Tanda Baca: Pengertian dan Jenis-Jenis Tanda Baca

Tanda Baca: Pengertian dan Jenis-Jenis Tanda Baca
Tanda Baca: Pengertian dan Jenis-Jenis Tanda Baca
Tanda Baca: Pengertian dan Jenis-Jenis Tanda Baca. Pengertian tanda baca adalah suatu bentuk simbol yang berguna untuk membuat susunan kalimat menjadi beraturan dan untuk memberikan tekanan atau nada atau intonasi pada suatu kalimat.

Jenis-Jenis Tanda Baca

Dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa jenis-jenis tanda baca, yaitu :

  1. Tanda Titik Dua (:) adalah tanda yang digunakan untuk memisahkan sebuah perincian dan digunakan pada naskah drama untuk memisahkan antara nama dan dialog.
  2. Tanda Titik Koma (;) adalah tanda yang digunakan sebagai kata ganti penghubung, biasanya seringkali digunkanan untuk memisahkan antara kalimat setara yang satu dengan yang lainnya.
  3. Tanda Hubung (-) adalah tanda yang digunakan untuk menggabungkan atau memisahkan kata.
  4. Tanda Pisah ( (-) ) adalah tanda yang digunakan untuk memberi penjelasan di luar kalimat.
  5. Tanda Elipsis ( … ) adalah tanda yang digunakan untuk menunjukkan jika dialog belum selesai, jeda pada dialog, atau penurunan suara.
  6. Tanda Kurung () adalah tanda yang digunakan untuk mengapit tambahan keterangan.
  7. Tanda Kurung Siku [] adalah tanda yang digunakan untuk mengapit kata, kelompok kata yang digunakan sebagai koreksi yang biasanya digunakan untuk membenarkan di dalam naskah.
  8. Tanda Petik (” “) adalah tanda yang digunakan untuk mengutip sesuatu, biasanya digunakan untuk mengutip dialog di dalam sebuah naskah cerita.
  9. Tanda petik Tunggal (‘ ‘) adalah tanda yang digunakan untuk mengutip sesuatu seperti makna, ungkapan, atau terjemahan.
  10. Tanda Garis Miring (/) adalah tanda yang digunakan untuk nomor surat, nomor pada alamat, selain itu juga digunakan sebagai pengganti kata atau.
  11. Tanda Penyingkat atau Apostrof (‘) adalah tanda yang dipakai untuk menyingkat kata yang hilang dari bagian huruf atau kata atau angka dalam kata-kata tertentu.
  12. Tanda Titik (.) adalah tanda baca yang digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat atau menjadi penutup sebuah kalimat.
  13. Tanda Koma (,) adalah tanda yang digunakan untuk memisahkan kata atau kalimat, dan juga memisahkan suatu unsur dalam sebuah perincian.
  14. Tanda Tanya (?) adalah sebuah tanda yang digunakan pada akhir kata atau kalimat yang menunjukkan sebuah pertanyaan.
  15. Tanda Seru (!) adalah tanda yang digunakan untuk menunjukkan sebuah kalimat perintah atau kalimat yang menunjukkan emosi/perasaan.


Demikian pengertian dan jenis-jenis tanda baca dalam Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat.