Menanggapi Isi Laporan: Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan

Menanggapi Isi Laporan: Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan
Menanggapi Isi Laporan: Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan
Contoh Cara Menanggapi Isi Laporan dalam Bahasa Indonesia - Menanggapi laporan, kami biasanya menggunakan frasa tanggapan. Salah satu jenis kalimat ini dimaksudkan untuk menanggapi atau mengomentari masalah, termasuk isi laporan. Adapun jenis-jenis respon kalimat itu sendiri terdiri dari contoh-contoh kalimat respon positif dan contoh kalimat respon negatif. Kalimat respons positif dapat digunakan untuk menanggapi laporan secara positif, sedangkan kalimat tanggapan negatif digunakan untuk menanggapi laporan secara negatif. Selain menanggapi isi laporan, kalimat tanggapan juga dapat digunakan untuk menanggapi berbagai kalimat berita, contoh teks singkat, dan contoh teks penjelasan.

Selain menggunakan kalimat tanggapan, laporan juga harus ditangani dengan cara-cara berikut:

  • Susun kalimat tanggapan yang berisi sikap pembaca terhadap laporan tersebut.
  • Berikan alasan yang sesuai dengan tanggapan.
  • Tentukan bagian bagian laporan yang hendak ditanggapi.
  • Tuliskan sikap pembaca terhadap laporan yang ditanggapi.


Untuk mengetahui bagaimana cara menanggapi isi laporan, berikut disajikan contoh cara menanggapi isi laporan dalam bahasa Indonesia.

Laporan Kegiatan Program Kegiatan Pengenalan Kampus

Program Kegiatan Pengenalan Kampus sudah selesai dilaksanakan, mulai dari tanggal 2 hingga 9 September 2017.  Adapun panitia yang terlibat di acara ini terdiri atas 20 dosen, 57 orang mahasiswa dari berbagai lembaga kemahasiswaan dan UKM, dan 27 orang pembantu umum atau cleaning service. Selain itu, jumlah mahasiswa yang mengikuti program ini adalah sebanyak 1.500 orang. Untuk tahun ini, anggaran yang dikeluarkan adalah sebesar 100 juta rupiah. Setelah dihitung-hitung, dana yang terpakai baru 75 juta rupiah.

Secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan lancar, meskipun banyak faktor non-teknis yang terjadi selama kegiatan berlangsung, seperti para peserta yang pingsan, mengikuti kegiatan hanya selama setengah hari karena keperluan, dan lain sebagainya. Berbagai tempat kegiatan, seperti kelas, Gedung Serba Guna, dan masjid kondisinya baik-baik saja meski sedikit kotor karena kegiatan yang dilakukan. Sebagai antisipasi, tempat-tempat tersebut akan kami bersihkan.

Demikianlah laporan yang kami sampaikan ihwal Program Kegiatan Pengenalan Kampus.

Cara menanggapi isi laporan:

Tentukan bagian laporan yang hendak ditanggapi: rincian laporan.
Sikap terhadap isi laporan: laporan sudah baik, namun laporan rinciannya kami tunggu.
Susunan kalimat tanggapan terhadap isi laporan: secara keseluruhan, laporan yang diberikan dapat dimengerti. Hanya saja, laporan yang diberikan harus diperinci lagi, agar saya mengetahui dengan jelas dan mendalam mengenai kegiatan tersebut.
Alasan di balik sikap tersebut: Sebab, laporan ini nantinya akan menjadi acuan untuk kegiatan serupa di waktu yang akan datang. Oleh karenanya, laporan di atas mesti dibuat lagi secara rinci.
Bentuk Kalimat Tanggapan:

Menanggapi isi laporan tersebut, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan berkenaan laporan tersebut, yakni:

Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih atas laporan yang telah diberikan. secara keseluruhan, laporan yang diberikan dapat dimengerti. Hanya saja, laporan yang diberikan mestinya dapat diperinci lagi, agar saya dapat mengetahui dengan jelas dan mendalam mengenai kegiatan tersebut. Sebab, laporan ini nantinya akan menjadi acuan untuk kegiatan serupa di waktu yang akan datang. Oleh karenanya, laporan di atas mesti dibuat lagi secara rinci.


Jadi Demikian penjelasan dan contoh bagaimana menanggapi isi laporan dalam bahasa Indonesia. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang frasa respons, pembaca dapat membuka contoh artikel tentang kalimat tanggapan dan saran. Semoga bermanfaat dan mampu meningkatkan wawasan pembaca. Itu saja dan terima kasih.