--> Skip to main content

Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer / Laptop Sampai Bersih

Cara Menghapus Virus Shortcut di Laptop Secara Permanen. Shortcut virus, adalah salah satu jenis virus yang mengganggu aktivitas kita sehari-hari, terutama jika kita membutuhkan akses data dengan cepat. Pasalnya, virus ini bekerja dengan menyembunyikan file asli dari komputer kita dan kemudian membuat file duplikat, dengan nama yang sama persis, hanya dalam bentuk shortcut. Akhirnya, bagi kita yang tidak tahu apa-apa, seolah-olah file penting kita hilang dari komputer dan apa yang terjadi adalah panik, meskipun jalan Shortcut virus yang sebenarnya secara umum tidak akan merusak file, tetapi hanya menyembunyikannya dengan mengubah file untuk memiliki atribut super tersembunyi. Oleh karena itu untuk komputer yang tidak diatur untuk menampilkan file yang super tersembunyi, tentu saja file asli tidak akan terlihat.

Meskipun hanya menyembunyikan file, tetapi virus ini terbukti mengganggu kita, bahkan sangat merepotkan karena kita harus melihat-lihat di mana file asli kita disembunyikan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui cara menghapus shortcut virus di laptop secara permanen sehingga kita tidak perlu lagi berurusan dengan virus yang menjengkelkan ini. Pada artikel ini kita hanya akan membahas cara menghapus virus dan mungkin beberapa tips untuk mencegah penularan virus ini. Sementara itu, untuk mengembalikan atribut file yang disembunyikan oleh shortcut virus tidak akan dibahas dan Anda dapat belajar di artikel lain.

Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer / Laptop Sampai Bersih

Nah, mari kita bahas cara menghapus shortcut virus di laptop secara permanen. Sudah siap kan? Silakan lihat di bawah ya!

1. Menginstall antivirus

Saat ini, antivirus telah berkembang dengan sangat baik dan relatif mudah untuk mengenali dan menangani shortcut virus yang ada di laptop atau komputer Anda. Dengan menggunakan antivirus yang baik, memiliki pembaruan basis data virus, dan sebagainya, akan memudahkan Anda dalam mengenali berbagai jenis shortcut virus yang mungkin tersebar di laptop atau di flashdisk Anda. Oleh karena itu, siapkan antivirus terbaik yang Anda pikir untuk melawan virus Shortcut ini.

2. Melakukan scanning

Langkah kedua adalah memindai drive dengan menggunakan antivirus yang telah kami instal. Lakukan proses pemindaian menyeluruh, pada semua disk drive sehingga dapat dipastikan semua hard drive atau perangkat penyimpanan data lainnya telah diperiksa dan dipastikan ada atau tidak ada shortcut virus di dalamnya.

Setelah proses pemindaian selesai, sebuah laporan akan muncul pada beberapa virus yang ditemukan, di mana jenis, di mana file induk, dan sebagainya. Anda dapat menghapus atau memilih opsi perbaikan dan semacamnya dari antivirus Anda untuk membersihkan virus sepenuhnya. Tenang saja, bahkan jika file virus dihapus, file yang kita miliki tidak akan hilang. Karena shortcut virus ini tidak menginfeksi file tetapi hanya menyembunyikan file saja.

3. Menghapus bekas-bekas file virus di perangkat penyimpanan.

Setelah melakukan scan dan menghapus file virus yang ditemukan melalui scanning antivirus, maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menghapus file virus di perangkat penyimpanan yang kita miliki, baik harddisk, flashdisk dan lain sebagainya. Ini perlu kita lakukan karena setelah virus dihapus biasanya masih ada file shortcut yang ditinggalkan oleh induk virus sehingga kita perlu membersihkan lebih jauh.

Cara membersihkan file virus yang tersisa sangat mudah, kita hanya perlu membuka lokasi perangkat penyimpanan yang kita miliki melalui Windows Explorer. Jika virus ini menyerang flash kita, maka jangan lupa untuk melihat di mana lokasi flash drive, apakah di E, F, atau di G atau yang lainnya. Ingat, jangan sampai salah memilih drive, karena kalau salah ya kita tidak akan bisa menemukan file virus yang tersisa di flashdisk.

4. Batch delete.

Setelah menemukan flash drive, maka hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membuka CMD atau command prompt pada drive, dengan menekan klik kanan sambil menekan tombol Shift, sehingga jendela Open command muncul di sini ... Klik menu , dan setelah jendela command prompt terbuka, ketik perintah "del * .lnk s / d /" (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter. Jika dengan perintah yang terjadi adalah kesalahan, maka Anda cukup menghapus perintah "s / d /" dan tekan enter lagi.

Nah, setelah langkah-langkah di atas yang Anda lakukan, maka seharusnya virus shortcut di laptop Anda telah hilang secara permanen dan tidak perlu khawatir lagi akan muncul dan keisengannya yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang shortcut virus yang menyerang komputer Anda.

Selanjutnya kita juga harus memastikan bahwa virus ini tidak akan kembali menyerang laptop atau komputer kita, atau flash yang kita miliki. Sebenarnya cara untuk memastikan komputer atau laptop kita tidak diserang oleh virus ini adalah dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi dan mencegah jalan virus Shortcut tidak dapat menyerang laptop atau komputer yang kita miliki di rumah atau di tempat kerja Anda.

1. Matikan autorun. Nonaktifkan fitur autorun pada drive yang dapat dilepas. Seperti kita ketahui,  virus Shortcut sangat cepat perkembangannya karena mengandalkan fitur autorun yang membuat Windows langsung menjalankan perintah tertentu sesuai dengan apa yang dituangkan dalam perintah autorun yang ditulis di autorun.inf yang ada di flashdisk atau removable drivemu lainnya. Dengan menonaktifkan fitur ini, Anda dapat mengurangi risiko tertularnya shortcut virus secara efektif.

2. Bersiaplah dengan Antivirus. Gunakan antivirus yang melindungi terhadap serangan virus atau tindakan yang memanfaatkan fitur autorun. Kadang-kadang bahkan jika kita telah menonaktifkan fitur autorun, tetapi ketika kami membuka flashdisk kami melalui Windows Explorer, perintah atau perintah yang terdapat dalam virus masih dapat dijalankan meskipun kami tidak ingin itu terjadi. Untuk mencegah hal ini terjadi pada laptop atau komputer Anda, Anda dapat mengambil keuntungan dari antivirus tertentu yang dapat melindungi komputer Anda dari virus seperti antivirus lokal seperti SMADAV, PCMAV, atau antivirus eksternal seperti AVG, AVAST, ESETNOD32 atau menggunakan firewall plus aplikasi antispyware seperti Comod Firewall dan lain sebagainya.

3. Rajin memeriksa file di komputer. Rajin memindai file pada flashdisk atau harddisk. Karena file virus dapat diselesaikan di flashdiskmu dan ditransmisikan dari komputer lain tanpa Anda mengetahui bahwa file tersebut adalah virus dan secara tidak sengaja mengaktifkannya.

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi shortcut virus yang bisa Anda terapkan secara mandiri. Semoga dengan informasi di atas Anda dapat mengatasi shortcut virus yang mungkin menyerang laptop atau komputer Anda di rumah ya! Jangan lupa untuk membaca di DosenIT yang akan memberikan Anda informasi terbaru dan terbaik tentang dunia komputer dan teknologi informasi. Sampai jumpa lagi!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar