--> Skip to main content

Cara Mengembalikan File Yang Sudah Dihapus Permanen di Laptop / Komputer

Apakah Anda tidak sengaja menghapus file penting dari komputer Anda? File penting seperti, sekolah (jika Anda seorang siswa), skrip skripsi (jika Anda adalah mahasiswa / semester akhir), file laporan bulanan (jika Anda seorang karyawan), atau mungkin foto momen penting Anda dengan teman atau keluarga.

Itu menyebalkan bukan? Ya, jadi dari itu saya akan mencoba berbagi ilmu walaupun sangat sedikit tapi semoga bermanfaat. :

1. Periksa Recycle bin

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows dan tidak sengaja menghapus file yang penting bagi Anda, selalu periksa Recycle Bin (jika Anda menggunakan sistem operasi Macintosh atau Linux, periksa Sampah). Umumnya Recycle Bin dapat ditemukan di Desktop, Recycle Bin secara default icon tempat sampah, double-click Recycle Bin kemudian cari nama file yang ingin Anda kembalikan, klik kanan pada file lalu pilih restore, kemudian file akan kembali ke tempat asal
Cara Mengembalikan File Yang Sudah Dihapus Permanen di Laptop / Komputer

Jika Anda lupa darimana file tersebut berasal, Anda dapat mengklik kanan file tersebut dan memilih memotong, lalu menempelkannya di tempat yang Anda inginkan (misalnya di My Documents). Namun kapasitas Recycle Bin terbatas, Anda dapat mengklik kanan pada Recycle Bin dan memilih Properties untuk memeriksa dan menyesuaikan kapasitasnya.

Jika Anda tidak menemukan file yang Anda cari di Recycle Bin. Kemudian jangan gunakan komputer Anda, jangan menyimpan, menghapus, atau memindahkan file apa pun. Hal ini dimaksudkan bahwa Hard Disk Drive (memori penyimpanan utama di komputer Anda, jika Anda tidak menggunakan Solid State Drive) tetap dalam keadaan semula, jika Anda menggunakan komputer Anda (menyimpan, menghapus, memindahkan file) dikhawatirkan yang dihapus file akan "ditimpa" oleh file sehingga meminimalkan kemungkinan mengembalikan data.

2. Recover data yang hilang dengan bantuan software

Salah satunya adalah Recuva, saya sarankan gunakan komputer lain untuk mengunduh, dan unduh versi portable / no-install (tidak perlu diinstal di komputer), Anda dapat mengunduh Recuva Portable Version di situs web resmi, masukkan aplikasi yang telah diunduh ke USB flash dan membuka aplikasi di komputer Anda sesuai dengan arsitektur sistem operasi yang Anda gunakan, untuk sistem operasi Windows 32-bit, buka recuva (.exe), jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 64-bit, buka recuva64 (.exe).

  • Langkah pertama, buka aplikasi Recuva


Ketika pertama kali dibuka, aplikasi Recuva akan menampilkan "Wizard", tetapi tidak memulai proses instalasi, klik "Next" untuk melanjutkan.

  • Langkah kedua, pilih jenis file (file type)


Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih "Tipe File" yang ingin Anda pulihkan. Umumnya ada Semua File, Gambar, Musik, Dokumen, Video, Terkompresi, dan Email. Mungkin di Recuva dengan versi yang berbeda akan menunjukkan opsi yang berbeda juga. Saya sarankan memilih satu (untuk menyederhanakan dan mempercepat proses pemulihan), misalnya jika Anda kehilangan file dokumen (yang Anda buat di aplikasi Office Word), atau file presentasi (yang Anda buat di aplikasi Office PowerPoint), lalu pilih opsi Dokumen , lalu klik "Berikutnya".

  • Langkah ketiga, pilih asal lokasi file yang hilang


Di layar berikutnya, Anda akan diberi opsi asal file yang hilang, apakah dari kartu media (MicroSD, MMC, Flashdisk, dll.), Dari My Documents, dari Recycle Bin, atau dari folder tertentu, jika Anda tidak yakin file yang hilang akan datang, maka Anda dapat memilih opsi "Saya tidak yakin", maka Recuva akan mencari ke semua komputer (Drive, Folder, Sub-folder, bahkan Flashdisk dan Removeable Drive lainnya yang terhubung) ini pasti akan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, saya sarankan Anda mengingat lokasi file sebelum dihapus atau hilang karena kecelakaan.

Saya berasumsi file yang Anda cari berasal dari folder My Documents, lalu pilih opsi My Documents lalu klik next.

  • Langkah keempat, mau menggunakan fitur Deep Scan atau tidak?


Satu langkah lagi hingga proses pencarian dan pemulihan dimulai, Anda tinggal memutuskan apakah akan menggunakan fitur Deep Scan atau tidak, dengan mengaktifkan fitur Deep Scan akan meningkatkan kemungkinan hilangnya data dapat ditemukan dan dipulihkan, dengan konsekuensi waktu yang lebih lama (bisa sampai hitungan jam) tergantung ukuran memori (hard disk drive) di komputer target. Tetapi jika data tidak lama hilang dan tidak ada (atau setidaknya tidak terlalu banyak) aktivitas komputer seperti membuat file baru, menghapus file atau memindahkan file, fitur Deep Scan mungkin tidak perlu diaktifkan.

Bagi Anda yang tidak yakin apakah akan mengaktifkan fitur Deep Scan atau tidak, saya sarankan jangan aktifkan untuk mempercepat proses pencarian dan pemulihan, jika data yang Anda cari tidak ada setelah Pemindaian, kemudian ulangi langkah 4 ke langkah 8 dengan mengaktifkan fitur Deep Scan sangat mungkin.

Oke, sekarang klik "start" untuk memulai proses "scanning drive", tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai.

  • Langkah kelima, mulai “evakuasi” data yang ditemukan.


Ketika proses selesai, Recuva akan menampilkan daftar Dokumen yang dihapus dari My Documents (perhatikan bahwa dalam tutorial ini file yang dipilih adalah Dokumen dan lokasi file tersebut dari My Documents).

Perhatikan nama file dalam daftar, ada tiga indikator warna di samping nama file, ada merah, kuning, dan hijau. Indikator lampu lalu lintas serupa ya? Memang fungsinya hampir sama, karena warna merah menandakan file tidak dapat dipulihkan lagi, karena banyak alasan salah satunya adalah file sudah lama hilang dan selama periode hilang hingga pemindaian sudah terjadi banyak aktivitas di komputer. Warna kuning menunjukkan file masih dapat dipulihkan tetapi kemungkinan besar dalam keadaan tidak utuh (corupt atau rusak), sedangkan indikator hijau menunjukkan file tersebut dapat dipulihkan dengan kemungkinan besar utuh.

Temukan nama file yang ingin Anda pulihkan, jika ditemukan kotak centang klik (kotak centang) di sebelah kiri nama file yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda tidak menemukan file tersebut, Anda mencari langkah-langkah pengulangan 1 hingga langkah 8 dengan mengaktifkan fitur Pindai Jauh dan kemudian ulangi proses Pemindaian Drive.

Saya berasumsi Anda telah menemukan file yang Anda cari dengan indikator hijau di sebelah kiri. Setelah kotak centang Anda mengklik, lalu klik "memulihkan" yang ada di kanan bawah aplikasi.

  • Langkah keenam, simpan data hasil recover


Anda akan diminta untuk memilih lokasi file yang dipulihkan, file akan disimpan di lokasi yang Anda pilih dalam opsi ini, misalnya saya pilih MyDocuments, lalu klik Ok. maka proses pemulihan akan dimulai.

  • Langkah ketujuh, periksa “kesehatan” data


Setelah proses pemulihan selesai, Anda dapat memeriksa folder My Documents, mencari nama file yang sama yang Anda cari di aplikasi Recuva. Jika file terbuka dengan benar (seperti file dokumen), maka HAPPY, Anda telah berhasil melakukan pemulihan data yang dihapus.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar