--> Skip to main content

Kalimat aktif Intransitif – Pengertian, Ciri Ciri, dan Contoh Kalimat aktif Intransitif

Kalimat aktif Intransitif – Pengertian, Ciri, dan Contohnya. Kalimat Aktif Intransitif adalah kalimat yang subjeknya adalah subjek objek. Nama lain dari kalimat ini adalah kalimat dari tindakan atau kalimat pelaku. kalimat ini memiliki sejumlah tipe, yaitu: kalimat transitif, intransitif, transitif dan dwitransitif. Artikel ini hanya akan membahas salah satu kalimat aktif, yaitu kalimat aktif intransitif. Kalimat ini akan dibahas mulai dari definisi, karakteristik, dan contoh.

Pengertian Kalimat Aktif Intransitif

Ini adalah kalimat yang predikat menggunakan jenis kata kerja intransitif (kata kerja). Jenis kata kerja ini adalah jenis kata kerja yang tidak perlu disisipkan ketika kata kerja digunakan sebagai predikat suatu kalimat. Dengan demikian, pola kalimat ini adalah S-P. Namun, pola kalimat aktif intransitif juga dapat berpola S-P-Pel atau S-P-K. Jenis kalimat aktif ini tidak dapat dibentuk menjadi bentuk pasif seperti halnya kalimat aktif transitif.

Ciri-Ciri Kalimat Aktif Intransitif

Adapun ciri-ciri dari jenis kalimat aktif ini adalah:

  1. Selain merupakan verba intransitif, predikat pada jenis kalimat aktif ini juga berimbuhan ber-, ter-, ter-kan, dan ber-kan.
  2. Kalimatnya mempunyai pola dasar S-P, S-P-Pel, atau S-P-K.
  3. Objek tidak dikenai tindakan oleh subjek.
  4. Tidak dapat dijadikan kalimat pasif.
  5. Predikatnya merupakan verba intransitif.


Contoh Kalimat Aktif Intransitif

Adapun contoh-contoh dari kalimat aktif ini adalah sebagai berikut:

  1. Semua masalah telah terselesaikan secara baik-baik. (S= semua masalah, P= telah terselesaikan, K= secara baik-baik)
  2. Kedua sepeda motor itu saling bertabrakan. (S= kedua sepeda motor itu, P= saling bertabrakan)
  3. Kami bertemu dengannya di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (S= kami, P= bertemu, Pel= dengannya, K= di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat)
  4. Kami berbincang-bincang dengannya selama kurag lebih satu jam (S= kami, P= berbincang-bicang, Pel= dengannya, K= selama kurang lebih satu jam)
  5. Dia tertidur pulas di kamar tidurnya. (S= dia, P= tertidur, Pel= pulas, K= di kamar tidurnya)
  6. Aku terharu akan kebaikan hatinya. (S= aku, P= terharu, Pel= akan kebaikan hatinya)
  7. Rahmi terkulai lemah karena belum makan sejak tadi pagi. (S= RAhmi, P= terkulai, Pel= lemah, K= karena belum makan sejak pagi tadi)
  8. Agus Hidayat terpilih menjadi ketua OSIS SMAN 27 tahun ini. (S= Agus Hidayat, P= terpilih, K= menjadi ketua OSIS SMAN 27 tahun ini).
  9. Andi berlari. (S= Andi, P= berlari)
  10. Anak-anak bermain sepak bola (S= anak-anak, P= bermain, Pel= sepak bola)
  11. Rumah itu terbakar akibat arus listrik yang konslet. (S= rumah itu, P= terbakar, K= akibat aurs listrik yang konslet)
  12. Dia terlihat cantik hari ini. (S= dia, P= terlihat, Pel= cantik, K= hari ini)
  13. Tindak kejahatan mereka telah terekam oleh kamera  CCTV. (S= tindak kejahatan mereka, P= telah terekam, K= oleh kamera CCTV)
  14. Semua pelaku telah tertangkap oleh polisi. (S= semua pelaku, P= telah tertangkap, K= oleh polisi)
  15. Mereka bertengkar karena berselisih pendapat. (S= mereka, P= bertengkar, K= karena berselisih pendapat)



Dari uraian serta contoh di atas, bisa disimpulkan bahwa kalimat aktif intransitif adalah kalimat yang predikatnya berupaka verba intransitif yang tidak  perlu dibubuhkan oleh predikat. Pola dasar kalimat ini adalah S-P, S-P-Pel, dan S-P-K. Demikianlah pembahasan kalimat aktif intransitif kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pembaca sekalian. Terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar