--> Skip to main content

Komputer Generasi Kelima : Pengertian, Perkembangan, Komponen dan Contohnya

Komputer Generasi Kelima – Pengertian, Komponen dan Contohnya. Teknologi komputer terus berkembang dari generasi ke generasi. Setiap generasi komputer memiliki perbedaan dalam banyak hal, salah satunya dalam hal komponen. Komputer generasi pertama menggunakan Tabung Vakum, komputer berbasis Transistor generasi kedua, komputer berbasis-IC generasi ketiga (Sirkuit Terpadu), komputer generasi keempat yang didasarkan pada mikroprosesor VLSI (Integrasi Skala Sangat Besar), dan komputer saat ini digunakan, yang berbasis kelima Mikroprosesor ULSI (Ultra Large Scale Integration).

Hingga saat ini perkembangan komputer masih berjalan. Peningkatan dan pengembangan teknologi komputer masih terus dilakukan. Inovasi di berbagai sisi komputerpun masih dibuat. Mungkin sekarang kami merasa teknologi yang kami miliki sangat canggih dan memenuhi apa yang kami butuhkan. Tetapi di tempat lain, para ilmuwan dan sejenisnya masih belum puas dan terus bereksperimen untuk menghasilkan teknologi yang lebih canggih. Mungkin segera komputer generasi keenam akan muncul untuk menggantikan teknologi komputer saat ini.
Komputer Generasi Kelima : Pengertian, Perkembangan, Komponen dan Contohnya
Packard Bell iXtreme 4140i

Saat ini kita hidup di zaman di mana komputer generasi kelima digunakan. Generasi di mana komputer digunakan secara luas di seluruh dunia dan dimiliki oleh miliaran pengguna. Bahkan, sebagian besar keluarga kelas menengah dan atas di seluruh dunia setidaknya memiliki komputer di rumah. Meski belakangan penggunaan komputer sedikit bergeser dengan smartphone, tetapi jumlah pengguna komputer masih sangat besar. Dalam artikel ini akan membahas tentang komputer generasi kelima.

1. Pengertian dan perkembangan Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima adalah komputer yang mulai menggunakan mikroprosesor dengan teknologi ULSI. Teknologi yang memungkinkan pemadatan 10 juta komponen dalam mikroprosesor. Komputer ini mulai berkembang sejak tahun 1980 hingga saat ini. Fitur lain dari komputer generasi kelima adalah penggunaan pemrosesan paralel (pemrosessan secara paralel) dan Artificial Intelligence (Artificial Intelligence).

Dengan pemrosesan paralel, komputer akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pemrosesan dengan sangat cepat. Karena itu menggunakan beberapa buah prosesor yang bisa bekerja bersamaan secara paralel. Untuk Artificial Intelligence (AI) pada generasi kelima masih dalam tahap awal (AI level rendah), belum digunakan secara maksimal karena masih dalam tahap pengembangan. Contoh kecerdasan buatan yang ada seperti 'pengenalan wajah' digunakan dalam kamera atau program pengeditan foto (lihat juga: bahaya virus komputer).

Dari segi bentuk, komputer generasi keenam masih mirip dengan komputer generasi keempat. Ini terdiri dari monitor untuk menampilkan display, CPU (Central Pricessing Unit) di mana berbagai perangkat keras inti komputer disimpan, serta keyboard dan mouse sebagai perangkat input. Semuanya fisik, tetapi memiliki ukuran lebih kecil dan bobot lebih ringan. Juga dalam hal kecanggihan, pada komputer generasi kelima telah muncul komputer dengan layar sentuh. Jadi bahkan tanpa keyboard atau mouse, kita dapat memasukkan data ke komputer dengan mudah.

Dari segi bahasa pemrograman, masih menggunakan bahasa tingkat tinggi yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Muncul juga bahasa pemrograman baru, perkembangan bahasa pemrograman sebelumnya yang lebih mudah dipahami dan lebih praktis. Tetapi masih dalam bentuk bahasa tingkat tinggi. Untuk generasi mendatang, dengan pengembangan kecerdasan buatan, bukan tidak mungkin untuk memunculkan komputer tanpa program (komputer tanpa program).

Kinerja komputer generasi kelima juga jauh lebih baik dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya. Dengan komputer paralel serta teknologi superkonduktor yang dapat mengalirkan informasi elektronik tanpa hambatan dalam kecepatan tinggi, efisiensi dan efektivitas kinerja komputer meningkat. Kualitas grafik yang ditampilkan juga semakin baik. Kapasitas penyimpanan, baik hard drive internal maupun eksternal, mencapai ukuran terrabyte. Kapasitas RAM semakin besar, memungkinkan kinerja komputer yang lebih baik  fungsi memori virtual) ..

2. Komponen Komputer Generasi Kelima

Beberapa komponen yang mencirikan komputer generasi kelima antara lain:


  • Teknologi ULSI (Ultra Large Scale Integration), yang memungkinkan pemadatan hingga 10 juta komponen didalam sebuah mikroprocessor.
  • Artificial Intelegenca (AI) atau kecerdasan buatan. Komputer generasi kelima telah memanfaatkan AI, meskipun masih dalam tingkat rendah.
  • Parallel Processing, penggunaan lebih dari satu prosessor yang dapat bekerja bersama secara parallel.
  • Teknologi Superkonduktor (superconductor), yang memungkinkan aliran informasi dengan kecepatan tinggi.
  • Interface yang lebih user friendly. Misalnya mouse dengan sensor optik, mouse tanpa kabel (wireless), serta mouse sensorik. Monitor dengan layar sentuh juga telah banyak beredar di pasaran belakangan ini.
  • Hardware komputer yang lebih kecol, compact, ringan, dan relatif lebih murah namun tentunya lebih canggih.
  • Mulai dikembangkan natular language understanding; pengembangan teknologi yang memungkinkan komputer untuk dapat mengerti bahasa manusia.

3. Contoh Komputer Generasi Kelima

Jenis komputer generasi kelima termasuk komputer desktop, Laptop, NoteBook, UltraBook, dan ChromeBook. Komputer yang dibuat pada generasi kelima menggunakan arsitektur mikro prosesor x86 sebagai standar saat ini.

IBM PC 5150
PC IBM adalah sebutan untuk komputer buatan IBM. IBM PC 5150 adalah komputer pribadi pertama yang diproduksi secara massal oleh IBM. Diluncurkan pada 12 Agustus 1981, IBM PC 5150 dilengkapi dengan prosesor Intel 8088 16-bit, 63.5W power supply, dan 64 KB memori. Media penyimpanan dalam bentuk floppy disk drive 5,25 inci dengan 320 KB atau 360 Kb (baca juga: cara mencegah cybercrime).

PC IBM memiliki ROM yang dilengkapi penerjemah bahasa Microsoft Kaset BASIC. Jadi jika tidak ada sistem operasi yang dimuat, pengguna dapat melakukan pemrogramannya sendiri. ROM pada IBM PC 5150 juga dilengkapi dengan fungsi POST (Power-on Self Test), sehingga sistem akan memeriksa terlebih dahulu pada saat boot.

BM 5140 PC Convertible (laptop)
IBM 5140 PC Convertible adalah laptop pertama yang dipasarkan oleh IBM pada 2 April 1986. Laptop ini kurang berhasil di pasar karena kehilangan daya saing dengan produk lain yang memiliki kapasitas penyimpanan media yang lebih besar, prosesor lebih cepat, dan ukuran serta harga yang lebih murah. IBM 5140 tersedia dalam dua model /

Macintosh 128k
Macintosh adalah komputer yang diproduksi oleh Apple. Macintosh 128k adalah komputer pertama Apple, Inc. yang pertama kali diperkenalkan pada Januari 1984. Itu juga komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Selain CPU, Mac 128k juga dilengkapi dengan monitor CRT 9 inci, dan keyboard dan mouse.

Keuntungan dari Mac adalah bahwa itu selain memfasilitasi semua aspek perangkat keras; Apple juga menyediakan sistem operasinya. Jadi alih-alih menjual komputer kosong - tanpa sistem operasi seperti IBM-PC, Apple menjual komputer yang sudah memiliki sistem operasi yang terpasang di dalamnya. Tidak seperti produsen lain, Apple secara eksklusif membangun perangkat keras dan perangkat lunak komputer, juga mengatur desain dan harganya.

MacBook
Macbook adalah seri komputer portabel Macintosh dari Apple. Macbook pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006. Macbook menggunakan prosesor inti 2 Duo, dan merupakan transisi PowerPC ke Intel. Casing macbook yang tipis dan ringan namun memiliki kinerja yang baik dan daya tahan baterai yang cukup tahan lama menjadikan Macbook sebagai komputer apple terlaris hingga saat ini.

Selain 4 komputer di atas, ada banyak lagi contoh komputer generasi kelima. Misalnya komputer yang menggunakan prosesor Intel Pentium 1 hingga Pentium 4, atau keluaran terbaru saat ini, menggunakan intel i7. Beberapa artikel tentang komputer generasi kelima ini. sebagai referensi tambahan pada komputer generasi kelima, Anda juga dapat membaca ciri komputer generasi kelima dan kelebihan dan kekurangan komputer generasi kelima. Semoga bermanfaat. ^^
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar