--> Skip to main content

15 Perbedaan Windows Dan Linux Secara Lengkap

Sistem operasi merupakan bagian penting dari komputer. Tanpa sistem operasi, komputer tidak akan dapat digunakan oleh pengguna dengan benar dan semestinya sebagaimana mestinya. Sistem operasi menjadi jembatan antara pengguna dengan perangkat komputer, sehingga pengguna dapat melakukan pekerjaan dengan aplikasi tertentu yang dapat berjalan di sistem operasi.

Ada dua jenis sistem operasi yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai pengguna komputer. Kedua sistem operasi adalah Windows dan Linux. Meskipun Linux memiliki berbagai jenis varian, tetapi dari segi kernel yang digunakan tetap sama. Sementara itu, Windows juga memiliki berbagai jenis Windows dari Windows NT hingga Windows 10 terbaru.
15 Perbedaan Windows Dan Linux Secara Lengkap

Mengetahui perbedaan antara kedua sistem operasi ini akan membantu ketika memutuskan sistem operasi mana yang akan digunakan di antara dua sistem operasi. Misalnya, jika Anda bermain lebih alias bermain game di komputer atau laptop, maka mungkin Windows akan lebih cocok untuk Anda gunakan daripada Linux. Sementara itu, jika Anda ingin menjadikan komputer atau laptop Anda sebagai komputer server maka bisa jadi Linux lebih tepat untuk Anda gunakan.

Jadi, apa perbedaan Linux dengan Windows untuk mengetahui? Berikut beberapa perbedaan Linux dengan Windows yang telah diringkas dari berbagai sumber.

1. Perbedaan dalam hal harga

Windows adalah salah satu sistem operasi paling populer. Di Indonesia sistem operasi bajakan Windows sangat banyak tersebar di berbagai tempat selain karena ketersediaan akses windows di internet, serta banyak orang yang melakukan cracking pada sistem aktivasi Windows. Fenomena ini menunjukkan bahwa Windows sebenarnya bukan sistem operasi gratis alias berbayar. Sementara itu, Linux adalah sistem operasi open source gratis. Sejak awal menggunakan Linux, Anda tidak perlu membayar apa pun.

2. Perbedaan penampilan

Dari segi tampilan atau antarmuka untuk pengguna, Windows relatif lebih baik bila dibandingkan dengan Linux. Sejak Windows 98, Windwos relatif mampu menyajikan antarmuka yang ramah pengguna dengan pengguna dan merusak mata kita. Sementara itu, sistem operasi Linux relatif lebih tertinggal daripada Windows dalam hal penampilan, meskipun sekarang keduanya telah bersaing cara menghadirkan pandangan yang nyaman kepada penggunanya.

3. Perbedaan dalam hal keamanan

Karena popularitasnya serta mekanisme menjalankan aplikasi yang dimiliki oleh Windows, ada banyak virus yang dikembangkan untuk sistem operasi Windows. Sementara Linux lebih 'aman' karena tidak banyak virus yang dikembangkan, dan juga model aplikasi yang berjalan di Linux berbeda jika dibandingkan dengan Windows.

4. Perbedaan dari segi ketersediaan perangkat lunak yang bisa dipakai

Di Windows, ada banyak aplikasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan, baik aplikasi kantor, aplikasi multimedia, atau aplikasi game. Banyaknya aplikasi tersebut karena tentu banyak pengembang yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi di sistem operasi Windows yang notabene lebih banyak pengguna bila dibandingkan dengan Linux (pada umumnya). Permainan yang membutuhkan grafis tinggi dan sejenisnya, tersedia berlimpah di Windows, sementara di Linux sangat jarang. Namun, karena sifatnya yang terbuka dan bebas, bukan tidak mungkin bahwa di masa depan ada banyak game yang dibuat dan dijalankan di sistem Linux dan dapat bersaing dengan game di Windows.

5. Perbedaan dari segi penggunaan sistem operasi

Sistem operasi Windows lebih banyak digunakan pada komputer yang digunakan untuk pekerjaan kantor. Mengetik, membuat presentasi, dan sejenisnya. Siswa atau siswa juga mungkin perlu dan lebih sering menggunakan sistem operasi ini untuk penggunaan sehari-hari. Aplikasi multimedia juga menyebabkan banyak desainer grafis menggunakan Windows lebih banyak. Sementara itu, karena sifat keamanannya, Linux cenderung digunakan lebih sebagai sistem operasi yang digunakan dalam domain yang membutuhkan keamanan tinggi, seperti komputer server, administrasi LAN kantor, layanan proxy web, layanan SSH, dan sebagainya.

6. Perbedaan dari segi pengembangan kode

Windows adalah salah satu sistem operasi yang merupakan sistem operasi tertutup. Itu artinya pengembangan sistem operasi ini hanya dapat dilakukan oleh para pekerja atau pabrik Windows itu sendiri adalah Microsoft. Sedangkan sistem operasi Linux adalah sistem operasi open-source alias open source. Itu berarti setiap orang dapat mengembangkan sistem operasi ini. Siapa pun dapat mengunduh kode sumber yang dimiliki oleh program ini dan kemudian mengembangkannya sesuai dengan keinginannya. Tentu saja bekerja dengan banyak orang untuk mengembangkan sistem operasi lebih mudah dilakukan bila dibandingkan sendirian. Sistem operasi dikembangkan oleh banyak orang yang kemudian disebut distro Linux.

7. Perbedaan dari segi dukungan piranti keras

Sistem operasi dapat berjalan optimal jika ada driver yang sesuai dengan perangkat keras yang terpasang di komputer. Di sistem operasi Linux, driver yang tersedia untuk berbagai perangkat keras relatif sedikit dan dapat sulit ditemukan, meskipun perangkat keras masih dapat digunakan karena driver lain yang mungkin masih dapat mengaktifkan perangkat keras pada hal-hal tertentu. Sementara di Windows, driver cenderung tersedia meski terus diperbarui oleh pabrikan hardware itu sendiri. Jadi kinerja driver pada sistem operasi Windows dapat lebih unggul jika dibandingkan dengan Linux, khususnya pada perangkat keras yang tidak tersedia untuk driver baru untuk Linux.

8. Perbedaan dari segi Hak Atas Kekayaan Intelektual

Linux dan program aplikasinya adalah perangkat lunak yang memiliki lisensi gratis dan dirilis bagi siapa saja untuk menggunakan perangkat. Sementara Windows dan aplikasinya kebanyakan berisi lisensi kepemilikan yang mempopulerkan pembayaran tertentu agar dapat menggunakan aplikasi dengan lancar.

9.  Perbedaan dari segi partisi sistem

Linux menggunakan beberapa jenis partisi, termasuk ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs, FAT32, NTFS, dan seterusnya. Sedangkan Windows umumnya mendukung format partisi NTFS, exFAT, FAT32, FAT dan lain sebagainya. Dengan kata lain, sistem operasi Windows mungkin tidak dapat membaca file sistem dari Linux, sementara di Linux masih dimungkinkan untuk membaca partisi yang dibuat dan digunakan untuk Windows.

Perbedaan lain selain perbedaan di atas adalah sebagai berikut :

  1. Linux dapat didistribusikan dari banyak pihak, sementara Windows secara resmi ada berada di bawah bendera Microsoft.
  2. Linux lebih hemat resources bila dibandingkan dengan Windows
  3. Linux memiliki berbagai varian distro yang berasal dari banyak pihak, sementar Windows sekalipun punya banyak versi hanya dibuat oleh Microsoft
  4. Untuk penggunaan kantoran Windows lebih mendukung, sementara untuk penggunaan komputerisasi networking seperti server Linux lebih mendukung
  5. Linux lebih kebal terhadap spyware bila dibandingkan dengan Windows

Itulah beberapa perbedaan antara Linux dengan Windows yang dapat diketahui. Semoga dengan mengetahui perbedaan di atas dapat membantu untuk menentukan apa yang akan diinstall pada komputer atau laptop Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar