--> Skip to main content

12 Kekurangan dan Kelebihan OS Android Bagi Pengguna

Android adalah salah satu sistem operasi paling populer saat ini. Hampir seluruh rentang smartphone dikembangkan dan diluncurkan menggunakan sistem operasi Android ini. Ini karena, OS android adalah salah satu sistem operasi yang memiliki banyak kelebihan. Apa keunggulan sistem operasi Android ini?

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari sistem operasi Android;

Kelebihan OS Android

1. Merupakan sistem operasi open source, sehingga mudah dikembangkan oleh developer handset

Keuntungan pertama OS Android ini adalah sistem operasi yang bersifat open source. Ini karena Android adalah salah satu sistem operasi berbasis linux, sehingga merupakan salah satu OS yang mudah dikembangkan, karena memiliki sistem open source.
12 Kekurangan dan Kelebihan OS Android Bagi Pengguna

Pengembang dan pengembang menjadi sangat mudah untuk mengoptimalkan dan mengembangkan sistem operasi ini untuk smartphone mereka. Jadi bisa jadi satu smartphone dengan smartphone lain memiliki fitur sistem operasi Android yang berbeda.

2. Mudah disesuaikan dan dimodifikasi

Tidak hanya pengembang profesional yang mengembangkan sistem operasi Android untuk smartphone tertentu, sistem operasi oprek penghobi dapat dengan mudah melakukan kustomisasi sistem operasi android ini. mulai dari customization ROM, hingga customization overclock pada sistem operasi, yang mempengaruhi kinerja Android OS agar lebih cepat bisa dilakukan. Bagi Anda yang masih amatir masih bisa melakukan kustomisasi kecil untuk perangkat android Anda, seperti mengubah layar kunci, ikon kustom, font, aplikasi, dan lain sebagainya.

3. Perangkat Android memiliki beragam harga, dari yang paling murah hingga yang paling mahal

Mungkin smartphone pertama hanya dapat dimiliki oleh orang-orang tertentu, karena harganya mahal. Namun, berkat kemunculan sistem operasi Android ini, maka ponsel atau smartphone menjadi salah satu hal yang menjadi kebutuhan sekunder, bahkan mungkin menjadi kebutuhan primer, karena memiliki banyak fitur, dan harganya sangat murah.

Dengan hanya 500 ribu uang Anda sudah dapat memiliki smartphone dengan fitur OS android. Sangat menarik bukan? Begitu juga dengan harga yang lebih tinggi. Variasi harga smartphone dengan sistem operasi Android sangat beragam.

4. OS android dapat dijalankan pada banyak pilihan spesifikasi hardware

Kelebihan lainnya dari OS Android adalah sangat fleksibel. Ya, OS Android adalah salah satu sistem operasi yang tidak rewel. Dan dapat disematkan pada perangkat keras dengan spesifikasi apa pun. Mulai dari spesifikasi perangkat keras low end dan rendah, hingga spesifikasi hardware high end dan spesifikasi tinggi dapat dikontrol dan juga dijalankan oleh OS android ini. Ini tentunya merupakan salah satu kelebihan untuk OS android, karena banyak atau setidaknya ada beberapa sistem operasi yang sulit dijalankan dan beroperasi jika tidak memiliki ketentuan spesifikasi perangkat keras yang cukup.

5. Dukungan aplikasi sangat banyak dan beragam

Kelebihan lainnya, dan sepertinya menjadi salah satu hal yang membuat OS Android ini begitu menakjubkan dan banyak diminati oleh pengguna adalah karena dukungan dari banyak aplikasi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kondisi dan status sistem operasi open source Android.

Ini memungkinkan pengembang untuk mengembangkan aplikasi berbasis kode sumber dari Android. Tidak seperti sistem operasi seluler lainnya yang mungkin cukup sulit untuk membuat aplikasi. Karena itu, jika Anda masuk ke Play Store, Anda akan sangat dimanjakan dengan ribuan aplikasi sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

6. Mudah dimengerti, sehingga bisa diperbaiki jika kerusakan sistem

Keuntungan berikutnya dari OS Android cukup mudah dimengerti. Ya, OS android, adalah salah satu sistem operasi yang cukup sederhana dan mudah dioperasikan. Ini membuat banyak pengguna yang menggunakannya. Dengan mudah memahami sistem operasi Android pengguna, ini pasti akan membantu pengguna dalam melakukan pemecahan masalah, karena pengguna normal dapat mempelajari pemecahan masalah pada ponsel cerdas menggunakan android, meskipun masih merupakan pemecahan masalah dasar.

7. Dapat diterapkan di banyak peralatan elektronik

Keuntungan berikutnya dari OS Android adalah dapat diaplikaikan dalam berbagai peralatan, mulai dari smartphone, PC tablet, PC mini, jam tangan, bahkan hingga head unit kendaraan dan televisi LED. Ini tentunya merupakan salah satu kelebihan OS Android dibandingkan sistem operasi lainnya. Dengan sistem operasi di dalam perangkat elektrolitik Anda, seperti televisi, ini akan membuat televisi Anda menjadi bentuk SMART TV, tanpa membuat sakumu rusak karena harus membayar lisensi tertentu.

8. Dikembangkan oleh salah satu raksasa telekomunikasi dunia, Google

Salah satu kelebihan lain dari OS Android adalah pengembangannya yang tentu saja dijamin. Ini karena OS Andorid dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi dunia, yaitu Google, Inc. Google telah miskin di dunia teknologi internet, komunikasi dan teknologi komputer sejak beberapa tahun lalu.

Hal ini tentunya menjadikan google menjadi salah satu perusahaan yang sangat peduli di bidang teknologi, sehingga Anda tidak perlu meragukan sistem operasi android ini. Pengembangan sistem operasi Android juga dijamin, karena sangat cepat dan juga sangat sering dilakukan pembaruan atau pembaruan oleh google.

9. Ini adalah salah satu sistem operasi tercepat dan responsif

Android OS adalah salah satu sistem operasi smartphone yang cerdas dan responsif. Meskipun ini memang dipengaruhi oleh spesifikasi dan juga kualitas perangkat keras yang digunakan, tetapi dalam hal statistik, sistem operasi Android adalah salah satu sistem operasi yang cukup cepat dan responsif.

Ini menjadikan sistem operasi android adalah salah satu manfaat dalam kebutuhan hiburan maupun bisnis. Selain itu, jika Anda tidak puas, Anda juga bisa menyesuaikan OS Android Anda, sehingga Anda bisa merasakan kemampuan android lebih cepat.

Kekurangan OS Android
Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun, ternyata OS Android juga memiliki beberapa kelemahan dan juga kekurangan. Berikut adalah beberapa kerugian dan kerugian dari sistem operasi Android.

1. Memiliki proses kerja sistem yang cukup berat, sehingga cukup mengkonsumsi RAM

Kekurangan pertama dari OS android adalah proses kerja sistem yang cukup berat. ini menyebabkan cukup banyak memori, baik RAM maupun ROM digunakan. Jika Anda memiliki smartphone dengan RAM kecil dan kapasitas ROM, maka ini pasti akan menghambat. Namun, belakangan ini, versi terbaru dari OS Android sudah mulai dioptimalkan penggunaan kapasitas RAM-nya, meski mash tergolong sebagai salah satu sistem operasi berat, tidak seperti Windows Phone.

2. Terkadang apabila disandingkan dengan spesifikasi hardware yang buruk, menjadi kurang responsive

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ketika Anda memiliki smartphone atau perangkat dengan spesifikasi kualitas yang kurang baik, maka ini akan menyebabkan sistem operasi Android Anda akan sedikit lambat dan juga kurang responsif. Ini terkait dengan kapasitas RAM, ROM, dan kecepatan prosesor yang digunakan pada ponsel cerdas atau perangkat Anda.

3.Sistem operasi yang di custom sering tidak stabil dan kurang optimal

Walaupun ini adalah salah satu sistem operasi yang bisa menjadi proses kustomisasi, tetapi ini bukan berarti OS Android akan menjadi sempurna. Terkadang sistem operasi Android yang dikustomisasi dapat menjadi tidak stabil dan menjadi tidak responsif, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perangkat keras Anda menjadi lebih mudah panas dan kapasitas memori yang lebih mudah 'bocor'.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar