--> Skip to main content

3 Cara Mengatasi Wifi Limited Windows 10 Cepat Dan Mudah

Hari ini salah satu jenis koneksi yang paling sering digunakan adalah koneksi internet wifi atau kesetiaan nirkabel. Koneksi jenis ini sangat mudah bagi pengguna karena tidak memerlukan kabel fisik, sehingga mobilitas pengguna dapat lebih tinggi daripada menghubungkan menggunakan LAN misalnya. Selain itu, transfer data yang cepat juga menjadi salah satu kelebihan jaringan wifi.

Tentu saja ketika berbicara tentang masalah koneksi internet itu bukan lagi urusan perangkat wifi, tetapi jika kita berbicara tentang seberapa cepat wifi dapat mengirimkan data, maka Anda tidak perlu khawatir karena dengan perkembangan teknologi wifi, maka bandwidth maksimum yang Anda dapatkan dari wifi akses sudah bisa melebihi 300Mbps lo. Ini berarti Anda dapat mengirim data sekitar 30 MB per detik. Tentu saja sangat cepat bukan?

Namun semua itu akan hilang ketika masalah koneksi wifi Anda. Baik koneksi internet wifi di sistem operasi Windows maupun Linux, tidak menutup kemungkinan akan mengalami masalah tertentu. Salah satu jenis masalah yang sering dialami oleh pengguna Windows 10 adalah koneksi wifi terbatas yang membuat mereka tidak dapat mengakses internet dengan lancar meskipun sebenarnya mereka terhubung ke jalur akses.
3 Cara Mengatasi Wifi Limited Windows 10 Cepat Dan Mudah

Memiliki ketrampilan atau wawasan tentang cara mengatasi wifi terbatas Windows 10 adalah salah satu hal yang mutlak dimiliki bagi Anda yang sering atau bahkan menggantung pekerjaan dari koneksi nirkabel di taman kota atau di tempat lain, seperti freelancer. Dengan pengetahuan untuk mengatasi masalah koneksi wifi ini, pastinya Anda akan sangat membantu dan bisa mandiri ketika datang untuk memecahkan masalah jaringan laptop Anda.

Lalu bagaimana cara mengatasi wifi terbatas Windows 10 ini? Jika Anda ingin menemukan jawaban untuk pertanyaan itu, inilah solusinya.

Namun sebelum membahas solusinya, ada baiknya kita bicara tentang mengapa koneksi wifi bisa dibatasi pada Windows 10. Dengan memahami penyebabnya kita bisa memilih penanganan yang lebih tepat dan mengerti jika salah satu solusi tidak berfungsi, mungkin ada masalah lain yang belum kita hadapi. terselesaikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa wifi dapat dibatasi di Windows 10.

Beberapa sebab wifi limited di Windows 10 antara lain adalah:


  1. Titik akses tidak ada koneksi ke internet.
  2. Perangkat keras titik akses rusak.
  3. Driver perangkat wifi windows tidak cocok.
  4. Pengaturan DNS yang salah.
  5. Akses internet diblokir dari titik akses.
Untuk mengatasi masalah di atas, tentu saja membutuhkan langkah yang berbeda sesuai dengan jenis wifi terbatas yang Anda alami. Di sini kita akan membahas beberapa cara untuk mengatasi wifi terbatas Windows 10 yang umumnya dapat kita aplikasikan pada laptop atau komputer Anda jika wifi dimiliki oleh status terbatas Windowsmu.


1. Mengatasi Wifi Limited karena Driver Tidak Cocok

Buka Pengelola Perangkat terlebih dahulu. Anda dapat melakukan ini dengan mencari 'sistem' kemudian klik 'device manager' atau cari langsung dengan kata kunci Pengelola Perangkat. Di aplikasi yang muncul, buka tab Network Adapters, lalu klik kanan nirkabel yang Anda miliki dan plih pembaruan perangkat lunak driver. Jika Anda sudah memiliki driver yang sesuai untuk wifimu dengan pengunduhan manual, pilih Browse my computer for driver software. Jika tidak, Anda dapat mengklik next dengan memilih "Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui".

Saat Anda memilih pembaruan manual, pilih "Biarkan saya memilih dari daftar driver perangkat di komputer saya" lalu klik "Have Disk". Telusuri atau pilih file yang telah Anda unduh, pilih berikutnya dan tunggu penginstalan driver wifi selesai. Jika langkah ini belum bisa menyelesaikan masalah Anda yang terbatas, bisa jadi penyebabnya bukan pada wifi driver Anda.

2. Mengatasi Wifi Limited karena Setting DNS

Klik kanan koneksi wifi Anda dan pilih properti. Pergi ke bagian detail atau properti, dan klik pada tab DNS. Lihat apakah ada pengaturan DNS kustom (sudah diisi dengan alamat DNS tertentu) atau masih kosong. Ketika diisi, hapus catatan DNS dan restart wfif Anda. Jika tidak ada konten, sementara Anda terhubung ke internet publik atau koneksi wifi secara umum yang tidak memerlukan pengaturan DNS khusus, bisa jadi masalahnya bukan pada pengaturan DNS jaringan. Untuk itu, Anda bisa menerapkan alternatif berikutnya yaitu di bawah.

3. Mengatasi Wifi Limited dengan Reset Koneksi

Cara untuk mengatasi koneksi wifi terbatas berikutnya adalah dengan mereset konsol dan layanan atau layanan wifi yang dimiliki oleh Windows. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Buka Command Prompt. Anda dapat melakukan ini melalui kolom pencarian di awal, tahu dengan menggunakan kunci Ctrl + R, lalu ketik 'cmd' dan masukkan untuk membuka Command Promt. Di jendela Command Prompt yang terbuka, ketik perintah ini "netsh winsock reset catalog" dan tekan enter pada keyboard Anda.

Masih di jendela Command Promt yang sama, ketikkan perintah "netsh int ipv4 reset.log" lalu tekan tombil enter pada keyboard Anda. Setelah menyelesaikan langkah di atas, coba mulai ulang laptop atau komputer Windows 10 Anda, dan hubungkan kembali ke jaringan wifi yang sebelumnya memiliki indikasi atau tanda centang sebagai penanda bahwa jaringan Wifi yang Anda gunakan memiliki batasan jaringan.

Itulah beberapa cara alternatif untuk mengatasi wifi terbatas Windows 10 yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Jika langkah di atas tidak bisa menyelesaikan masalah wifi limted yang Anda alami, bisa jadi masalah koneksi jaringan di komputer Anda terjadi karena beberapa hal. Oleh karena itu Anda lebih baik memastikan dulu bahwa jaringan internet yang Anda akses benar-benar terhubung atau terkoneksi ke internet, karena jika tidak jadi tidak berguna lakukan langkah-langkah di atas karena masalahnya terletak pada koneksi jaringan Anda dan bukan sistem operasi Windows 10 yang Anda jalankan atau laptop kamu punya. Setelah itu Anda bisa menerapkan langkah-langkah di atas jika koneksi wifi internet Anda masih terbatas juga.

Semoga dengan langkah-langkah di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah keterbatasan wifi di Wondws 10 dengan cepat dan mudah ya. Selamat belajar!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar