--> Skip to main content

Pengertian Dan Contoh Kalimat Majemuk dan Proposisi Tunggal dalam Bahasa Indonesia

Sebelumnya, kami telah mengetahui sedikit lebih banyak tentang proposisi, mulai dari pemahaman, tipe, hingga bentuk. Dalam artikel ini, kami juga akan membahas tentang proposisi, di mana dalam artikel ini kita akan mengetahui contoh kalimat dari jenis proposisi tunggal dan proposisi gabungan. Merekrut halaman id.wikipedia.org, proposisi tunggal itu sendiri adalah proposisi yang terdiri dari satu subjek dan satu predikat. Sementara itu, proposisi majemuk adalah proposisi yang terdiri dari satu subjek dan dua predikat, atau mungkin juga terdiri dari dua proposisi tunggal. Agar lebih mudah dipahami, berikut beberapa contoh proposisi proposisi tunggal dan ganda yang ditulis dalam bahasa Indonesia.


1. Proposisi Majemuk

  1. Sebagian besar perempuan menyukai warna merah muda, sedangkan sebagian besar pria menyukai warna hitam. (Proposisi Tunggal 1: sebagian besar perempuan menyukai warna merah muda, Proposisi Tunggal 2: sebagian besar pria menyukai warna hitam)
  2. Sebagian hewan tidak dapat bertelur, sedangkan sebagian tumbuhan tidak dapat menghasilkan buah-buahan. (Proposisi Tunggal 1: sebagian hewan tidak dapat bertelur, Proposisi Tunggal 2: sebagian tumbuhan tidak dapat menghasilkan buah-buahan)
  3. Sebagian siswa memilih jurusan IPA, sedangkan sebagian lainnya memilih jurusan IPS. (Proposisi Tunggal 1: sebagian siswa memilih jurusan IPA, Proposisi Tunggal 2: sebagian lainnya memilih juruan IPS)
  4. Sebagian fresh graduate memilih bekerja sebagai pekerja kantoran, sementara sisanya memilih untuk berwirausaha. (Proposisi Tunggal 1: sebagian fresh graduate memilih bekerja sebagai pekerja kantoran, Proposisi Tunggal 2: sisanya memilih untuk berwirausaha)
  5. Semua manusia adalah makhluk hidup dan pasti akan mati. (Subjek: manusia, Predikat 1: makhluk hidup, Predikat 2: pasti akan mati)
  6. Semua manusia pasti butuh makan dan minum. (Subjek: manusia, Predikat 1: makan, Predikat 2: minum)
  7. Sebagian remaja menyukai komik dan kartun Jepang. (Subjek: remaja, Predikat 1: komik, Predikat 2: kartun Jepang)
  8. Jakarta adalah ibukota Republik Indonesia dan ibukota provinsi DKI Jakarta. (Subjek: Jakarta, Predikat 1: ibukota Republik Indonesia, ibukota provinsi DKI Jakarta)
  9. Setiap manusia pasti membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang tulus. (Subjek: manusia, Predikat 1: kasih sayang, Predikat 2: perhatian yang tulus)
  10. Jakarta adalah ibukota Republik Indonesia, sedangkan Paris adalah ibukota Perancis. (Proposisi Tunggal 1: Jakarta adalah ibukota Republik Indonesia, Proposisi Tunggal 2: Paris adalah ibukota Perancis)


2. Proposisi Tunggal

  1. Sebagian remaja menyukai komik Jepang. (Subjek: remaja, Predikat: komik Jepang)
  2. Sebagian perempuan tidak menyukai warna pink. (Subjek: perempuan, Predikat: pink)
  3. Setiap manusia pasti membutuhkan kasih sayang. (Subjek: manusia, Predikat: kasih sayang)
  4. Jakarta adalah ibukota Republik Indonesia. (Subjek: Jakarta, Predikat: ibukota Republik Indonesia)
  5. Sebagian tumbuhan tidak dapat menghasilkan buah-buahan. (Subjek: tumbuhan, Predikat: buah-buahan)
  6. Semua manusia adalah makhluk hidup. (Subjek: manusia, Predikat: makhluk hidup)
  7. Manusia adalah makhluk omnivora. Subjek: manusia, Predikat: omnivora)
  8. Semua makhluk hidup pasti akan mati. (Subjek: makhluk hidup, Predikat: mati)
  9. Semua makhluk hidup pasti butuh makan. (Subjek: makhluk hidup, Predikat: makan)
  10. Sebagian perempuan menyukai warna merah muda. (Subjek: perempuan, Predikat: warna merah muda)


Demikianlah beberapa contoh proposisi proposisi tunggal dan ganda dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin menambahkan referensi di sekitar kalimat, pembaca dapat membuka elemen kalimat artikel dalam bahasa Indonesia, karakteristik kalimat dalam bahasa Indonesia, pola dan contoh kalimat dasar, jenis kalimat, jenis kalimat berdasarkan strukturnya, jenis kalimat berdasarkan fungsinya, jenis kalimat berdasarkan subjeknya, dan jenis kalimat berdasarkan elemennya. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca juga. Itu saja dan terima kasih.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar