--> Skip to main content

11 Cara Mengatasi Preparing Automatic Repair Windows 10 Paling Mudah

Automatic repair adalah kondisi di mana Windows berjalan dalam mode perbaikan diri (perbaikan sistem) secara mandiri karena Windows mendetaksi proses shutdown atau masalah pada sistem. Perbaikan Otomatis terjadi setelah dimulainya PC atau laptop.

Apa langkah-langkah yang dilakukan ketika perbaikan Windows otomatis muncul, silakan baca artikel ini secara menyeluruh dan dapat diterapkan Langkah-langkah yang diberikan.
11 Cara Mengatasi Preparing Automatic Repair Windows 10 Paling Mudah


1. Hard Restart Windows

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mematikan PC secara langsung dengan menekan tombol Power pada PC selama beberapa detik. Keluarkan Baterai Daya, atau baterai laptop, dan keluarkan isi DVD Drive dan lepaskan semua perangkat USB yang terhubung ke PC atau laptop. Setelah itu, colokkan kabel power PC atau baterai laptop dan nyalakan CPU, periksa apakah Windows bisa boot secara normal.

2. Lakukan System Restore

System Restore dilakukan untuk mengembalikan Windows pada kondisi sebelum masalah Windows. Untuk masuk ke mode System Restore: Restart PC, tekan tombol F8 pada PC startup, masukkan Safe Mode, setelah masuk ke Safe Mode, menu Windows Repair Tool akan muncul, pilih System Restore. Dalam pemilihan tanggal pilih tanggal sebelum masalah terjadi, kemudian lanjutkan prosesnya hingga dimulai ulang. Jika proses Pemulihan Sistem berjalan dengan baik, maka Windows 10 akan melakukan boot secara normal.

3. Mengulang proses Automatic Repair

Untuk memproses masalah perbaikan otomatis Windows, lakukan restart PC dan masukkan instalasi DVD Windows 7, dengan terlebih dahulu mengubah urutan boot ke DVD. Pada layar pengaturan Windows cukup klik berikutnya, pilih tata letak keyboard dan metode input, kemudian pada prompt Alat Windows, pilih Perbaiki menu komputer Anda, pilih Troubleshoot kemudian klik Opsi Lanjutan kemudian klik Perbaikan otomatis dan pilih sistem operasi yang ingin Anda perbaiki.

Tunggu hingga proses perbaikan selesai dan mulai ulang. Lalu periksa apakah Windows dapat melakukan boot secara normal.

4. Memperbaiki Sektor MBR dan Boot

Jika gagal di atas, maka lanjutkan dengan proses perbaikan partisi boot MBR, lakukan menu Windows Repair Tool, klik Prompt Perintah, kemudian ketika kata sandi Administrator muncul di konsol yang muncul, isi kata sandi Windows. Kemudian dalam perintah tipe konsol:


  • bootrec /fixMBR, tekan Enter;
  • bootrec /fixboot – tekan Enter;
  • bootrec /rebuildBCD – tekan Enter;
  • Restart PC dan cek apakah Windows 10 boot dengan normal.

5. Booting via USB menggunakan Media Recovery yang sudah dibuat

Bootng melalui USB bisa dilakukan apabila BIOS PC mendukung proses Booting via USB. Media Recovery merupakan Flash Disk yang sudah diisi file system Windows yang diperlukan untuk booting ke mode recovery dan diagnostik Windows jika Windows memiliki masalah dan tidak bisa boot. Cara melakukannya adalah :

  • Sisipkan Flash disk pada port USB;
  • pada Start Screen, ketik Recovery;
  • Di section Settings, klik Create a Recovery Drive;
  • Tunggu hingga proses pengisian file sistem recovery ke USB Flash drive selesai;
  • Restart PC;
  • ubah urutan boot BIOS ke USB;
  • setelah berhasil masuk mode recovery Windows, jalankan system restore atau jalankan SFC seperti tahap diatas;
  • Restart PC dan cek apakah Windows 10 boot dengan normal.

6. Menjalankan SFC

SFC atau System File Checker digunakan untuk melakukan perbaikan pada file sistem Windows. Cara menjalankannya, buka command prompt seperti langkah diatas, kemudian ketik perintah :

Sfc /scannow, tekan Enter;
Restart PC dan cek apakah Windows 10 boot dengan normal

7. Menjakankan DISM

DISM ((Deployment Image Servicing and Management) merupakan tool untuk perbaikan file sistem seperti halnya SFC dengan penggunaan lanjut.
Cara melakukannya :

menyediakan menu recovey untuk mengembalikan Windows ke kondisi semula, dengan memanfaatkan menu recovery dari aplikasi vendor PC DISM.exe /online /cleanup-image /scanhealth , tekan Enter;
DISM.exe /online /cleanup-image /restorehealth , tekan Enter
Restart PC dan cek apakah Windows 10 boot dengan normal.

8. Menonaktifkan fitur Automatic Repair

Menonaktifkan fitur perbaikan otomatis ini tidak disarankan kecuali bagi mereka yang sudah memahami penggunaan teknis perintah perintah cepat yang terkait dengan utilitas sistem windows dan partisi. Setelah fitur Perbaikan Otomatis dinonaktifkan, layar preplay Perbaikan Windows tidak akan pernah muncul lagi, bahkan ketika Windows mengalami masalah. Sebagai gantinya, Anda harus secara manual diagnostik jika ada masalah dengan Windows melalui alat Prompt Perintah.

Untuk menonaktifkan perbaikan otomatis

Buka Command Prompt dengan akses Administrator, klik start menu, ketik Command Prompt, klik kanan pada ikon command prompt, dan klik Run As Administrator;
Di jendela prompt perintah, isi dengan: bdedit / set recoveryenabled, NO
Nyalakan kembali PC

Untuk mengembalikan ke kondisi semula, lakukan langkah di atas, agar skrip berubah TIDAK menjadi YA agar fitur perbaikan otomatis aktif kembali.

9. Masuk mode Recovery OEM dari Vendor

Biasanya setiap pabrikan laptop dengan jenis Windows yang diinstal OEM, menyediakan menu recovey untuk mengembalikan Windows ke kondisi semula, dengan memanfaatkan menu pemulihan dari vendor PC atau aplikasi laptop yang digunakan yang biasanya dapat diakses melalui Windows yang ada. Ketika Windows dapat melakukan booting sekaligus, lakukan saja proses pemulihan mode OEM.

10.  Instal Ulang Windows dengan Clean-Instal

Instal ulang Windows dengan metode clean-install adalah metode Windows instal ulang dengan menghapus OS Windows bersama dengan partisi sytem. Metode ini harus berfungsi karena Windows akan diinstal dari awal, sehingga sistem benar-benar "Segar". Cara ini tidak disarankan jika tidak benar-benar dalam kondisi darurat, karena akan menghapus semua aplikasi yang diinstal di Windows dan data dokumen yang diinstal (jika belum pindah ke partisi lain), itu juga akan menghapus lisensi Windows yang saat ini diinstal, terutama untuk perangkat Laptop yang hampir pasti menggunakan Lisensi jenis Windows OEM asli.

Jadi tinjau artikel bagaimana menyelesaikan persiapan perbaikan otomatis windows 10, semoga dapat memberikan wawasan tambahan dalam Windows troubeshooting terkait dengan masalah sistem dan boot, dan mampu melakukan penanganan independen ketika terjadi masalah Windows.


Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar