--> Skip to main content

121 Macam Macam Contoh DBMS Relasional – Software Database Lengkap

DBMS atau Database Management System adalah sistem yang memungkinkan database yang berisi dari puluhan hingga ribuan data diimplementasikan ke dalam sistem yang terintegrasi, sehingga pada akhirnya sistem dapat digunakan oleh pengguna dengan mudah dan juga berguna. Ketika berbicara tentang DBMS, dapat dipastikan bahwa programmer harus memahami dari implementasi database ini, karena tanpa memahami implementasi dari database, suatu sistem tidak dapat berjalan dengan baik, bahkan kacau dan tidak berguna.

Sejarah singkat DBMS atau Database Management System

Untuk memahami lebih lanjut tentang DBMS, ada baiknya kita memahami sejarah singkat DBS terlebih dahulu. Awalnya, DBMS dikembangkan oleh seorang pria bernama Charles Bachman pada 1960-an. Pada saat itu, terceturslah sebuah nama, IDS atau yang merupakan singkatan dari penyimpanan data terintegrasi. IDS ini adalah cikal bakal lahirnya DBMS, yang mengimplementasikan database ke dalam sistem. Pada akhir 1960, IBm kemudian mulai mengembangkan IDS yang dibuat oleh Bachman yang dikenal sebagai Sistem Manajemen Informasi atau IMS. Degnan keberadaan sistem ini, kemudian bersama-sama dengan perusahaan Penerbanagan Amerika, IBM menetapkan dan juga mengembangkan SABE, yang digunakan untuk membantu mengakses data yang sama pada setiap komputer yang terhubung ke jaringan.
121 Macam Macam Contoh DBMS Relasional – Software Database Lengkap

10 tahun kemudian setelah ditemukan, tepatnya tahun 1970, Edgar Codd mengusulkan suatu sistem yang disebut model data relasional, yang kemudian pada tahun 1980-an, model data relasional ini menjadi dasar pembentukan DBMS secara luas. Di tahun ini juga, bahasa SQL atau bahasa query standar dipatenkan dan distandarisasi sebagai bahasa pemrograman pada model RDBMS atau Sistem Manajemen Database Relasional. Saat ini, DBMS telah banyak digunakan oleh banyak pihak, dan mulai muncul standarisasi dan sertifikasi yang dikeluarkan untuk sistem ini.

Pada akhir 1980-an, pengembangan DBMS mulai mencapai titik pengembangan yang paling terang dan tertinggi. Banyak vendor mulai membuat dan mengembangkan sistem ini, dan banyak penelitian kemudian mengembangkan sistem permintaan terbaik untuk menerapkan DBMS. Hingga saat ini, penggunaan DBMS sudah mulai banyak dan juga biasa digunakan di web browser, yang ketika terkoneksi ke jaringan internet melalui Internet Protocol akan mudah diakses oleh semua orang, tanpa kecuali.

Sekarang ada banyak vendor DBMS yang dikenal dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan juga pengguna untuk mengimplementasikan database ke dalam sistem yang mereka buat. Setidaknya ada 3 perusahaan terdepan yang saat ini mendominasi pasar DBMS, yaitu Oracle, MySQL, dan juga Microsoft SQL Server. Berikut adalah beberapa penjelasan singkat ketika vendor DBMS:

1. Oracle
Oracle adalah salah satu contoh DBMS yang sangat rumit, tetapi memiliki banyak kelebihan. Database Oracle sendiri pertama kali didirikan pada era 1977, di mana waktu mulai banyak vendor yang mencoba mengembangkan DBMS untuk tujuan apa pun. Oracle sekarang memiliki banyak generasi, versi terakhir dan terakhir dari Oracle Database ada pada versi 11. Oracle sendiri adalah salah satu contoh dari database paling kompleks dengan fitur yang paling komprehensif dibandingkan dengan kedua pesaing, yaiu Microsoft SQL dan MySQL juga. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Oracle Database:


  • Memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan manajemen sistem database
  • Jumlah data dan juga angka yang dihandle sangat besar
  • Dapat mengolah data dengan cepat dan akurat
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan cluster server
  • Dapat melakukan management User
  • Multi-Platform
  • Pemrosesan data yang cepat
  • Memiliki kemampuan flashback

Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh Oracle Database, itu membuat Oracle Database salah satu vendor database terbaik, dan memiliki fungsi paling komprehensif di banyak perangkat lunak DBMS lainnya di pasar. Ini sebenarnya wajar, mengingat harga jual yang ditawarkan oleh perangkat lunak ini termasuk mahal dan juga tinggi untuk ukuran DBMS. Ini karena dukungan teknis yang dimiliki, serta fitur-fitur yang dimiliki sangat bagus dan juga bagus.

Namun, dengan spesifikasi dan juga fitur-fitur yang tinggi, ini juga mempengaruhi spesifikasi perangkat keras yang diperlukan. Oracle Database membutuhkan spesifikasi perangkat keras dan fungsionalitas CPU yang tinggi agar berfungsi dengan benar dan berfungsi penuh jika tidak dapat menyebabkan komputer macet atau aplikasi menjadi lambat.

Oleh karena itu, Oracle Database bukan jenis DBMS yang cocok untuk Anda yang merupakan pengusaha kelas menengah ke bawah, atau agensi kecil, karena biaya operasional Database ini dianggap berlebihan untuk usaha kecil dan menengah. Database Oracle jauh lebih pas dan juga cocok bila diterapkan pada instansi, organisasi atau perusahaan dengan skala besar, multicorporate dan juga memiliki server dan database yang sangat besar dan besar.

2. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server adalah salah satu perangkat lunak DBMS yang dirilis oleh Microsoft, salah satu raksasa teknologi perangkat lunak dunia. Saat ini, penggunaan Microsoft SQL Server telah berkembang ke generasi ke-7 dan memiliki kemampuan untuk beroperasi pada 32 atau 64 bit. Microsoft SQL Server menawarkan kemudhan dalam membangun sistem berbasis basis data, sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam membuat sistem. Jika dibandingkan dengan ORACLE, Microsoft SQL Server tidak terlalu rumit dan juga mudah digunakan. Selain itu, harga pembelian perangkat lunak ini tidak semahal Oracle, serta spesifikasi perangkat keras yang diperlukan.

Beberapa kelebihan dari Microsoft SQL Server :


  • Bekerja dengan sangat baik pada sistem operasi Windows
  • Mendukung banyak software database
  • Dapat membuat clustering data
  • Pengendalian dari sebuah database yang terpusat
  • Mudah untuk digunakan oleh client dan juga user
  • Memiliki fitur recovery dan juga restore data
  • Management password yang baik dan aman
  • Bisa digunakan di berbagai kalangan
  • Dapat melakukan backup data

Dengan fitur seperti itu, Microsoft SQL Server mampu menawarkan fitur yang hampir mirip dengan Oracle, meskipun tidak selengkap dan sebesar Oracle, tetapi dengan harga yang lebih rendah. Beberapa fitur seperti pemulihan, keamanan, dan manajemen basis data juga ada dalam Microsoft SQL Server.

Namun, sangat disayangkan karena Microsoft SQL Server hanya identik dengan sistem operasi windows saja, sehingga tidak dapat diterapkan untuk multi platform alias sistem operasi lain.

3. MySQL

MySQL adalah salah satu vendor DBMS yang saat ini banyak digunakan oleh banyak pengguna dan juga programmer. Salah satu hal yang membuat MySQL banyak digunakan adalah karena status opensource-nya, alias gratis. Karena ini gratis, begitu banyak sekolah atau universitas yang mengajarkan aplikasi berbasis MySQL kepada siswa mereka. MySQL sendiri pada dasarnya memiliki konsep yang sama dengan sebagian besar DBMS lainnya, namun, hanya mampu mengimplementasikan database dalam jumlah kecil, jauh berbeda dari Oracle.

Sejarah singkat MySQL

MySQL sendiri pertama kali dibuat dan juga dikembangkan pada tahun 1979, oleh seorang programmer bernama Michael Widenius yang berasal dari Swedia. Awalnya, MySQL dibuat dengan nama UNIREG, yang merupakan sistem pemrosesan basis data sederhana. Dari pembuatan dan pengembangan, pada akhir tahun 1995, MySQL dibentuk dan diluncurkan secara komersial. Pada saat peluncuran, MySQL dijual secara gratis alias Open Source, tetapi bagi Anda yang ingin memiliki MySQL dengan kemampuan lebih, dapat membeli versi Enterprise MySQL.

Penggunaan MySQL sendiri lebih mengarah pada penggunaan umum suatu sistem, yang hanya membutuhkan sejumlah kecil data. Banyak digunakan untuk membuat sistem dengan antarmuka HTML yang terhubung ke jaringan lokal atau LAN, sehingga dapat diakses oleh pengguna yang terhubung dalam jaringan. Biasa digunakan untuk absensi, dan berbagai keperluan, terutama di instansi atau kantor dengan kapasitas kecil hingga menengah.

4. IBM DB2
DB2 adalah sistem manajemen basis data yang menyediakan platform perangkat lunak database yang fleksibel dan biaya-efektif untuk mengembangkan aplikasi bisnis. DB2 Universal Database (UDB) Enterprise Server Edition (ESE) adalah salah satu RDBMS terbaik. IBM DB2 sangat cocok untuk aplikasi dengan beban kerja tinggi dan dioptimalkan untuk menghasilkan kinerja industri yang dapat menurunkan biaya. DB2 digunakan oleh banyak perusahaan asuransi besar.

5. SAP Sybase ASE
SAP Adaptive Server Enterprise (ASE), sebelumnya dikenal sebagai Sybase, adalah DBMS kinerja tinggi, berfokus pada pengurangan biaya dan risiko operasional. Sybase pernah menjadi salah satu DBMS terbesar di bawah Oracle dan DB2. Namun Sybase kehilangan prestise dan akhirnya dijual ke SAP dengan harga murah. Database Sybase banyak digunakan dalam industri perbankan, seperti Wells Fargo Bank. Saat ini SAP Adaptive Server Enterprise (SAP Sybase ASE) dipasarkan sebagai sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi transaksional berkinerja tinggi yang melibatkan volume besar data - dan ribuan pengguna bersamaan. Singkatnya, SAP / Sybase database masih merupakan pemain penting.

6. Teradata
DBMS Teradata, memiliki tagline yang sangat menarik "Ketika dunia semakin kecil, data semakin besar," adalah untuk sistem basis data besar "Database Sangat Besar (VLDB)". Saat ini konsep VLDB telah bergeser ke data Big Data Data yang terfokus untuk pengambilan keputusan bisnis. Banyak data skala pergudangan dan intelijen bisnis dari sistem besar yang didukung oleh Teradata. Database Teradata sering digunakan oleh perusahaan ritel besar dan perusahaan telekomunikasi. Teradata menawarkan beberapa fitur unik: pengoptimal cerdas untuk memproses permintaan dan memfilter data untuk efisiensi dalam menanggapi kueri apa pun, menerapkan kekuatan kueri ke data dinamis tanpa menambahkan kolom ke tabel Anda untuk menerima data baru.

7. ADABAS
Software AG dibuat oleh perusahaan Adabas. Adabas pernah menjadi basis data mainframe yang sangat kuat, sekarang berjalan di berbagai platform, dan memberikan keandalan dan kinerja yang tinggi. Perangkat lunak AG identik dengan sistem RDBMS untuk data besar dan dirancang untuk keandalan, kinerja tinggi, dan biaya lisensi rendah. Perangkat lunak DBMS ini tersedia untuk platform mainframe, Linux®, UNIX dan Windows (LUW). Adabas terintegrasi dengan ALAMI, alat Pengembangan aplikasi Perangkat Lunak AG yang dikenal karena kemudahan penggunaannya, portabilitas lintas platform dan produktivitas pengembang.

8. FileMaker
FileMaker adalah perangkat lunak basis data terlaris # 1 yang mudah digunakan untuk Windows dan Mac OS. Namun, dengan munculnya Microsoft Access, FileMake telah kehilangan daya saingnya di lingkungan Windows, yang memaksa FileMaker untuk membangun kekuatan pada platform Mac. FileMaker, Inc., sekarang menjadi anak perusahaan dari Apple, yang dapat mengamankan masa depan FileMaker yang didukung oleh kekuatan produk Apple. FileMaker Server memaksimalkan kinerja database dan meningkatkan keamanan basis data.

9. Akses Microsoft
Microsoft Access adalah database aplikasi desktop DBMS yang paling sering digunakan di Windows. Apa yang membuatnya populer sudah termasuk dalam bundel Microsoft Office suite pada kebanyakan laptop dan workstation Windows. Meskipun fungsi utamanya dianggap sebagai database desktop, AKSES menjadi database yang paling populer untuk sistem internet, banyak e-commerce dan CMS didukung oleh database Access yang berjalan di platform web server Microsoft IIS.

10. Informix
Informix adalah DBMS yang saat ini berada di bawah IBM, sebelumnya merupakan database berorientasi objek yang paling menjanjikan. Ini karena database berorientasi objek suatu hari akan menggantikan RDBMS tradisional (sistem manajemen basis data relasional), yang berarti Infomix dapat diambil alih oleh Oracle di dunia IT, tetapi itu tidak pernah terjadi. Jadi seperti durian yang remuk, Infomix diakuisisi oleh IBM. Versi terbaru dari Infomix telah dibangun dengan beberapa fitur baru, seperti kemampuan NoSQL, yang merilis cara untuk menggabungkan data terstruktur dengan cara yang cerdas, membawa NoSQL ke database SQL.


Contoh DBMS Lainnya

DBMSVendorTypePasar Utama
Access (Jet, MSDE)MicrosoftRDesktop
Adabas DSoftware AGREnterprise
Adaptive Server AnywhereSybaseRMobile/Embedded
Adaptive Server EnterpriseSybaseREnterprise
Advantage Database ServerExtended SystemsRMobile/Enterprise
DatacomComputer AssociatesREnterprise
DB2 EveryplaceIBMRMobile
FilemakerFileMaker Inc.RDesktop
IDMSComputer AssociatesREnterprise
Ingres iiComputer AssociatesREnterprise
InterbaseInprise (Borland)ROpen Source
MySQLFreewareROpen Source
NonStop SQLTandemREnterprise
Pervasive.SQL 2000 (Btrieve)Pervasive SoftwareREmbedded
Pervasive.SQL WorkgroupPervasive SoftwareREnterprise (Windows 32)
ProgressProgress SoftwareRMobile/Embedded
Quadbase SQL ServerQuadbase Systems, Inc.RelationalEnterprise
R:BaseR:Base TechnologiesRelationalEnterprise
RdbOracleREnterprise
Red BrickInformix (Red Brick)REnterprise (Data Warehousing)
SQL ServerMicrosoftREnterprise
SQLBaseCentura SoftwareRMobile/Embedded
SUPRACincomREnterprise
TeradataNCRRVLDB (Data Warehousing)
YARD-SQLYARD Software Ltd.REnterprise
TimesTenTimesTen Performance SoftwareRIn-Memory
AdabasSoftware AGXREnterprise
Model 204Computer Corporation of AmericaXRVLDB
UniDataInformix (Ardent)XREnterprise
UniVerseInformix (Ardent)XREnterprise
Cache’InterSystemsOREnterprise
CloudscapeInformixORMobile/Embedded
DB2IBMOREnterprise/VLDB
Informix Dynamic Server 2000InformixOREnterprise
Informix Extended Parallel ServerInformixORVLDB (Data Warehousing)
Oracle LiteOracleORMobile
Oracle 8IOracleOREnterprise
PointBase EmbeddedPointBaseOREmbedded
PointBase MobilePointBaseORMobile
PointBase Network ServerPointBaseOREnterprise
PostgreSQLFreewareOROpen Source
UniSQLCincomOREnterprise
Jasmine iiComputer AssociatesOOEnterprise
Object StoreExceleronOOEnterprise
Objectivity DBObjectivityOOVLDB (Scientific)
POET Object Server SuitePoet SoftwareOOEnterprise
VersantVersant CorporationOOEnterprise
Raima Database ManagerCentura SoftwareRNMobile/Embedded
VelocisCentura SoftwareRNEnterprise/Embedded
Db.linuxCentura SoftwareRNHOpen Source/Mobile/Embedded
Db.starCentura SoftwareRNHOpen Source/Mobile/Embedded
IMS DBIBMHEnterprise

Contoh Pengaplikasian DBMS
Meskipun masing-masing jenis DBMS memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda, namun, fungsi utama DBMS tetap sama, yaitu, untuk membantu menerapkan database ke dalam sistem. Berikut ini adalah salah satu contoh aplikasi dari DBMS dalam membuat sistem:

Membuat katalog perpustakaan online

Hal pertama yang harus dibuat oleh pustakawan, bersama dengan programmer adalah membuat database atau database utama dari katalog perpustakaan. Database Katalog Perusahaan dapat terdiri dari beberapa kategori, seperti:

  • Judul Buku (untuk mengkategorikan buku sesuai dengan urutan alphabetical dari judulnya)
  • Jenis Buku (untuk mengkategorikan jenis dari buku tersebut, misalnya, fiksi ilmiah, Biologi, Psikologi, Sains, Terapan, dan sebagainya)
  • Nomor Panggil (berisi nomor urut ataupun nomor katalog buku, yang dibuat sesuai dengan dasar – dasar ilmu keperpustakaan)
  • Nama Pengarang (berisi nama pengarang dari buku tersebut)
  • Penerbit (berisi nama penerbit dari buku tersebut)
  • Tahun (tahun penulisan dari buku tersebut)
Jika Anda ingin membuat database sederhana, maka Anda cukup datang ke perpustakaan, kemudian mencari buku-buku yang akan Anda temukan di perangkat lunak database, seperti Microsoft Excel. Tetapi jika Anda ingin melihat katalog buku secara online, maka Anda harus menerapkan dan menerapkan DBMS ini. Semua data dalam database kemudian akan diintegrasikan dengan perangkat lunak database, seperti MySQL ke dalam HTML, sehingga siapa saja yang ingin mengakses katalog buku dapat melakukannya hanya dengan menggunakan browser web saja. Nah, manfaat belajar ilmu komputer salah satunya adalah pengetahuan tentang DBMS, terutama jika belajar di bidang TI

Itulah beberapa contoh DBMS dan juga pengaplikasiannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan juga dapat menambah wawasan anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar