Contoh Kata Pengantar Laporan Karya Tulis Ilmiah Yang Baik

Kata pengantar adalah bagian dari pengantar dalam makalah yang berisi ungkapan terima kasih dari penulis. Kata pengantar ada di setiap makalah dalam pendahuluan. Makalah ini meliputi buku, makalah, esai, skripsi, disertasi, surat kabar, tabloid, dll. Kata pengantar memiliki peran penting dalam makalah dan juga dalam buku, karena melalui kata pengantar penulis menyatakan rasa terima kasihnya untuk semua kontributor yang membantu menyelesaikan pekerjaan. Bantuan yang baik dalam konten, materi atau dalam bentuk motivasi.

Kata pengantar dalam makalah ilmiah tidak sama dengan pengantar dalam novel, kata pengantar dalam makalah ilmiah lebih rinci daripada pengenalan novel atau buku. Buku atau novel tidak selalu memiliki kata pengantar dalam pengantar seperti dalam novel klasik atau novel kuno.

Menulis kata pengantar untuk masing-masing makalah berbeda - baik sebuah karya berbentuk buku, esai, makalah, laporan, proposal, tesis, tesis, disertasi dan sebagainya.

Cara menyusun / menulis kata pengantar sehingga makalah, buku, laporan, tesis menjadi menarik bagi pembaca yang harus memenuhi bagian - bagian:

  1. Judul, judul yang diberikan yaitu “Kata Pengantar”. Penulisan judul posisinya di tengah atas, huruf kapital dan bercetak tebal.
  2. Ungkapan pujian kepada Allah/Tuhan atas kesehatan dan pencerahan-Nya sehingga makalah, skripsi, laporan tersebut terselesaikan dengan baik.
  3. cantumkan judul makalah atau laporan atau skripsi atau karya lain tersebut dicantumkan dalam pengantar. Letakkan judul tersebut setelah ungkapan rasa syukur.
  4. Tambahkan deskripsi sesingkat-singkatnya tentang karya ilmiah anda. Kemudian sertakan tujuan penyusunan buku, makalah, laporan, tesis, skripsi di paragraf.
  5. Ungkapan terima kasih terhadap pihak – pihak yang sudah membantu selesaikannya karya tersebut, disertai dengan penjelasan sumbangsih yang diberikan masing – masing kontributor secara rinci. Misalnya untuk guru, dosen,  tokoh dan lainnya tergantung tema karya tulisnya. Jangan lupa mencantumkan gelar pada nama kontributor – kontributor tersebut.
  6. paragraf penutupan dicantumkan ucapan terimakasih secara umum, harapan kepada pembaca dan permintaan kritik serta saran dari pembaca. Pada bagian ini usahakan tidak terlalu berlebihan atau terlalu percaya diri / sombong.
  7. Terakhir, cantumkan tanda tangan dan nama lengkap penulis disertai tempat dan waktu tanggal penyusunan tulisan tersebut, letakkan di sebelah kanan bawah.


Dalam penulisan kata pengantar usahakan memakai jenis font normal, misalnya jenis font time new roman, dengan ukuran font 12, dan tata paragraph “justify” (kecuali judul, tanda tangan dan nama lengkap).
Penulisan kata pengantar maksimal 5 paragraf saja, jangan terlalu panjang ataupun terlalu singkat.

Itulah cara maupun langkah-langkah membuat kata pengantar. Untuk mempermudah dalam memahami langkah-langkah pembuatannya, berikut contoh contoh kata pengantar.

1. Contoh Kata Pengantar untuk Proposal
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Alhamdulillah dengan semua kerendahan hati, penulis berdoa dan memuji kehadiran Allah, karena dengan izin, anugerah dan bimbingan-Nya, penulisan Proposal Pengadaan Buku untuk Perpustakaan Desa Ngabenrejo Grobogan.

Proposal Penulisan Proposal Pengadaan Buku ini ditujukan untuk Penerbit Pustaka Jaya. Pengadaan buku ini dimaksudkan agar anak-anak memiliki sarana untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Proposal Usulan Pengadaan buku ini didasarkan pada observasi, diskusi, wawancara dan keterlibatan langsung dalam rencana untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas buku di Perpustakaan Desa Ngabenrejo.

Penulis menyadari, keberhasilan penyusunan Proposal Pengadaan Buku ini tidak dapat dipisahkan dari dukungan dan bantuan dari banyak pihak yang telah memberikan masukan, semangat dan doa kepada penulis dalam menghadapi setiap tantangan, sehingga pada kesempatan ini penulis menyatakan terima kasih untuk:
Bapak Sugiyono, H. sebagai Kepala Desa Ngabenrejo, Grobogan.

Mr Samuri, sebagai RT di mana perpustakaan Desa Ngabenrejo.

Ibu Siti Rohmah Sebagai Penanggung Jawab Perpustakaan Desa.

Aktivis anak membaca buku di desa Ngabenrejo, Grobogan.

Serta berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan proposal ini, yang penulis tidak dapat sebutkan satu persatu

Akhirnya, penulis berharap Proposal Procurement Book ini dapat diberikan, dan tujuan kami untuk meningkatkan wawasan anak-anak dapat diwujudkan. Dalam penyajian Proposal Pengadaan Buku ini sadar penulis belum mencapai kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan koreksi dan saran yang konstruktif sebagai masukan untuk peningkatan dan peningkatan penulis di bidang sains.

Wasalamu’alaikum Wr.Wb.

Grobogan, 27 Februari 2016

Penulis

Ekarasi


2. Contoh Kata Pengantar Resensi Novel
KATA PENGANTAR

Dengan memuji ucapan syukur kepada hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menganugerahkan berkah dan hadiahnya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan resensi buku berjudul "Geserlah Pengpalsumu" ini secara tepat waktu.

Tulisan ini bertujuan untuk meninjau novel "Geserlah Palsumu" oleh Ekarasi. Slide Paleum Anda adalah novel ke-10 Ekarasi. Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membantu dalam penyelesaian tugas resensi ini.

Saya menyadari bahwa ulasan novel masih kurang sempurna. Jadi, dengan kerendahan hati penulis, pembaca dengan senang hati menawarkan saran dan kritik yang membangun. Penulis berharap resensi ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan memudahkan pembaca dalam memahami isi novel, tanpa menghabiskan banyak waktu untuk membaca novel.

Purwodadi, 14 November 2012

Fathur

3. Contoh Kata Pengantar Penerbit Novel
KATA PENGANTAR PENERBIT

Sejarah adalah guru kehidupan. Meskipun sosoknya sudah usang itu sering memberikan pencerahan. Membaca sejarah dapat menyatukan orang-orang melawan kebijaksanaan. Pada titik yang paling spektakuler, sejarah yang tercantum dalam karya Ilahi yang disebut kitab suci bahkan dapat menuntun orang untuk tunduk kepada Tuhan mereka atas dasar iman.

Fiksi sebagai karya seni dapat lahir dari imajinasi. Namun, arti penting karya penulisan fiksi untuk pelestarian peradaban tidak dapat dikurangi hanya karena ia mengandung label sebagai buah imajinasi. Imajinasi dalam novel Jules Verne mampu membimbing para ilmuwan seperti J.D. Watson menemukan DNA, Auguste Pichard menemukan lampu neon. Penemuan lain seperti balon udara, kapal selam nuklir, hujan buatan, dan rudal, berhutang banyak pada imajinasi Verne.

Keteguhan pada komitmen moral kemudian diekspresikan melalui karya fiksi yang membuat orang-orang seperti Pramudya Ananta Toer, Gao Xingjian, dan Boris Pasternak diusir dari kesempatan untuk menjalani kehidupan yang alami. Atas nama karya-karya fiksi tokoh-tokoh ini harus rela hidup berantakan dengan semua kenelangsaannya.

Sejarah dan fiksi, dua hal besar, penting, kadang ekstrim, bahkan tidak masuk akal. Jadi, kemungkinan macam apa yang akan lahir dari sintesis dua hal hebat ini? Jelas, bukan hal sepele, apalagi kosong. Gajahmada dan Majapahit adalah ikon yang akan selalu hadir dalam sejarah panjang perjalanan bangsa. Hanya, mungkin tidak terlalu banyak yang tahu bahwa di balik kedua nama besar ini tersimpan cerita yang sangat menawan, penuh gejolak, dan menggugah.

Fakta historis ini dikaitkan dengan fiksi dengan kelahiran sebuah epik yang disebut Gajahmada. Eksplorasi historis ini akan memberi tahu Anda bahwa nama besar Majapahit tidak hanya terbangun karena wilayahnya, ketangguhan Gajahmada, pemerintahan Raden Wijaya, atau Jayanegara. Di balik semua kemegahan ada tentara elit bernama Bhayangkara yang kontribusinya membuat kita tahu Majapahit dengan semua

kebesarannya seperti sekarang ini. Terima kasih atas kontribusi berbagai pihak dalam penyelesaian novel fiksi ini, terutama bagi para penulis. Semoga karya ini bisa menjadi "teman" bagi Anda yang ingin melakukan pembacaan sejarah dan menikmati kebijaksanaan di dalamnya karena kehidupan manusia harus menjadi kehidupan yang menjadi sejarah.

Tiga Serangkai

4. Contoh Kata Pengantar untuk Skripsi

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

Puji Syukur penulis berdoa kepada Allah SWT yang telah memberikan anugerah dan hidayahnya agar penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Sholawat dan salam mungkin selalu dicurahkan kepada tuan kita nabi besar Muhammad SAW. yang telah membawa risalah Islam penuh dengan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu Islam, sehingga bisa menjadi bekal hidup kita baik di dunia maupun di akhirat.

Bagi penulis, penyusunan laporan skripsi berjudul "Model Integralistik Kurikulum" adalah tugas yang tidak ringan. Penulis menyadari banyak kendala yang dihadapi dalam proses penyusunan laporan ini, karena keterbatasan kemampuan penulis sendiri. Kalaupun pada akhirnya pekerjaan ini dapat diselesaikan tentu karena beberapa pihak yang telah membantu dalam penulisan skripsi ini. Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah memberikan bantuan mereka, terutama kepada yang terhormat:

Darmu'in, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Pelatihan Guru UIN Walisongo Semarang.

Mustopa, Ag., Sebagai Ketua Departemen PAI Fakultas Tarbiyah dan Pelatihan Guru UIN Walisongo Semarang.

Aang Kunaepi, M.Ag., sebagai mentor saya yang telah rela menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan arahan dan arahan dalam penyusunan skripsi ini.

Abdul Rohman, M.Ag., sebagai mentor II yang memiliki kesenangan untuk menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan arahan dan arahan dalam penyusunan skripsi ini.

Achmad Bashori, S.Pd., sebagai Kepala Yayasan Yayasan Islam Dasar Integral Luqman al-Hakim Purwodadi Grobogan.

Mukhlisin, S.Pd.I., sebagai Kepala Sekolah Dasar Islam Integral Luqman al-Hakim Purwodadi Grobogan.

Deputi Kurikulum dan dosen Sekolah Dasar Islam Integral Luqman al-Hakim Purwodadi Grobogan.

Keluarga dan teman-teman yang telah memberikan motivasi dan dukungan untuk penyelesaian laporan penelitian ini.

Tidak ada yang bisa diberikan penulis kepada mereka selain doa yang tulus dan tulus bahwa amal baik mereka akan diterima dan menerima balasan yang lebih baik dari Allah SWT. Jangan lupa saran dan kritik yang sangat konstruktif penulis harapkan dari pembaca untuk kesempurnaan skripsi ini.

Akhirnya penulis berharap bahwa makalah ini bermanfaat bagi para penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Amin.

Semarang, 06 September 2013

Ekarasi

5. Contoh Kata Pengantar untuk Laporan Penelitian

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis berdoa kepada hadirat Allah SWT. yang telah menganugerahkan rahmatnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan penelitian ini yang merupakan syarat yang harus dipenuhi agar dapat memperoleh beasiswa penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Walisongo Semarang.

Sholawat dan salam saemoga selalu dicurahkan kepada tuan kita nabi besar Muhammad SAW. yang telah membawa risalah Islam penuh dengan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu Islam, sehingga bisa menjadi bekal hidup kita baik di dunia maupun di akhirat.

Suatu kebahagiaan tersendiri, jika suatu penelitian dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Bagi penulis, penyusunan laporan penelitian ini adalah tugas yang tidak ringan. Penulis menyadari banyak kendala yang dihadapi dalam proses penyusunan laporan ini, karena keterbatasan kemampuan penulis sendiri. Bahkan jika pada akhirnya pekerjaan ini dapat diselesaikan tentu karena beberapa pihak yang telah membantu dalam menulis laporan ini.

Kepada penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, terutama kepada yang terhormat:

Dr. H. Muhibbin, M. Ag., Sebagai Rektor IAIN Walisongo Semarang

Lift Anis Ma'shumah, M.Ag. sebagai mentor yang memiliki kesenangan untuk menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan arahan dan arahan dalam penyusunan laporan ini.

Muhsoni sebagai pengurus Pondok Pesantren Modern Bina Insani Semarang

Munzaini, S. Ag, M.Pd.I sebagai kepala sekolah SMP dan SMA Bina Insani Semarang

Sahabat-sahabat yang telah memberikan motivasi dan dukungan untuk ketidakpuasan dari laporan penelitian ini.

Tidak ada yang bisa diberikan penulis kepada mereka selain doa yang tulus dan tulus bahwa amal baik mereka akan diterima dan menerima balasan yang lebih baik dari Allah SWT. Jangan lupa saran dan kritik konstruktif yang penulis harapkan dari pembaca untuk kesempurnaan laporan penelitian ini.

Akhirnya penulis berharap bahwa makalah ini bermanfaat bagi para penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Amin.

Semarang, 06 September 2013

Penulis

6. Contoh Kata Pengantar untuk Makalah
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami berdoa kepada Tuhan YME karena Rahmat dan Rahmat-Nya kami dapat menyusun makalah berjudul "Sejarah penemuan Internet" secara tepat waktu, untuk memenuhi tugas kelompok kursus Sejarah Internet, Fakultas Pendidikan Elektronika dan Teknik Informatika, UNY.

Dalam membuat makalah ini, kami memiliki banyak kendala dan tantangan tetapi dengan dukungan berbagai pihak, tantangannya dapat dipecahkan. Oleh karena itu, tim penyusun ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Untuk itu penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan, terutama kepada Dosen Pengurus yang terhormat, DR. Indarto, S. Si., M.T., dan rekan-rekan dari kelompok yang menyusun makalah ini. Semoga kontribusinya dihargai dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tim konstituen sadar bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan dalam hal persiapan dan isinya. Kritik dan saran dari pembaca kami berharap untuk kesempurnaan makalah berikutnya.

Akhirnya, harapan kami dari makalah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan kita semua.

Yogyakarta, 27 Oktober 2016

Tim Penyusun


Pembuatan kata pengantar untuk keperluan apapun baik makalah, novel, skripsi, buku, proposal dll pada dasarnya dengan format yang sama namun dengan konten yang berbeda. Kata pengantar dalam karya – karya tersebut pastilah mengandung ungkapan terimakasih penulis ataupun penyusun kepada pihak – pihak yang melancarkan penulisan karya tersebut. Semoga contoh kata pengantar karya ilmiah dalam tulisan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kata Pengantar Laporan Karya Tulis Ilmiah Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel