--> Skip to main content

25 Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia. Saat ini, semakin banyak virus komputer menyerang perangkat komputer dan menyebar dengan sangat cepat, jutaan perangkat komputer terinfeksi. Salah satu bahaya virus komputer adalah malware yang menggunakan program konfigurasi bahasa yang pertama kali dibuat dan tidak terdeteksi sebelumnya. Itu karena ia menggunakan program bahasa "tipuan" yang awalnya tidak dipikirkan. Mereka adalah pelopor atau pencetus pertama dari konfigurasi bahasa pemrograman. Setelah itu hanya virus peniru atau menggabungkannya.

Dalam sejarah, virus komputer pada awalnya dibuat oleh dua peretas remaja yang curang dan bersaing untuk menjadi pemenang, mereka kemudian menciptakan malware yang dirancang untuk menghancurkan dan mengganggu data teman-temannya. Sekarang dunia telah berubah, peretas telah menjadikan virus sebagai pekerjaan profesional. Bahkan, ada peretas yang ambisius untuk menguasai dan menggerogoti tatanan kehidupan dunia.
Virus Komputer Paling Berbahaya Dan Mematikan Di Dunia

Sebagian, peretas bekerja langsung pada pemerintah atau badan intelijen untuk melindungi keamanan negara. Dengan mengetahui virus komputer yang mematikan di dunia, Anda juga akan tahu cara mencegah komputer Anda dari mendapatkan virus untuk menjaga perangkat Anda aman dari peretas.

Berikut ini adalah jenis virus komputer paling berbahaya di dunia internet, yaitu:

1. Jerusalem – 1987

Virus komputer pertama terdeteksi di Yerusalem pada Oktober 1987. Ini adalah virus MS-DOS yang menginfeksi setiap file yang bisa dijalankan. Pada setiap Jumat 13 virus Yerusalem menghapus semua file program pada hard drive yang terinfeksi, sehingga virus komputer juga disebut virus 13 Jumat.

2. Morris (Internet Worm) - 1988
Ini adalah jenis virus "cacing" pertama di dunia yang menginfeksi lebih dari 6000 komputer di Amerika Serikat, termasuk beberapa komputer NASA. Virus itu didistribusikan melalui Internet pada 2 November 1988 dan menyebabkan kerugian hampir USD 100 juta .. Virus ini dapat melumpuhkan semua sumber daya jaringan dan menyebabkan kerusakan dan kerugian yang menelan biaya hampir US $ 100 juta. Bahkan karena kehebohan ini, virus Morris diabadikan dalam floppy disk dan dipamerkan di Boston Museum of Science.

3. Melissa - 1999
Virus Melissa diemail ke semua pengguna email dan virus komputer ini memiliki kemampuan untuk mereproduksi dalam file Word dan Excel. Virus komputer ini juga dikenal sebagai "Mailissa", "Simpsons", "Kwyjibo", dan "Kwejeebo". Virus Melissa menginfeksi 20% komputer di seluruh dunia. Selain itu virus Melissa juga dapat menyebar secara otomatis dengan mengirim sendiri ke e-mail semua teman dan kerabat (mass-mail) dengan membaca alamat e-mail dan memanfaatkan aplikasi Outlook, akibatnya membuat server overloading di dunia internet.

4.Love Letter ( I Love You/Lovebug) – 2000
Virus email ini menyebar pada tahun 2000 telah menyebabkan kerugian sebesar $ 10 Miliar di 20 negara. Virus komputer ini didistribusikan melalui email dengan subjek "I Love You" yang berisi pesan teks yang bertuliskan "silakan periksa LOVELETTER terlampir dari saya" dan lampirannya berjudul "LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.VBS." Jika Anda membuka lampiran maka secara otomatis virus komputer ini akan mereplikasi dirinya dan mengirim ke semua alamat email di email pengguna. File ini juga akan menghapus file .jpg dan .jpeg.

5. Code Red – 2001
Jenis virus komputer cacing ini diamati pada 15 Juli 2001. Virus Code Red menyerang server web Microsoft IIS. Virus komputer ini menghancurkan halaman web dan meninggalkan teks "Diretas oleh Orang Cina!" Dan merusak situs web whitehouse.gov. Kerugian yang disebabkan oleh virus komputer Code Red mencapai USD 2 miliar. Code Red menginfeksi hampir semua komputer di dunia pada tahun 2001.

Kode Merah berhasil merusak situs web whitehouse.gov dan memaksa lembaga pemerintah lainnya untuk membuat cadangan data sementara. Pembuatan bahasa kode kecil berbahaya ini telah menginfeksi puluhan ribu komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows NT dan Windows 2000 sebagai server, pada awal abad ke-21. Code Red menghancurkan halaman web, menyerang dengan teks "Diretas oleh Orang Cina!". Virus dapat dijalankan sepenuhnya oleh memori tanpa meninggalkan jejak file atau jejak. Kerusakan menyebabkan kerugian diperkirakan $ 2 miliar.

6. SQL Slammer - 2003
SQL Slammer adalah virus komputer Worm yang menyebabkan penolakan layanan pada beberapa hosting internet dan secara dramatis memperlambat lalu lintas internet. Ini dimulai pada 25 Januari 2003 dan menyebar dengan sangat cepat lalu menginfeksi 75.000 korban dalam waktu sepuluh menit. Slammer memiliki efek yang nyata pada layanan utama perusahaan besar.

Di antara daftar korban adalah Bank of America ATM. Virus komputer SQL Slammer menyerang server web yang dijalankan oleh versi rentan dari Microsoft SQL Server, kemudian menghasilkan alamat Protokol Internet (IP) secara acak. Yang menakjubkan adalah, seberapa kecil kode bahasa Slammer? Dibandingkan dengan saat ini dengan Twitter, pengkodean hanya dapat berisi lima kali tweet.

7. MyDoom - 2004
Dikenal sebagai malware paling keras pada tahun 2004, virus komputer ini menginfeksi sekitar satu juta komputer. Virus ini dengan cepat menginfeksi sekitar satu juta komputer. Virus ini menyebar melalui email yang sepertinya pesan yang memantul. Virus MyDoom dilihat sebagai email bouncing atau spammer email dan ketika pengguna membuka email maka komputer juga terinfeksi.

Kode berbahaya MyDoom virus kemudian mengunduh file tambahannya sendiri dan mencuri buku alamat e-mail menggunakan Outlook untuk mengirim email lain secara otomatis dengan konten yang sama kepada korban baru. Selanjutnya, dari sana menyebar lagi dan lagi dan lagi ke teman, keluarga dan sesama korban secara terus menerus. MyDoom menyebar lebih cepat daripada cacing lain pada umumnya. Virus komputer yang paling berbahaya ini dapat mengunduh file tambahan dan mencuri alamat email dan kemudian secara otomatis mengirim email ke korban baru.

8. Poison Ivy - 2005
Poison Ivy adalah Trojan akses jarak jauh yang mampu mengendalikan komputer yang terinfeksi dari lokasi yang berbeda secara sembunyi-sembunyi. Poison Ivy adalah mimpi buruk keamanan komputer, virus ini memungkinkan peretas untuk secara diam-diam mengendalikan komputer pengguna yang terinfeksi dari jarak jauh. Setelah virus komputer diinstal ke komputer, peretas dapat mengontrol komputer, memanipulasi konten dan mengakses speaker dan webcam komputer untuk merekam audio dan video. Virus ini adalah mimpi buruk dari semua mimpi buruk untuk keamanan komputer.

9. Agen.btz - 2008
Malware atau virus komputer yang berhasil mengacaukan sistem keamanan Pentagon bahkan hingga Pentagon untuk mendirikan sebuah departemen militer AS Cyber ​​Command untuk mengatasi agent.btz. Menyebar melalui thumb drive kemudian menginstal malware dan mencuri data penting. Agent.btz juga dikenal sebagai Agent.AWF yang menyerang sistem operasi Microsoft Windows.

10. BlackShades - 2014
BlackShades, virus komputer baru yang menginfeksi lebih dari 100 negara dan menyerang perangkat lunak di komputer. Virus komputer bekerja dengan mengambil alih komputer. BlackShades atau virus BlackShader juga memungkinkan peretas mencuri informasi pribadi, mencegat pesan penting dan membajak kamera di komputer atau webcam untuk digunakan secara diam-diam demi keuntungan para peretas.

11. Nimda - 2001
Virus komputer Nimda pertama kali muncul pada pertengahan September 2001, atau lebih tepatnya seminggu setelah serangan 9 September. Nama virus Nimda diambil dari kata "Admin" dengan ejaan terbalik. Virus Nimda menyebar melalui media internet seperti email, web, file sharing, atau mengeksploitasi kerentanan yang ada di server Web Layanan Informasi Internet Microsoft (IIS). Virus jenis cacing ini dikabarkan cepat berhasil menginfeksi dan melumpuhkan ribuan komputer di seluruh dunia dan hingga kini masih menyebar, tetapi dengan kecepatan yang lebih lambat.

12. Storm Worm - 2006
Jenis virus komputer Trojan House kali ini dapat mematikan dan sangat merusak perangkat Anda. Storm Worm adalah perangkat lunak berbahaya yang pertama kali muncul pada tahun 2006 dan menyebar melalui surat elektronik alias email di mana termasuk tautan. Banyak pengguna komputer mengeluh bahwa mereka menerima email spam dengan pesan "230 mati sebagai pemburu badai Eropa". Jika seorang pengguna mengklik tautan itu akan menyebabkan virus komputer Storm Worm menginfeksi komputer dan memungkinkan komputer dikendalikan dari jarak jauh untuk menyebarkan email spam di internet.

13. Conficker - 2008
Virus Conficker masuk ke dalam kategori virus komputer yang sangat berbahaya karena penyebarannya sangat cepat. Conficker ditemukan pada Oktober 2008. Selain Conficker, virus komputer juga dikenal dengan nama Downup, Domnadup, Win32 / Conficker.C, dan virus Kido. Virus komputer ini menyebar melalui Microsoft Windows OS dan OS Windows XP yang paling banyak terserang. Heinz Heise memperkirakan Conficker telah menginfeksi 2,5 juta PC pada 15 Januari 2009, sementara The Guardian memperkirakan 3,5 juta PC terinfeksi.

Kemudian pada 16 Januari 2009, virus komputer ini telah menginfeksi hampir 9 juta PC dan menjadikannya sebagai salah satu infeksi paling cepat menyebar dalam waktu singkat. Pada tahun 2009, worm komputer baru menginfeksi jutaan PC berbasis Windows di seluruh dunia, worm ini mampu mencuri data keuangan dan informasi lainnya. Kompleksitas cacing ini membuat sulit untuk berhenti. Cacing ini adalah Virus Conficker. Tujuan pembuatan Conficker adalah untuk membingungkan pakar keamanan dengan mengacaukan pengaturan konfigurasi.

14. CIH atau .Win9x.CIH - 1998
Virus komputer CIH atau .Win9x.CIH, juga dikenal sebagai virus Chernobyl, pertama kali terdeteksi di Taiwan pada Juni 1998. CIH disebut-sebut sebagai salah satu virus komputer paling berbahaya yang pernah dibuat. Virus komputer ini mampu mengutak-atik BIOS komputer agar tidak bisa boot. Masukkan dalam kategori virus berbahaya karena virus komputer sulit dideteksi. CIH akan menginfeksi setiap aplikasi yang ada di komputer. Kerugian yang dilaporkan yang timbul dari virus ini mencapai lebih dari US $ 100 juta.

15. Stuxtnet - 2010
Virus komputer Stuxnet adalah salah satu virus komputer paling berbahaya yang menjadi awal perang cyber di internet. Virus jenis malware ini muncul pada pertengahan 2010. Kontrol Pengawasan Sistem Serangan dan Akuisisi Data (SCADA). Stuxnet telah merusak mesin di fasilitas pengayaan uranium Iran Natanz. Badan Energi Atom Internasional menyatakan bahwa Stuxnet menyebabkan kerusakan besar pada mesin cuci uranium raksasa Iran.

Stuxnet ditemukan pada tahun 2010, dan diyakini telah menginfeksi komputer Iran pada tahun 2009. Stuxnet sering disebut sebagai senjata cyber super pertama. Tidak hanya berdampak besar pada fasilitas Iran, virus ini juga menyebar dan menyebabkan kekacauan di jaringan internet di seluruh dunia yang pada akhirnya menyebabkan kekacauan yang lebih besar. Symantec sebagai perusahaan antivirus terkenal menyebutkan bahwa virus komputer Stuxnet 50 kali lebih besar daripada virus komputer biasa dan mereka belum berhasil menemukan sumber virus.

16. Duqu - 2011
Duqu diduga memiliki koneksi dengan virus komputer Stuxnet. Nama Duqu diberikan oleh peneliti Boldizsar Hungaria Bencsath dari Laboratorium Kriptografi dan Keamanan Sistem (CrySyS Lab) di Universitas Teknologi dan Ekonomi Budapest, Hongaria. Peneliti menganalisis malware ini dan menulis laporan 60 halaman dengan menamakannya sebagai virus Duqu. Virus komputer ini dapat mengubah nama file data di komputer dengan awalan "~ DQ". Malware ini ditemukan pada awal September 2011.

17. Flame aka Flamer aka sKyWIper – 2012
Flame atau Flamer dianggap virus paling canggih yang ditemukan pada tahun 2012, hampir sama berbahayanya dengan virus komputer Stuxnet. Virus komputer nyala digunakan sebagai senjata cyber untuk menyerang beberapa entitas di suatu negara. Awalnya ditemukan sebagai senjata yang menyerang komputer milik pejabat Iran tetapi malah menyebar ke luar negeri. Setelah ditemukan menginfeksi sejumlah sistem komputer di negara-negara Timur Tengah seperti Palestina, Israel, Lebanon, dan Suriah. Nyala api besar dan dapat masuk ke dalam sistem sampai menyebar ke banyak bagian kecil.

Jika Anda memiliki virus komputer ini, maka komputer secara otomatis mengunduh file 6 MB yang berisi sekitar setengah lusin modul kompresi lain yang ada di dalamnya. Virus ini sangat besar dan dapat masuk ke dalam sistem sampai menyebar ke banyak bagian kecil.

Pertama-tama, komputer secara otomatis mengunduh file 6 megabyte yang berisi sekitar setengah lusin modul kompresi lain di dalamnya. Virus dapat berhenti beroperasi setelah terdeteksi oleh pengguna atau operator publik, ini dilakukan "virus" karena operator memiliki kemampuan untuk mengirim modul atau aplikasi yang dapat membunuh virus.

18. Blaster, aka Lovsan, aka MSBlast – 2003
Pembuat virus komputer blaster, alias Lovsan, alias MSBlast tampaknya menaruh dendam pribadi pada Bill Gates. Alasannya, virus komputer Blaster telah menginfeksi ratusan ribu komputer melalui 'lubang kerentanan' (vulnerability hole) pada Windows 2000 dan Windows XP. Virus ini membuka jendela dialog yang memberi tahu pengguna bahwa sistem akan mati dan kemudian komputer akan mati atau restart.

Dalam virus Blaster ditemukan dua pesan dalam kode yang berbunyi: "Saya hanya ingin mengatakan CINTA ANDA SAN!" Dan "gerbang billy mengapa Anda membuat ini mungkin? Berhenti menghasilkan uang dan perbaiki perangkat lunak Anda !!" Terjemahan: "Saya hanya ingin mengatakan mencintaimu SAN" dan "gerbang billy mengapa Anda membuat semua ini mungkin? Berhenti menghasilkan uang dan perbaiki perangkat lunak Anda !! "

19. Bagle - April, 2004
Jenis virus komputer worm ini termasuk kelas pertama dari virus yang menyebar sendiri sebagai lampiran email dan menyerang semua versi Microsoft Windows. Ini awalnya memicu penyedia layanan email yang dinilai sebagai "alat penyebaran". Virus jenis cacing ini dirancang untuk membuka backdoor di mana pengguna jarak jauh dapat mengendalikan komputer yang terinfeksi.

Hebatnya, penulis kode virus juga menulis sebuah puisi kecil ke dalam kode-nya. Pada masa itu, hal seperti ini sangat jarang. Bagle muncul dengan subjek email adalah "Hai" dan pesan "Test =)" diikuti oleh string karakter acak dengan "Test, yes." Pada akhirnya. Nama lampiran adalah string huruf acak dengan ekstensi file exe dan ikon yang sering terlihat seperti kalkulator Windows.

20. Sasser - 2004
Virus komputer Sasser diciptakan oleh Sven Jaschan yang saat itu masih seorang mahasiswa Jerman berusia 17 tahun. Sasser menyerang Windows 2000 dan Windows XP dengan mengeksploitasi lubang kerentanan sistem Windows. Sasser menyebabkan kerusakan miliaran dolar pada tahun 2004. Virus komputer ini menyebabkan banyak komputer berjalan lambat dan crash, yang kemudian menyebabkan beberapa kerusakan yang cukup berat. Virus cacing ini memiliki beberapa varian seperti Sasser.E, varian pertama untuk menyerang Mydoom dan Beagle, seperti Netsky.

21. Fizzer (2003)
Pada tahun 2003, cacing menyebar luas dalam e-mail, tetapi fizzer adalah cacing yang benar-benar baru. Fizzer dibuat untuk tujuan pencurian uang. "Satu hal yang membuat Fizzer terkenal adalah bahwa virus ini adalah contoh pertama dari cacing yang diciptakan untuk keuntungan finansial," kata Roel Schouwenberg, peneliti senior di perusahaan anti-virus Kaspersky. Sejauh Microsoft menawarkan hadiah $ 250.000 untuk pemberi informasi yang membuat Fizzer.

22. Zeus (2007)
Perangkat malware yang menargetkan informasi pribadi sangat banyak tersebar di dunia maya. Zeus sendiri telah diperdagangkan oleh penjahat cyber saat ini, dan dijual di jaringan bisnis kejahatan cyber. Virus ini mampu mencuri kata sandi dan file Anda.

Itu dari beberapa virus internet paling terkenal, tersebar luas, berbahaya dan tidak nyaman di kalangan pengguna dunia maya. Tapi itu tidak berarti masa depan tidak akan ada lagi "bahasa kode" yang bisa merepotkan pengguna komputer. Suatu saat dapat dipastikan, masih akan ada banyak kode yang dibuat oleh para programmer pintar ini. Bahkan sekarang bahaya virus komputer telah merambah ke dunia gadget, baik itu OS Android atau Apple. Jadi bersiaplah dengan kerusakan file, program atau aplikasi dan juga merusak sistem operasi jauh lebih parah terhadap komputer Anda.

Cara Mengatasi Virus

Sebelum virus komputer menginfeksi yang lebih parah, Anda harus tahu cara mencegah komputer agar tidak terkena virus dan karakteristik browser mendapat virus. Selain itu Anda dapat menggunakan anti-virus dan menginstal ulang sistem operasi pada PC atau laptop Anda. Semoga virus komputer jahat yang kami sebutkan di atas tidak menginfeksi perangkat Anda sendiri.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar