--> Skip to main content

12 Kelebihan dan Kekurangan Database Oracle Yang Perlu Diketahui

Database adalah salah satu elemen penting yang harus dipahami oleh pemrogram dan pengguna dalam membangun sistem komputer. DBMS atau Database Management System adalah perangkat lunak yang digunakan dan juga diterapkan untuk membantu melakukan manajemen database alias database dari suatu perusahaan atau instansi, dan mengimplementasikan dan mengimplementasikan database ke dalam sistem komputer. Salah satu Vendors DBMS yang sering membantu pengguna dan juga programmer dalam menerapkan Database ke dalam sistem adalah Oracle.

Sejarah singkat Oracle

Oracle adalah salah satu dari sekian banyak vendor perangkat lunak di bidang DBMS, yang saat ini berdiri selama kurang lebih 40 tahun, oracle telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar yang menyediakan layanan perangkat lunak DBMS yang banyak digunakan oleh banyak orang dan pengguna. Oracle pertama kali didirikan pada tahun 1977, yang pada tahun itu, oracle berhasil menciptakan sistem pemrosesan database yang memproses data dalam jumlah yang sangat besar, yang terdiri dari jumlah data dan juga jumlah yang sangat besar, yang pada saat itu langka dilakukan oleh banyak pengguna.
12 Kelebihan dan Kekurangan Database Oracle Yang Perlu Diketahui

Pembentukan Oracle dan juga sistem databasenya, memungkinkan pengguna atau programmer menjadi lebih mudah dalam memproses databse yang ada, meskipun memiuliki jumlah data dan juga banyak angka. Tahun-tahun berikutnya, Oracle mulai mengembangkan sistemnya, dan menjadi salah satu vendor DBMS terkemuka di dunia.

Oracle Versi 1 menggunakan bahasa Assembly, yang kemudian diganti dengan menggunakan SQL, yang kemudian menggantikan fungsi RDBMS atau sistem manajemen basis data relasional. Pada tahun 1986, Oracle mulai Go Public, dan tahun berikutnya tercatat sebagai perusahaan besar di dunia. Hingga tahun 2010, Oracle telah menelurkan versi 11g dengan rilis 2 untuk membantu meningkatkan efisiensi pelaksanaan pemrosesan database, dan juga menurunkan biaya implementasi TI di sebuah agensi.

Kelebihan Database Oracle

Tidak mengherankan, ORACLE adalah salah satu vendor terkemuka dalam aplikasi serta implementasi sistem databse. Ini karena Oracle Database memiliki banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Oracle Database:

1.Memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan manajemen sistem database

Kelebihan dari Oracle Database pertama adalah mampu melakukan sistem manajemen data dengan baik. Ini memungkinkan pengguna atau programmer yang menggunakan Oracle Database dapat melakukan manajemen database dengan baik dan juga sempurna.

2. Jumlah data dan juga angka yang dihandle sangat besar

Sesuai dengan sejarah yang telah ditanamkan oleh Oracle pada awal berdiri, sistem Oracle Database mampu menangani data dan juga angak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga penggunaan Oracle Database sangat efektif untuk diinvestasikan dalam perusahaan - skala besar. dan multicorporate. Dengan menggunakan Oracle Database, maka semua data yang dimiliki oleh perusahaan besar dapat menangani dengan mudah dan cepat.

3. Dapat memproses data dengan cepat dan akurat

Pengolahan data dapat dilakukan oleh Oracle Database adalah salah satu pengolahan data yang cepat dan juga akurat. Yang penting adalah, Anda sebagai pengguna atau programmer yang menggunakan Oracle Database mengerti cara mengoperasikannya, maka hasil pengolahan data akan muncul secara akurat tanpa kesalahan. Selain tu, berkat spesifikasi tinffi Oracle, sistem manajemen basis data ini juga dapat bekerja lebih cepat daripada sistem DBMS lainnya.

4. Memiliki kemampuan untuk melakukan cluster server

Merupakan keuntungan dari Oracle Database, yang mungkin bukan milik vendor DBMS lainnya. Database Oracle mampu mengimplementasikan manemen database yang bersumber dari beberapa server, atau dalam hal Oracle Database disebut sebagai Cluster Server Technology. Ini memungkinkan Oracle Database untuk melakukan manajemen data menggunakan lebih dari 1 server. Jika sebuah agensi memiliki 50 server, maka Oracle Database dapat memproses semua data yang dimiliki oleh 50 server yang aktif, tanpa gangguan sama sekali.

5. Dapat melakukan management User

Database Oracle juga memiliki kelebihan lain, yang mampu melakukan manajemen pengguna. Ini terkait dengan pembatasan hak istimewa yang dimiliki oleh pengguna, sehingga Anda dapat melakukannya menggunakan Oracle Database.

6. Multi-Platform

Multi platform, berarti Oracle Database dapat digunakan di berbagai platform. Tidak seperti Microsoft SQL Server yang hanya dapat digunakan pada Sistem Operasi Windows saja, maka Oracle Database dapat beroperasi pada Sistem Operasi lain, seperti Mac, dan juga Linux.

7. Pemrosesan data cepat

Keuntungan utama dari sistem basis data yang disediakan oleh Oracle Database adalah pemrosesan pemrosesan data yang cepat. Ini akan membantu meningkatkan efisiensi waktu dari suatu agensi, dan membuat biaya implementasi TI menjadi lebih kecil.

8. Memiliki kemampuan flashback

Flashback adalah kemampuan untuk melakukan pemulihan pada database yang secara tidak sengaja mengalami kesalahan, seperti mengalami kegagalan daya. Ketika Anda melakukan manajemen basis data, pekerjaan yang Anda lakukan akan disimpan secara otomatis, sehingga ketika mengalami masalah dengan komputer atau matikan, pekerjaan anad dapat dipulihkan lagi dengan menggunakan fitur flashback ini.

Kekurangan Database Oracle

Walaupun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan perangkat lunak DBMS lainnya, tetapi ternyata Oracle Database juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari Oracle Database:

9. Harga software DBMS tinggi dan mahal

Kelemahan pertama dari Oracle Database adalah masalah harga jual. Jika dibandingkan dengan perangkat lunak DBMS lainnya, Oracle Database adalah perangkat lunak DBMS dengan nilai tertinggi dan paling mahal. Ini akan menjadi berlebihan jika Anda tidak memerlukan spesifikasi perangkat lunak DBMS yang tinggi, seperti Oracle Database.

10. Spesifikasi minimum hardware yang tinggi

Karena memiliki jumlah fungsi yang sangat besar, serta kemampuan yang sangat tinggi dalam manajemen dan pemrosesan database, itu mempengaruhi spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh komputer dalam menjalankan perangkat lunak Oracle Database. Tidak semua PC kantor biasa dapat menjalankan Oracle Database dengan baik, karena membutuhkan spesifikasi PC yang cenderung tinggi.

11. Tidak cocok untuk diaplikasikan pada perusahaan atau instansi kecil

Harga mahal dan juga spesifikasi tinggi. Tentu saja ini membuat Oracle Database menjadi sangat tidak cocok untuk digunakan oleh perusahaan atau agensi kecil dan menengah. Spesifikasi dan fitur dari Oracle Database terlalu tinggi untuk diimplementasikan dalam database perusahaan atau agensi kecil atau menengah.

12. Rumit dalam menerapkannya

Database Oracle juga kurang, terutama dalam hal operasi. Untuk dapat menerapkan Oracle Database, seorang pengguna atau programmer harus benar-benar memahami cara kerja dari Oracle Database. Ini karena fitur-fiturnya yang tinggi, membuat Oracle Database juga membutuhkan operator berpengalaman dalam mengimplementasikan manajemen basis data.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Oracle Database, bersama dengan sejarah singkat dari Oracle Database. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar