--> Skip to main content

10 Tujuan Mempelajari Sistem Operasi Komputer bagi Pengguna

Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak atau perangkat lunak yang sangat penting untuk komputer, baik PC desktop, laptop, tablet, hingga smartphone. Sistem operasi komputer atau OS dapat mengintegrasikan semua perangkat keras komputer yang ada, sehingga aperangkat dapat dioperasikan oleh pengguna, dengan tambahan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Saat ini sistem operasi komputer telah banyak berkembang, baik untuk istilah pribadi untuk digunakan atau pengguna bisnis. Tentu saja ada banyak jenis sistem operasi komputer saat ini, seperti Windows, Linux, Mac OS, Android, Blackberry hingga Symbian. Ini membuktikan bahwa sistem operasi saat ini memiliki lebih banyak fungsi daripada sekedar perangkat lunak, jadi kita sebagai pengguna harus dapat mempelajari sistem operasi komputer.
10 Tujuan Mempelajari Sistem Operasi Komputer bagi Pengguna

Mengapa user perlu mempelajari sistem operasi komputer?

Sistem operasi komputer adalah salah satu perangkat lunak komputer, terutama pada jaringan yang akan digunakan untuk terhubung ke Internet. Ada banyak alasan dan tujuan yang dapat kami jelaskan tentang megnapa kita sebagai pengguna harus mempelajari sistem operasi komputer, meski hanya dasar-dasarnya. Berikut ini adalah beberapa tujuan mempelajari sistem operasi komputer:

1. Agar user bisa mengoperasikan fungsi utama dari komputer

Tentu saja, pengguna biasa harus mengetahui fungsi utama dan juga fungsi dasar dari suatu sistem informasi. Di sini pengguna juga dituntut hal paling dasar bagaimana menggunakan komputer sesuai dengan prosedur yang benar. Minimal, pengguna harus memahami cara melakukan beberapa fungsi sistem operasi, seperti:


  • Mematikan dan merestart perangkat komputer
  • Membuat dokumen dan pengetikan
  • Melakukan koneksi ke internet
  • Membuka file explorer dan juga melihat menu
  • Melakukan seleksi dan juga pemilihan sebuah menu

Apabila seorang user tidak mau mempelajari sebuah sistem operasi, maka fungsi-fungsi dasar tersebut tentu saja tidak akan bisa dilakukan oleh user.

2. Agar user memahami fitur yang dari sistem operasi komputer

Selain fungsi dasar sistem operasi, mempelajari sistem operasi juga akan membantu pengguna dalam memahami fitur dasar dan kemampuan sistem operasi. Ini akan membantu pengguna dalam menyederhanakan karyanya dengan menggunakan sistem operasi komputer. Tentu saja, fitur yang dimiliki bervariasi sesuai dengan jenis sistem operasi komputer yang digunakan.

3. Agar user bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat

Dengan mempelajari sistem operasi komputer, pengguna akan memahami selah-selah dalam mengoperasikan komputernya. Ketika pengguna sudah memahami hal ini, maka tentu pengguna akan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

4. Agar user bisa mengoptimalkan perangkat keras yang dimilkinya dengan baik

Optimalisasi perangkat keras, seperti hard drive, prosesor, dan lainnya juga dapat dilakukan dengan sistem operasi. Dengan mempelajari sistem operasi, maka pengguna akan mengerti bagaimana cara membuat RAM dan harddisk tidak cepat rusak, dengan membatasi program dan aplikasi yang dijalankan.

5. Untuk kepentingan troubleshooting sederhana

Pemecahan masalah yang sederhana, seperti virus ringan dan juga komputer sering kali macet akan menjadi poin penting bagi seseorang yang mempelajari sistem operasi pada komputer. Jika seseorang mempelajari sistem operasi, maka dia akan mengerti setidaknya cara sederhana untuk menghapus virus, dan juga mengahadapi komputer yang telah hang.

6. Agar perawatan sistem operasi, hardware dan software berjalan dengan baik

Tujuan lain bagi seseorang dalam mempelajari sistem operasi komputer, terutama jika pengguna itu adalah agar pengguna memahami cara merawat sistem operasi komputer dengan baik dan juga benar. Ini akan membantu meningkatkan kelangsungan hidup sistem operasi dan juga komponen komputer menjadi lebih tahan lama. Seperti contoh kecil, efek RAM pada kerja komputer, RAM adalah perangkat keras komputer yang menjadi otak utama dalam komponen komputer.

7. Supaya user memahami mengenai cara mengoperasikan sistem komputer

Yang paling penting, tentu saja seorang pengguna akan dapat memahami cara mengoperasikan komputer menggunakan sistem operasi. Bayangkan jika seseorang tidak mempelajari sistem operasi terlebih dahulu, maka pastinya dia tidak akan bisa mengoperasikan komputer, meski spesifikasi komputer canggih sekalipun.

Tujuan Mempelajari Sistem Operasi Bagi Super user Pengguna

Ketujuh dan beberapa contoh tujuan mempelajari sistem komputer yang dijelaskan di atas adalah tujuan bagi pengguna. Namun, bukan hanya pengguna, tetapi superuser atau mereka yang mengerti ilmu komputer juga perlu belajar tentang sistem operasi komputer. Mengapa? Inilah tujuan superuser dalam mempelajari sistem operasi dari komputer:


  1. Agar bisa mengoptimalkan kinerja dari sebuah sistem operasi komputer
  2. Membantu superuser dalam memecehakan masalah sistem operasi yang lebih berat
  3. Mengembangkan fungsi-fungsi penting dan juga fungsi tambahan dari sebuah sistem operasi komputer


Tentu saja untuk superuser, kebutuhan untuk mempelajari sistem operasi komputer sangat tinggi. Ini karena kebutuhan komputer superuser tidak hanya menggunakan sistem operasi komputer, tetapi juga berperan dalam pengembangan dan pemeliharaan atau pemeliharaan sistem operasi yang digunakan dalam komputer. Oleh karena itu, biasanya superuser mampu melakukan modifikasi dan juga perbaikan sistem operasi, yang mungkin sulit dilakukan oleh pengguna biasa.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar