--> Skip to main content

Penyebab dan Cara Memperbaiki Touchpad / Kursor Laptop Tidak Bergerak

Penyebab dan Cara Memperbaiki Touchpad / Kursor Laptop Tidak Bergerak. Mungkin, setelah Anda membaca judul artikel ini, Anda memiliki pertanyaan, apa itu kursor? Jadi kursor adalah penunjuk di layar laptop atau komputer Anda. Nama lain dari kursor adalah penunjuk. Lalu, seperti apa bentuknya? Jika Anda menggerakkan mouse, Anda akan melihat panah bergerak, bukan? Panah itu disebut kursor.

Saat Anda fokus melakukan tugas, atau mungkin menyenangkan bermain game di laptop Anda, tiba-tiba kursor tidak bergerak sama sekali. Itu pasti membuat Anda bete benar? Nah, pada kesempatan ini, kami memiliki informasi untuk menyelesaikan masalah, yaitu masalah kursor laptop tidak bergerak. Informasi yang kami sampaikan merupakan penyebab dan cara mengatasinya. Baiklah, mari kita mulai diskusi.
Penyebab dan Cara Memperbaiki Touchpad / Kursor Laptop Tidak Bergerak

Ada berbagai penyebab kursor mouse secara tak terduga bergerak. Yang pasti, semua penyebab terkait dengan mouse atau touchpad laptop Anda. Ini karena kedua komponen adalah beberapa perangkat input dan output komputer yang sering digunakan oleh pengguna komputer. Nah, inilah penyebabnya:

Penyebab Kursor Laptop Tidak Bergerak 


1. Mencabut mouse terlalu kasar
Pernahkah Anda mencopot mouse yang terhubung di laptop Anda secara kasar? Cara kasar yang dimaksud adalah Anda menarik kabel mouse untuk melepaskan mouse pada port USB laptop. Dengan cara itu dapat menyebabkan putusnya kabel tembaga yang ada di dalam kabel mouse. Memutus sambungan kabel inilah yang membuat kursor mouse tidak dapat bergerak tiba-tiba saat digunakan.

2. Touchpad terkena pukulan atau benturan yang cukup keras
Apakah touchpad laptop Anda pernah memukul cukup keras? Entah sengaja atau tidak sengaja (toh yang ingin menyentuh touchpad?) Jika pernah, bisa jadi penyebab kursor tidak menggerakkan laptop adalah kerusakan pada touchpad yang disebabkan oleh pukulan atau ledakan yang cukup keras.

3. Touchpad atau mouse dinonaktifkan

Titik-titik ini berlaku jika Anda menggunakan touchpad nirkabel atau mouse. Jika kursor laptop Anda tidak bergerak, bisa jadi touchpad laptop Anda atau mouse nirkabel tidak diaktifkan. Ini mungkin terjadi karena Anda secara tidak sengaja menekan tombol untuk menonaktifkan touchpad laptop, atau mungkin karena Anda lupa mereboot mouse nirkabel Anda setelah dinonaktifkan.

4. Mouse tidak terhubung dengan benar

Jika Anda menghubungkan mouse ke laptop, tetapi kursor laptop tidak bergerak, bisa jadi karena koneksi mouse pada port mouse laptop Anda tidak terhubung dengan benar. Ini biasanya terjadi pada laptop atau mouse (kabel) yang sudah digunakan cukup lama.

Oh ya, port untuk koneksi mouse dengan laptop hanya tersedia di port USB saja. Meskipun jenis port di komputer cukup banyak, tetapi untuk mouse, biasanya ada dua jenis port yang digunakan, yaitu port PS / 2 dan USB.

5. Touchpad kotor

Yup, sebagai perangkat yang sering bersentuhan dengan jari manusia, touchpad rentan kotor dari jari-jari Anda. Misalnya seperti minyak, air, atau keringat di jari-jari Anda. Selain itu, touchpad yang jarang dibersihkan di bagian dalam akan rentan terkena paparan debu yang berpotensi mengakibatkan hubung singkat pada papan touchpad PCB pada laptop Anda.

6. Driver touchpad tiba-tiba hilang

Kasus ini jarang terjadi. Namun, bisa jadi driver dari touchpad Anda tiba-tiba hilang karena Anda menginstal perangkat lunak yang ternyata berdampak pada driver touchpad laptop Anda. Meskipun plastisitas itu fatal, tetapi sekali lagi, kasusnya jarang terjadi pada kasus kursor laptop yang tidak bergerak.

Atau bisa juga, Anda menginstal driver touchpad yang tidak sesuai dengan laptop Anda. Hal ini jelas mengakibatkan touchpad Anda tidak terbaca oleh laptop karena biasanya setiap driver touchpad memiliki pengaturan sendiri yang disesuaikan dengan touchpad asli.

7. Kesalahan pengaturan touchpad

Setiap kesalahan pada pengaturan touchpad dapat berdampak pada kursor yang memindahkan laptop Anda. Kesalahan seperti itu dapat terjadi karena ketidaktahuan pengguna atau karena pengaturan touchpad yang sengaja diatur oleh perangkat lunak lain di laptop Anda. Perangkat lunak ini mungkin perangkat lunak berbahaya karena mengubah pengaturan perangkat keras tanpa sepengetahuan pengguna tentang laptop. Jika touchpad Anda sering tidak bergerak setelah Anda menginstal perangkat lunak pada laptop Anda, Anda harus waspada terhadap perangkat lunak yang baru saja Anda pasang.

8. Hardware touchpad atau mouse sudah rusak

Di dunia ini tidak ada yang sempurna dan abadi, termasuk laptop atau mouse touchpad yang Anda gunakan (baik kabel atau mouse nirkabel). Kapanpun, perangkat Anda pasti akan mengalami waktu ketika tidak dapat digunakan kembali. Jika mouse atau touchpad laptop Anda sudah tua dan sudah menunjukkan gejala kerusakan, mungkin saatnya bagi Anda untuk menggantinya dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Kursor Laptop Tidak Bergerak 


Nah, begitu Anda tahu berbagai alasan mengapa kursor laptop Anda tidak bergerak, sekarang mari kita lihat cara untuk mengatasi masalah kursor laptop yang tidak bergerak ini. Berikut ulasannya:

1. Bersihkan touchpad

Cara ini berguna untuk mengatasi penyebab kursor laptop tidak bergerak 5 poin, touchpad-nya kotor. Touchpad laptop harus dalam kondisi bersih agar tidak mengganggu sensitivitas sentuhan jari ke touchpad. Cara membersihkannya adalah dengan membersihkan lap bersih ke touchpad laptop. Untuk membersihkan bagian dalam, Anda harus membongkar casing laptop yang terhubung ke keyboard laptop Anda, kemudian Anda dapat membersihkan debu yang ada di dalam touchpad laptop Anda.

2. Download driver touchpad resmi
Agar touchpad laptop Anda dapat beroperasi secara optimal, Anda harus mengunduh driver touchpad yang dirilis oleh pabrikan laptop Anda. Itu karena pabrikan laptop Anda telah menyesuaikan laptop produksi mereka dengan komponen touchpad yang dirilis oleh produsen laptop touchpad.

Bagaimana jika pabrikan laptop Anda tidak merilis driver touchpad di situs mereka? Tenang, Anda masih dapat menggunakan perangkat lunak pencarian driver tanpa koneksi internet. Cara cukup memasukkan CD aplikasi ke dalam CD Drive laptop Anda, kemudian mulai proses instalasi driver melalui aplikasi.

3. Setel pengaturan touchpad lagi

Jika Anda mengalami salah satu pengaturan touchpad, kemudian atur ulang pengaturan touchpad Anda untuk melanjutkan operasi normal. Ayo, kursor laptop saya tidak bergerak, bagaimana cara mengatur ulang? Anda dapat mengakali dengan menggunakan mouse (baik kabel atau nirkabel) pinjaman atau Anda dapat menggunakan keyboard sebagai navigasi sementara di laptop Anda.

4.  Pasang kembali mouse dengan benar

Pastikan mouse yang Anda sambungkan ke laptop Anda terhubung dengan benar. Ini berlaku untuk mouse kabel dan mouse nirkabel. Cara mengetahui mouse Anda telah terhubung ke laptop adalah Control Panel > Device Manager. Periksa di bagian "Human Interface Devices" atau "Tikus dan perangkat penunjuk lainnya", apakah ada nama perangkat mouse.

5.Aktifkan kembali mouse wireless atau touchpad Anda

Untuk mengaktifkan mouse atau touchpad nirkabel di laptop Anda, ada berbagai cara. Untuk mengaktifkan mouse nirkabel, Anda mengubah posisi saklar mouse nirkabel dari OFF ke ON. Untuk mengaktifkan touchpad di laptop, Anda menekan kombinasi tombol pada keyboard yang disesuaikan dengan merek laptop Anda. Berikut beberapa kombinasi keyboard dari masing-masing merek laptop:

  • Mac menggunakan tombol Fn + F2
  • Acer menggunakan tombol Fn + F7
  • Toshiba menggunakan Fn + F9 atau pada laptop jenis tertentu terdapat tombol khusus touchpad di sisi touchpad
  • Asus menggunakan Fn + F3 atau Fn + F7
  • Dell menggunakan Fn + F7
  • Lenovo menggunakan Fn + F6
  • HP menggunakan tombol atau area khusus untuk mengaktifkan touchpadhpad


6. Ganti dengan yang baru

Jika ternyata touchpad atau mouse Anda rusak, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jika kerusakan terjadi pada touchpad, Anda dapat menggantinya dengan mouse. Berbagai jenis mouse telah banyak dijual di pasaran, baik kabel maupun nirkabel. Sementara jika mouse rusak, Anda bisa membeli mouse baru.

7. Bawa ke Service Center
Jika mouse Anda masih memiliki harapan untuk memperbaikinya, Anda dapat melakukan beberapa perbaikan pada mouse yang kami publikasikan di situs ini. Namun, jika touchpad laptop Anda masih bisa diperbaiki, segera bawa laptop Anda ke pusat layanan tepercaya. Karena touchpad merupakan komponen integral dari laptop, Anda harus mencadangkan data di laptop Anda jika Anda masih ingin menjaga produktivitas kerja Anda selama laptop Anda diperbaiki.

Anda memang bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan touchpad laptop. Namun, jika laptop Anda masih dalam masa garansi, Anda harus menggunakan periode untuk melakukan perbaikan di pusat layanan resmi dari pabrikan laptop Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kursor laptop yang tidak bergerak, dari penyebab hingga cara mengatasinya. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda mengatasi kursor yang tidak bergerak pada laptop Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar