--> Skip to main content

10 Kelebihan dan Kekurangan Safari Browser

Safari Browser adalah salah satu browser web yang dibangun dan dikembangkan dari Apple Inc. salah satu perusahaan IT paling populer dan juga sangat besar, dan juga saingan beberapa perusahaan IT lainnya. Awalnya, Safari adalah Browser identik yang dibuat khusus untuk sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. yaitu Mac Os dan juga iOS. Namun, untuk waktu yang lama, Safari Browser menjadi sangat populer dan akhirnya melebarkan sayapnya ke sistem operasi lain.

Safari adalah salah satu browser terbaik yang menempati posisi ke-3 dalam hal kecepatan telah menjadi salah satu bowser yang banyak digunakan pengguna. Browser yang merupakan salah satu alat untuk mengakses internet, sebagai jendela penggunaan internet untuk mendapatkan informasi secara global.
10 Kelebihan dan Kekurangan Safari Browser

Karena ini terkait dengan perkembangan jaringan komputer yang semakin meluas ke negara plosok, otomatis penggunaan internet menjadi suatu kebutuhan dan menjadi bentuk nyata dari kehidupan yang lebih baik bagi semua kalangan.

Kelebihan Browser Safari

1. Memiliki fitur Nitro Engine untuk mengolah aplikasi berbasis web lebih cepat

Keuntungan pertama yang dimiliki oleh Safari Browser, terutama versi terbaru adalah NitroEengine. Sesuai namanya, fitur Nitro Engine di browser Safari dapat membantu meningkatkan kecepatan pemrosesan data pada sistem aplikasi berbasis web. Salah satu contoh aplikasi berbasis web adalah aplikasi di situs yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java dari berbagai bahasa pemrograman.

Dengan menggunakan fitur Nitro Boost di Safari Browser, maka pemrosesan aplikasi Java di suatu situs akan lebih cepat. Bahkan diklaim bahwa dengan menggunakan Nitro Boost ini, pengolah aplikasi menjadi 8 kali lebih cepat dari browser web lainnya.

2. Memiliki desain UI yang cukup menarik

Salah satu ciri produk yang dikeluarkan oleh Apple Inc. adalah desainnya. Apple bergantung pada kualitas dan penelitian tentang desain produknya agar berhasil di pasar. Nah, browser Safari juga memiliki desain UI yang menarik. Antarmuka pengguna yang dimiliki oleh safari ini sederhana dan juga mudah dijalankan, dan memiliiki desain yang menarik.

Sangat berbeda ketika kita membandingkan dengan browser seperti Internet Explorer yang terlalu 'ramai' oleh menu bar dan juga bilah alat yang terkadang mengganggu pengalaman browsing pengguna.

3. Bagi penggunan Sistem Operasi Mac OS, tidak perlu melakukan instalasi

Bagi Anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Mac OS, dan juga komputer yang merupakan produk dari Apple Inc. maka Anda tidak perlu repot untuk mengunduh dan juga menginstal browser Safari ini di komputer Anda. Safari telah menjadi browser default sistem operasi Mac OS, yang akan membuat Anda lebih mudah dalam menjelajahi dan berselancar, dengan pengalaman yang sangat menyenangkan.

4.Dapat digunakan pada sistem operasi berbasis Windows

Anda ingin mencoba menggunakan browser Safari, tetapi Anda tidak memiliki perangkat yang dikeluarkan oleh Apple Inc? Jangan khawatir. Browser Safari bukanlah produk 'egois'. Safari dapat Anda gunakan dan juga unduh untuk komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows, yang merupakan sistem operasi yang populer di kalangan komunitas dunia. Jadi, pengguna dapat menikmati keuntungan dari browser Safari ini tanpa harus menggunakan sistem operasi dan juga produk dari Apple Inc.

5. Fitur Cover Flow

masih dalam hal desain dan antarmuka pengguna yang juga dimiliki oleh browser Safari, browser ini memiliki fitur yang disebut Cover Flow. Fitur Cover Flow adalah fitur yang ada di browser safari untuk mempercantik dan juga mempercantik dan meningkatkan utilitas serta fungsi bookmark dan juga riwayat browser safari.

Dengan fitur Cover Flow, pengguna akan menjadi lebih mudah dan juga menjadi lebih nyaman dalam mengatur sejarah dan bookmark yang dimiliki, dan tentu saja akan sangat menambah nilai tambah untuk browser safari ini dalam hal kenyamanan internet.

6. Mendukung format HTML 5, format terbaru web

Apple juga selalu memberikan pembaruan dan pembaruan untuk browser bagasi ini. salah satu pembaruan Apple yang dibuat untuk peramban Safari adalah pembaruan format. Safari Browser saat ini mendukung format standar terbaru dari sebuah situs web, format HTML versi 5.

Dengan pembaruan ini, safari dapat mengumpulkan juga menampilkan situs dan juga situs web apa pun yang sering dibuka oleh pengguna, dan kemudian mengumpulkan situs favorit pengguna ke dalam thumbnail. Fitur ini mirip dengan fitur yang dimiliki oleh browser Opera Opera, Opera Browser.

7. Tersedia di seluler, untuk sistem operasi iOS dan Android

Sama seperti browser pada umumnya, Safari Browser juga mengembangkan platform ke dalam smartphone. Pengguna iOS akan menikmati browsing dan berselancar menggunakan Safari Mobile secara default. Bagi pengguna yang menggunakan sistem operasi Android pada Smartphone, pengguna juga dapat menikmati kelebihan dari Safari Browser ini, dengan mengunduhnya di play store android.

Kekurangan dari Safari Browser

1. Tidak ada sesi pemulihan fitur

Walaupun memiliki segudang fitur yang sangat banyak dan membat pengguna menjadi sangat nyama juga akan terlena kelebihannya, tetapi ternyata Safari Browser tidak memiliki fitur restore session. Kembalikan Sesi adalah fitur di mana kita sebagai pengguna dapat mengulang untuk membuka halaman web yang telah kita kunjungi sebelumnya jika browser memiliki hang atau crash.

Jadi, ketika Safari Browser hang atau macet, semua aktivitas browsing di halaman web tidak dapat dibuka kembali, dan kita harus mengulangi dari awal. Cukup buang waktu saja, oleh karena itu tidak ada tautan cadangan jika ada yang menggantung di komputer.

2. Ada bug yang disebut 'Carpet Bombing'

Perusahaan IT dan juga teknologi hebat, tidak berarti semua produk yang bebas dari bug dan juga kesalahan teknis. Salah satu hal yang paling banyak dibicarakan tentang bug di Safari Browser adalah bug yang dapat menyebabkan Carpet Bombing.

Carpet Bombing adalah kondisi di mana peretas dan penyerang juga dapat merusak dan juga menghapus desktop dari pengguna yang menggunakan safari. Penyerang menggunakan bug dan juga lubang di perangkat lunak Safari Browser untuk melakukan hal itu.

3. Tampilan Browser Pengguna Terasa canggung

Kekurangan yang satu ini hanyalah masalah kebiasaan pengguna. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan produk windows dan juga browser - jendela browser default, atau yang khusus dikembangkan untuk windows, pengguna akan merasa bingung ketika pertama kali menggunakan Safari Browser ini.

Ini karena desain dan UI dari Safri Browser sangat berbeda. Namun, jika Anda terbiasa menggunakan Safari Browser, maka ini tidak akan menjadi masalah.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar