--> Skip to main content

14 Cara Mempercepat Booting Startup Komputer Window Super Cepat

Pernahkah Anda kesal dengan komputer lama Anda ketika akan memulai? Startup adalah proses yang harus dilalui oleh komputer, mulai dari pertama kali tombol power ditekan, kemudian proses boot hingga akhirnya muncul ke tampilan sistem operasi komputer. Kadang-kadang, proses startup akan sangat panjang, mengganggu, terutama ketika kita membutuhkan komputer dalam waktu cepat. Waktu mulai rata-rata dapat berkisar dari 1 hingga 5 menit untuk normal, tetapi terkadang ada komputer yang membutuhkan lebih dari 5 menit untuk memulai.

Apa yang menyebabkan startup menjadi lambat?

Pada dasarnya, hal paling umum yang menyebabkan komputer lambat untuk startup adalah karena banyaknya program yang harus dijalankan saat startup. Selain ini, ada beberapa hal lain yang menyebabkan komputer menjadi lambat dalam melakukan startup, seperti
14 Cara Mempercepat Booting Startup Komputer Window Super Cepat


  1. Virus yang membuat kinerja komputer melambat ()
  2. Gangguan pada komponen internal komputer, seperti fan, processor, harddisk (Penyebab kerusakan harddisk), dan juga ram komputer (baca : Ciri-ciri ram rusak )
  3. Sistem operasi yang mengalami error dan juga corrupt
  4. Adanya files atau system dan juga software yang terlalu berat, sehingga membutuhkan waktu lama untuk di jalankan
  5. Penggunaan aplikasi – aplikasi yang tidak penting yang tidak sengaja masuk ke dalam folder startup, seperti PC Suite, winamp, aplikasi tambahan, dan semacamnya.
Bagaimana mempercepat startup komputer?

Nah, untuk mengatasi masalah komputer yang lambat saat startup, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat startup. Apa pun? Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat startup komputer Anda:

1. Hapus program dan juga file yang tidak penting di startup Anda
Cara paling efektif pertama untuk mempercepat startup komputer Anda adalah menghapus dan mematikan program yang dijalankan saat startup. Ini akan menghemat kapasitas memori yang akan digunakan, sehingga akan membantu mempercepat startup di komputer Anda.

Di windows, Anda dapat mematikan fitur startup yang ada di windows Anda dengan cara
  • Masuk ke menu RUN, bisa dengan menggunakan tombol windows + R, atau klik start, lalu search, tulis Run, lalu enter
  • Setelah menu RUN muncul, ketik msconfig pada menu RUN, kemudian tekan enter.
  • Setelah itu anda kemudian akan dihadapkan pada window msconfig. Pilih tab startup.
  • Pada tab startup ada banyak pilihan software dan juga program yang akan berjalan pada saat windows melakukan startup.
  • Hilangkan tanda centang pada aplikasi dan juga software yang tidak penting, seperti winamp, dropbox, dan program – program lainnya yang mencurigakan
  • Setelah itu, restar komputer anda, dan rasakan perbedaannya.
2. Tingkatkan kapasitas RAM Anda

Efek ram pada kinerja komputer sangat besar, Cara paling praktis yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan kapasitas RAM komputer Anda. Jika komputer Anda memiliki RAM dengan kapasitas hanya 1 GB, maka wajib untuk melakukan upgrade, untuk kelancaran startup komputer Anda. Tetapi jika Anda memiliki komputer dengan kapasitas lebih dari 2 GB RAM, dan masih lambat untuk startup, berarti bahwa komponen perangkat keras di komputer Anda mengalami masalah, dan harus diperiksa. (Baca juga: Kapasitas ram terbesar saat ini)

3. Gunakan harddisk jenis SSD

SSD atau solid state drive adalah teknologi baru yang merupakan pengembangan dari harddisk umum pada umumnya. Solid state drive menggunakan chip untuk memaksimalkan fitur penyimpanan data komputer Anda. Salah satu keuntungan menggunakan SSD adalah untuk mempercepat proses boot dan juga memulai, karena SSD memiliki kecepatan membaca yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan hard drive biasa pada umumnya.

Ini akan membantu mempercepat startup di komputer Anda menjadi lebih cepat, antara 1 hingga 3 menit saja. Namun, SSD memiliki harga yang cukup mahal, jadi mungkin Anda hanya bisa membuat pilihan alternatif saja.

4. Menonaktifkan fitur search index

Indeks pencarian adalah fitur yang dimiliki oleh kompter, terutama dengan sistem operasi windows yang ditujukkan untuk memudahkan usernya dalam mencari file dan folder yang ada pada hard drive. Fitur indeks pencarian juga berkontribusi untuk memperlambat startup komputer. Oleh karena itu, menonaktifkan fitur indeks pencarian adalah salah satu opsi yang dapat Anda gunakan untuk membantu mempercepat startup. Berikut ini beberapa langkah untuk menonaktifkan fitur indeks pencarian di windows Anda

  • Buka windows explorer
  • Pada bagian my computer, klik kanan, lalu pilih manage
  • Pilih services and application dan pilih sevices
  • Pilih option Windows Search, klik dua kali untuk memunculkan jendela baru
  • Pilih tab general, lalu pada bagian startup type pilih disabled
  • OK
5. Menonaktifkan Aero Theme pada Windows Theme

Di windows 7, salah satu kelebihan yang disediakan oleh sistem operasi ini adalah tema aero, yang membuat setiap jendela tema memiliki animasi tersendiri ketika terbuak. Meski menarik, tapi ini tentu saja bisa memakan RAM, sehingga bisa menyebabkan proses startup menjadi lambat. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk menonaktifkan fitur ini di windows Anda. Berikut langkahnya:
  • Masuk ke desktop, lalu klik kanan pada desktop
  • Pilih personalization
  • Pada bagian bawah, klik Color
  • Pada jendela color, hilangkan tanda centang pada bagian enable window transparency.
6. Menyesuaikan performa komputer dengan spesifikasi hardware

Terkadang kita sering mnyetel kinerja komputer kita tidak sesuai dengan kondisi perangkat keras yang ditanam di komputer. Oleh karena itu, salah satu cara yang tepat untuk mempercepat startup komputer kami adalah menyesuaikan kinerja sesuai dengan spesifikasi perangkat keras. Caranya sangat mudah, windows pada dasarnya mengatur semua kinerja sesuai dengan kemampuan hardware komputer kita. Anda hanya perlu memastikan semua kinerja dan sistem berada pada tingkat rekomendasi.

7. Matikan suara saat startup

Rupanya, penggunaan suara saat startup, sedikit banyak juga dapat mempengaruhi startup komputer yang cepat atau lambat. Jadi, untuk mempercepat startup di komputer Anda, Anda mungkin mencoba menonaktifkan fitur suara saat startup. Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan fitur suara saat startup:
  • Klik start, lalu pilih control panel
  • Pada bagian control panel, pilih bagian sounds
  • Setelah muncul windows Sounds, pilih tab bagian sound
  • Setelah itu pada bagian bawah, hilangkan centeng pada option enable system startup sound
  • Setelah itu klik OK
8. Menonaktifkan User Account Control

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk membantu mempercepat startup komputer anda adalah dengan cara mematikan atau menonaktifkan fitur user account control pada windows anda. Untuk melakukan proses ini, terlebih dahulu anda harus login sebagai administrator dan melakukan set permissions pada mode off.

Berikut ini adalah langkah – langkah menonaktifkan user account control :

  • Klik start
  • Lakukan search User account Control, lalu klik enter
  • Akan muncul jendela User account control
  • Pada jendela tesebut, pilihlah User Account Control Settings
  • Setelah muncul jendela User Account control Setting, anda akan mendapati sebuah slider pada bagian kiri. Turunkan slider hingga posisi paling bawah, yaitu Never Notify
  • Klik OK
Ini akan mematikan fitur user account control pada komputer anda, namun demikian, hal ini akan meningkatkan resiko berjalannya program – program yang tidak diinginkan tanpa sepengetahuan anda, jadi cukup berisiko apabila anda tidak teliti.

9. Defragmentasi harddisk

Mendefragmentasi hard drive adalah cara lain yang dapat membantu mempercepat startup di komputer Anda. cara menggunakannya cukup mudah. Anda bisa belajar tentang defragmentasi hard disk di artikel tentang defragmenter.

Fungsi dari Defragmenter ini adalah mengurutkan file system dan juga folder yang ada di harddisk, sehingga file menjadi lebih rapi, yang membuat hard disk dapat membaca lebih cepat dan juga lebih baik.

Jika hard drive dapat melakukan proses membaca lebih cepat, maka tentu saja ini akan menyebabkan proses startup komputer menjadi lebih cepat dan juga tidak lambat. Selain itu, ini juga akan meningkatkan efisiensi saat Anda mencari drive di komputer Anda.

10. Mengurangi fitur – fitur yang ada pada sistem operasi

Sistem operasi seperti windows, memiliki banyak fitur tambahan yang menarik dan berguna. Namun sayangnya, fitur-fitur ini terkadang malah menyebabkan komputer menjadi lambat dalam startup. Oleh karena itu, Anda dapat mematikan fitur-fitur tersebut. Seperti contoh di atas, Anda telah mematikan fitur tema aero. Ada banyak fitur pada windows yang dapat Anda nonaktifkan untuk mempercepat startup komputer Anda.

11. Melakukan cleaning pada laptop dan juga komputer anda

Faktor lain yang dapat menyebabkan komputer Anda menjadi lambat dalam melakukan startp adalah komputer yang menjadi kotor, menghasilkan banyak perangkat keras yang tidak berfungsi maksimal. Untuk mempercepat, Anda dapat membersihkan komputer Anda dan juga laptop Anda untuk kinerja dan juga startup yang lebih optimal, secara teratur.

12. Gunakan hanya 1 antivirus

Menjalankan antivirus di komputer Anda dapat mempengaruhi kinerja ram, karena biasanya ketika komputer dinyalakan biasanya antivirus juga akan ikut berjalan yang dapat menyebabkan kinerja komputer pada saat buka sangat lama. Satu-satunya cara adalah memilih 1 antivirus saja, dan menonaktifkan antivirus ketika akan mengaktifkan windows / startup.

13. Periksa Kapasitas Hard Disk

Periksa kapasitas hard disk Anda, jika sudah penuh Anda harus menambahkannya karena bisa juga menjadi penyebab komputer sering macet hingga kesulitan di startup. Hard drive penuh juga melambat dalam pengindeksan serta kinerja laptop.

Itu adalah beberapa cara untuk mempercepat startup di komputer Anda, tetapi 2 yang paling favorit adalah menambahkan ram, dan menggunakan SSD atau menggunakan komputer terkuat di dunia, itu sangat kuat. Semoga bermanfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar