--> Skip to main content

Komputer / Laptop Tidak Bisa Booting - 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Tidak Bisa Booting dan Cara Mengatasinya. Ketika Anda menyalakan komputer, sebelum memasukkan Windows atau Sistem Operasi lain, komputer akan boot. Proses boot normal hanya berlangsung beberapa detik, tetapi kadang-kadang bisa sangat lama atau bahkan berhenti pada satu titik atau dapat dikatakan gagal untuk boot.

Jika layar komputer Anda hanya menampilkan latar belakang hitam dengan tulisan tertentu atau bahkan hanya berkedip-kedip kursor untuk waktu yang lama dan tidak ada tanda-tanda masuk ke jendela (logo windows tidak muncul) atau sistem operasi lainnya, pastikan komputer Anda gagal booting.
Komputer / Laptop Tidak Bisa Booting - 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketika hal-hal seperti itu terjadi, terutama ketika benar-benar harus menggunakan komputer, tentu cukup membuat kesal dan pusing. Sebelum mendatangkan para ahli, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Pertama-tama, tentu saja, dengan mengetahui penyebab komputer gagal boot. Kali ini, dosen akan membahas beberapa penyebab komputer tidak dapat mem-boot dan memandu bagaimana mengatasinya. Chek it out!

Masalah dengan Sistem Operasi

1. Serangan virus

Beberapa virus seperti Trojans dapat menyerang sistem file, merusak, mengubah, sampai menghapusnya. Untuk itu Anda harus menggunakan anvirus tepercaya untuk mengusir kedatangan virus-virus ini. Namun, virus dapat datang melalui berbagai cara yang tidak dapat kita harapkan.

Jika komputer Anda terkena virus, sampai tidak bisa boot, tentu saja langkah pertama yang harus Anda ambil adalah menghapus virus dan menyimpan data Anda. Berikut cara menghapus virus di komputer yang tidak bisa di-boot:


  • Masuk ke Windows/ system operasi lain dengan Save Mode. Caranya dengan menekan tombol F5 atau tombol lain yang bisa anda lihat pada pemberitahuan di layar ketika komputer baru saja mulai beroprasi.
  • Jalankan program antivirus, dan lakukan scan terhadap seluruh isi hardisk, terutama pada system C. Jika anda belum memiliki antivirus yang terinstall pada computer anda, anda bisa menginstallnya terlebih dahulu tetap melalui save mode, atau menggunakan software pihak ketiga.
  • Jika antivirus mendeteksi adanya virus/ malware/ spyware, segera lakukan pembersihan dengan menghapus atau mengkarantinanya. Lalu restart computer kembali.
2. File Sistem Operasi Rusak atau Corrupt


Kegagalan registrasi pada sistem operasi dapat disebabkan oleh virus, malware, proses instalasi perangkat lunak yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, atau karena konflik perangkat keras (driver yang tidak kompatibel). Ini bisa diatasi dengan merepair windows / sistem operasi lain yang Anda gunakan.

Tetapi penyebab registery lost / corrupt juga bisa terjadi karena motherboard sudah lemah / rusak. Merepair OS hanya akan menyelesaikan masalah sementara, Anda harus menggantinya untuk menyelesaikan masalah. Cara Memperbaiki Sistem Operasi Windows, dkk.

  • Masuk ke menu BIOS dengan cara menekan tombol F2 atau tombol lain seperti yang tampil pada pemberitahuan di layar. (Baca: Jenis Jenis BIOS)
  • Ubah Boot Option, pastikan First Boot adalah DVD/ USB (bergantung jenis instalasi windows yang akan anda gunakan)
  • Setelah itu save dan exit bios, lalu system operasi akan kembali berjalan.
  • Pastikan DVD/ USB instalasi Windows/ Sistem Operasi lain sudah terpasang, lalu segera tekan tombol sembarang ketika muncul pesan”Press Any Key to Boot from DVD” atau USB.
  • Pilih opsi Repair Windows untuk me-repair Sistem Operasi, lalu tunggulah hingga proses selesai.
3. Kesalahan pada Software/ Drivers yang terinstall

Kesalahan ini dapat terjadi jika Anda menginstal perangkat lunak dengan Sistem Operasi yang digunakan oleh komputer / driver Anda yang tidak kompatibel dengan perangkat keras yang terpasang, atau bisa juga jika Anda tidak menyelesaikan melakukan pengunistallan perangkat lunak tertentu. Meski jarang, masih perlu diwaspadai.

Jika ada kesalahan instalasi yang mungkin (tidak kompatibel), Anda harus ingat perangkat lunak terakhir yang Anda instal sebelum komputer menjadi tidak dapat di-boot. Ini diperlukan, sehingga Anda dapat yakin perangkat lunak mana yang harus Anda copot untuk memperbaiki boot gagal.

Cara untuk mengunistall software pada komputer yang gagal booting:

  • Jalankan Komputer menggunakan Save Mode. Caranya dengan menekan tombol F5 atau tombol lain yang bisa anda lihat pada pemberitahuan di layar ketika komputer baru saja mulai beroprasi.
  • Setelah masuk save mode, buka Contol Panel > Uninstall Program lalu pilih software yang terakhir anda install tersebut, atau jika tidak ingat, pilihlah software yang mencurigakan lalu segera tekan pilihan untuk meng-uninstall software tersebut.
  • Setelah proses uninstall software berhasil, Restart komputer anda kembali, lalu biarkan system windows berjalan dalam mode normal. Jika gagal booting memang terjadi karena adanya software yang tidak kompatibel, niscaya komputer anda akan kembali berjalan sebagai mana mestinya.
Masalah pada Hardware

1. Masalah pada Hardisk
Jika setelah boot komputer, booting berhenti dengan kata-kata "Disk Boot Failure ...." Di layar komputer Anda, maka masalah terjadi pada akses data pada hard drive Anda. Ini bisa menjadi kabel data pada hard drive yang rusak, atau lebih buruk lagi, hard drive Anda rusak.

Hard drive adalah penyimpanan semua data termasuk file Sistem Operasi. Jika ada masalah pada hard drive atau ternganggunya akses data pada harddisk, maka akan mengakibatkan Sistem Operasi pada komputer tidak berjalan dengan baik, termasuk gagal booting.

Untuk memastikan, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut:

  • Pertama pastikan tidak ada DVD atau USB Sistem operasi yang terpasang, jika ada coba lepas dan restart komputer. Lakukan langkah kedua jika ‘Disk Boot Failure…” masih muncul di layar
  • Periksa sambungan kabel data hardisk, pastikan terpasang dengan benar. Jika masih bermasalah, coba anda ganti kabel tersebut, jika masih bermasalah juga, maka kemungkinan besar hardisk anda bermasalah.
  • Ganti hardisk anda dengan yang lain, jika bisa berjalan dengan baik berarti masalah memang ada pada hasdisk anda. Gantilah hardisk anda segera sebelum anda semakin memperparah kerusakannya. 
2. Masalah dengan RAM

Jika RAM rusak, layar bahkan tidak akan muncul. Tetapi Anda dapat memeriksanya dengan mencoba memindahkan RAM ke soket lain (jika ada dua soket RAM di komputer Anda). Instal salah satu RAM secara bergantian jika Anda memiliki dua RAM. Sebelumnya cobalah untuk membersihkan pin tembaga pada RAM menggunakan penghapus untuk pensil. Pastikan RAM terpasang dengan benar.

3. Hardware mengalami Overheating

Overheating dapat terjadi jika Anda memaksa komputer Anda bekerja keras untuk waktu yang cukup lama, tanpa istirahat. Overhating dapat merusak komponen-komponen yang ada di komputer, perangkat keras yang paling rentan mengalami panas adalah prosesor. Bersihkan debu di komputer, terutama pada saluran angin dan heatsink.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar