan pada setiap paket dapat dilaporkan oleh pengguna dan pengembang Debian dengan cepat. Dapat dibilang, Debian adalah "kernel independen", yang berarti sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa pemodelan dari sistem operasi yang ada.

5. Linux Mint
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk komputer PC. Inti kernel LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga perangkat lunak yang dapat berjalan di Ubuntu OS, juga dapat berjalan di LinuxMint OS.

6. RedHat
RedHat adalah distribusi yang cukup populer di kalangan pengembang Linux. Adanya dukungan teknis, pelatihan, sertifikasi, pengembangan aplikasi, dan bergabungnya hacker kernel dan perangkat lunak bebas, membuat RedHat dapat berkembang pesat dan digunakan oleh beberapa perusahaan besar. Titik terbesar dari distro ini adalah RedHat Package Manager (RPM), yang merupakan perangkat lunak manajemen paket pada sistem Linux pengguna dan dianggap sebagai standar de facto dalam kemasan pada distro turunan.

7. WinLinux
WinLinux adalah salah satu distribusi Linux yang dirancang untuk diinstal pada partisi DOS berbasis Windows. Jadi untuk menjalankannya, pengguna dapat mengaksesnya dari Windows. WinLinux dibuat seolah-olah itu adalah perangkat lunak yang berjalan di dalam OS Windows. Anda sendiri mungkin tidak dapat membedakan Linux dengan Windows saat menggunakan OS ini.

8. Mandriva (Mandrake)
Mandriva atau Mandrake, adalah varian distro RedHat yang dioptimalkan untuk pentium. Distro Linux ini berasal dari Mandrake Linux yang dibuat oleh MandrakeSoft, tetapi MandrakeSoft kalah dari Hearst Corporation di sebelah kanan untuk menggunakan nama "Mandrake." MandrakeSoft kemudian membeli Connectiva, dan hasil pencampuran ini disebut Mandriva. Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager. Mandriva adalah distro yang berasal dari RedHat Linux yang menyediakan banyak "pra-konfigurasi" pengembangan dan aplikasi dan dukungan untuk berbagai bahasa di seluruh dunia. Distribusi ini dikenal untuk pemula yang baru mengenal Linux dan cocok untuk komputer desktop, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi platform di komputer server.

9. SuSE
SUSE adalah singkatan dalam bahasa Jerman untuk "Software- und System-Entwicklung" (perangkat lunak dan pengembangan sistem). Namun, ada yang mengatakan bahwa nama SUSE digunakan untuk menghormati insinyur Konrad Zuse. SAlah satu distro Linux sangat terkenal dengan YaST (Namun Alat Pengaturan lain) untuk mengkonfigurasi sistem. SuSE adalah distribusi Linux pertama yang mendukung Bahasa Indonesia. Perusahaannya saat ini dimiliki oleh Novel, Inc.

10. Linux Ubuntu
Nama Ubuntu berasal dari nama konsep ideologis di Afrika Selatan, yang terkandung dalam sebuah kata dalam bahasa Afrika kuno yang berarti 'kemanusiaan untuk semua' atau 'Saya didasari oleh kita semua'. Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang merupakan pengembangan dari Debian yang memiliki antarmuka untuk desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd. Tujuan dari distro Linux Ubuntu adalah untuk membawa semangat yang terkandung dalam "Ubuntu" ke dalam dunia perangkat lunak.

Ubuntu cocok untuk desktop dan server. Beberapa kelebihan dan kekurangan Ubuntu Linux mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bit (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000). Selain itu, Ubuntu menyertakan sekitar 16.000 perangkat lunak, yang dilakukan hanya dengan menggunakan satu CD. Perangkat lunak Ubuntu yang disertakan mencakup semua perangkat lunak desktop standar dari pengolah kata, spreadsheet, hingga peramban untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, alat untuk bahasa pemrograman, dan banyak lagi.

11. OS PC Linux
Dari namanya saja sudah cukup jelas, nama ini merupakan gabungan dari nama PC + Linux + Sistem Operasi. PCLinuxOS memiliki antarmuka GUI yang mirip dengan Windows untuk memudahkan transisi pengguna Windows ke Linux. Oleh karena itu, salah satu distro Linux menggunakan kata PC (meskipun sebenarnya PC tidak eksklusif untuk Windows saja).

12. Turbo Linux
Turbo Linux adalah salah satu distribusi Linux yang disukai oleh perusahaan dan individu di Jepang dan Asia. Salah satu distribusi Linux ini digunakan untuk pasar workstation dan server, terutama untuk pengelompokan dan orientasi cenderung ke perusahaan. Beberapa produk dari distro ini adalah: TurboLinux Workstation untuk desktop, serta Server TurboLinux untuk server back-end berkinerja tinggi, terutama untuk penggunaan bisnis di perusahaan, e-commerce dan transaksi B2B (Bisnis-ke-Bisnis).

13. Linux Fedora
Fedora adalah distro Linux berdasarkan RPM dan YUM yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrograman Red Hat yang disponsori. Nama "Fedora" diambil dari jenis topi (fedora) yang dikenakan oleh pria dalam logo RedHat. Dalam rilis keenam hingga keenam, nama distribusi ini adalah Fedora Core, kemudian berubah menjadi Fedora di rilis ketujuh. Keuntungan Fedora atas distribusi Linux lainnya adalah dukungan Fastboot, fitur keamanan SELinux, dan dukungan pembaruan reguler.

14. Sabayon
Sabayon adalah salah satu distro Linux yang dibuat di Trentino, Italia. Nama Sabayon terinspirasi oleh nama makanan penutup Italia yang terbuat dari telur kuning, gula, dan alkohol manis.

15. Damn Small Linux
Seperti namanya, Damn Small Linux (DSL) adalah salah satu versi mini distribusi Linux. Kenapa disebut mini? karena paket instalasi DSL hanya 50 MB. DSL juga memungkinkan untuk menginstal pada USB flashdisk dengan kapasitas minimum 128 MB.

16. CentOS
CentOS adalah salah satu distribusi Linux berbasis Red Hat Enterprise Linux (RHEL) dan kependekan dari Sistem Operasi Perusahaan Masyarakat.

17. Dream Linux
Dream Linux adalah distribusi Linux turunan Debian yang dikembangkan di Brasil. Tampilan antarmuka Dream Linux mirip dengan Mac OS X. Namanya sendiri tidak ada nama latar belakang, karena hanya kombinasi kata "mimpi" dan Linux.

18. Puppy Linux
distribusi live CD yang memprioritaskan kemudahan penggunaan. Distro ini memiliki maskot bernama "Puppy" yang merupakan Chihuahua asli. Puppy Linux adalah salah satu distribusi CD Live Linux terkecil yang berukuran sangat kecil dan mengutamakan kemudahan penggunaan.

19. Slackware
Distro Linux ini dibuat oleh Patrick Volkerding. Slackware awalnya adalah proyek pribadi, dan agar tidak serius, Patrick menamai proyek ini "slack" dari Gereja SubGenius yang berarti "sebuah negara di mana seseorang menggunakan energi minimal untuk hidup". Distro ini adalah distro buatan Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. yang pertama kali dikenal setelah SLS.

Slackware pernah menjadi distro Linux paling populer. Dua keuntungan dari Slackware adalah: semua isinya (kernel, pustaka atau aplikasi) diuji. Kedua, karena Slackware mendorong penggunanya untuk menginstal perangkat lunak dari sumber resmi, sehingga semua program yang terinstal dapat dioptimalkan dengan sistem. Itu sebabnya Slackware tidak menggunakan RPM biner dan hingga Slackware 4.0, Slackware masih menggunakan libc5 daripada glibc2 seperti distribusi Linux lainnya.

Tujuan utama Slackware lebih kepada stabilitas dan desainnya yang paling sederhana, dan menjadi distribusi Linux yang paling mirip dengan Unix, yang dikenal sederhana, stabil, mudah dimodifikasi, dan dirancang untuk 386/486 komputer atau komputer kelas atas. Distro ini termasuk distro yang samar dan manual sekali untuk pengguna Linux pemula, tetapi dengan menggunakan distro ini beberapa pengguna dapat mengetahui banyak cara sistem kerja dan distro ini.

20. Knoppix
Knoppix adalah distro Linux yang dibuat oleh Klaus Knopper dan dinamakan berdasarkan namanya sendiri. Knoppix adalah distribusi Linux Debian berbasis Linux yang berjalan pada CD-ROM tanpa menginstalnya pada hard drive. Aplikasi ini sangat lengkap dan cocok untuk demo atau mempelajari penggunaan Linux bagi pengguna yang tidak memiliki lebih banyak ruang pada harddisk. Distro ini juga dapat digunakan untuk penyelamatan CD. Kelemahan dari OS ini adalah kebutuhan memori yang besar untuk menggunakan mode grafis, yaitu 96 MB. Meski begitu, OS ini dapat berjalan pada 64 MB memori dengan swap pada hard drive.

21.Gentoo
Gentoo Linux adalah distribusi Linux yang menggunakan paket sistem manajemen Portage. Gentoo adalah distro kode sumber berbasis Linux yang semua perangkat lunaknya harus dikompilasi dari awal hingga kecepatan maksimal. Itu membuat namanya bahwa Enoch awalnya menjadi Gentoo, tipe penguin perenang tercepat.

22. Foresight
Foresight adalah distro Linux yang menggunakan Conary sebagai manajer paket yang menampilkan pembaruan bergulir. Manajer paket ini tidak seperti kebanyakan distribusi Linux yang hanya menyediakan pembaruan besar dua kali setahun. Nama Foresight diambil karena didasarkan pada tujuan untuk mendapatkan pengguna untuk memperbarui perangkat lunak terlebih dahulu dibandingkan dengan distro Linux lainnya.

23. Freespire
Freespire dirilis pada Agustus 2005, di mana CD Live CD berbasis Linspire diterbitkan di internet secara tidak sengaja. Distro ini akhirnya berevolusi menjadi distro sendiri. Linspire awalnya disebut "Lindows", tetapi Microsoft mengajukan gugatan karena melanggar hak untuk menggunakan nama "Windows". Meskipun Microsoft kalah di pengadilan, tetapi mereka memutuskan untuk membayar $ 20 juta ke Lindows untuk mengubah namanya menjadi Linspire. Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows).

24. Xandros
Distro Linux ini diambil dari nama X Windows System dan kepulauan Yunani bernama Andros. Xandros Linux adalah distro Linux berdasarkan sistem KDE. Antarmukanya sangat mirip dengan OS Windows, jadi sangat mudah dan nyaman bagi pengguna Linux baru untuk "bermigrasi" dari Windows. Meskipun berbasis Linux, Xandros memiliki integrasi yang lebih baik dengan jaringan Windows, yang mampu menjalankan aplikasi OfficeXP, dapat mengubah ukuran partisi NTFS selama instalasi, dan banyak lagi. Sayangnya, Xandros tidak dirilis secara gratis, atau lebih tepatnya secara komersial.

25. gOS
gOS adalah distribusi Linux berbasis Ubuntu yang memiliki integrasi kuat dengan aplikasi Google. Buktinya, huruf "g" di nama gOS diambil dari Google. gOS adalah perpanjangan dari 'Good OS LLC' yang merupakan nama perusahaan yang membuat distro ini.

26. Backtrack
Backtrack adalah distro Linux khusus untuk pemeriksaan keamanan sistem, di mana ia memiliki berbagai sistem dan alat keamanan forensik. Nama ini diambil dari penggunaan distro ini, yang "kembali menelusuri" (menelusuri ulang) penyusup.

27. Kali Linux
Kali Linux adalah pengembangan distro BackTrack yang dibuat ulang menggunakan kernel inti Debian. Oleh karena itu, manajemen paket perangkat lunak di Kali Linux menggunakan .deb. Ini berbeda dengan BackTrack yang dibuat menggunakan kernel inti dari Ubuntu. Perbedaan ini mirip dengan perbedaan antara Debian Linux Mint Debian Edition (LMDE) berdasarkan Debian dan Linux Mint (biasa) berdasarkan Ubuntu.

28. Lycoris
Lycoris adalah distro Linux yang memiliki tampilan seperti Windows XP, dalam hal warna, ikon, dan kemudahan lainnya. Lycoris memiliki paket distribusi Linux yang disebut Desktop / LX. Lycros memiliki fasilitas IRIS (Internet Rapid Installer for Software) untuk memperbarui OS Linux dengan perangkat lunak baru. Distribusi ini tidak dapat diperoleh secara gratis karena bersifat komersial.

29. Kuliax
Kuliax (bukan kuliah yahhh) adalah distro Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk tujuan pendidikan di universitas. Distro ini didasarkan pada Debian GNU / Linux dan Knoppix, dan telah dioptimalkan untuk penggunaan desktop.

30. Android
Loh, mengapa Android juga bisa masuk? Yup, OS di smartphone populer saat ini sebenarnya dibuat dari kernel inti Linux open source. Android menggunakan kernel Linux sebagai bagian utama. Karena Linux adalah open source, pengembang Android dari Google dapat memodifikasi kernel Linux untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Linux memberi pengembang kode sumber Android dari Linux, dan kernel sistem operasi yang dikembangkan dengan baik, jadi Google tidak perlu menulis kernel mereka sendiri.

Android adalah sistem operasi seluler berbasis Linux, tetapi tidak seperti sistem operasi Linux yang biasa Anda gunakan di komputer Anda. Anda tidak dapat menjalankan aplikasi Android pada distribusi Linux lainnya dan Anda tidak dapat menjalankan perangkat lunak yang ada di komputer Linux Anda di Android Anda. Itulah salah satu kelebihan dan kekurangan OS Android daripada OS Linux.

Begitu banyak artikel kami kali ini seputar sistem operasi open source. Semoga artikel ini dapat membuka cakrawala Anda di sekitar sistem operasi open source.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar