--> Skip to main content

Cara Mengembalikan Data ( File,Video) yang Terhapus di Hp Android Dengan Mudah

Cara Mengembalikan Data ( File,Video) yang Terhapus di Hp Android Dengan Mudah. Terkadang kita dapat secara tidak sengaja menghapus file penting atau data yang ada di Android. Khususnya bagi Anda yang sering menyimpan file dan data penting pada smartphone. Tentu saja tidak menyenangkan jika file-file penting yang Anda miliki tiba-tiba menghilang tanpa sengaja terhapus. Ada banyak faktor yang bisa membuat file di android dihapus dari kelalaian, hingga virus android paling berbahaya.

Jika Anda ingin mengembalikan data - datanya, Anda beruntung karena di sini saya akan mencoba berbagi cara mengembalikan data yang dihapus di android. Ketika Anda menyadari data atau file Anda terhapus pada perangkat android Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berhenti segera untuk menggunakan perangkat ini untuk sementara dan mencobanya sesegera mungkin untuk memulihkan data. Jika tidak kemungkinan besar data yang ada di perangkat android Anda akan mengalami overwrite dan Anda tidak akan bisa mendapatkan data lagi. Jika ponsel Anda terinfeksi virus ada baiknya Anda membersihkan virus dengan menghapus jenis-jenis malware di perangkat android Anda. Dengan begitu proses pemulihan data akan menjadi lebih mudah. Perlu diingat bahwa bahaya virus android mirip dengan bahaya virus komputer. Itu bisa membahayakan pengguna yang terinfeksi olehnya.
Cara Mengembalikan Data ( File,Video) yang Terhapus di Hp Android Dengan Mudah

Memulihkan data yang hilang di android tidak jauh berbeda dari cara memulihkan data yang hilang di pc. Untuk mengembalikan data yang hilang saat ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah. Ini karena telah tersedia banyak perangkat lunak pemulihan di internet dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Di android ketika Anda menghapus file, file akan dihapus secara permanen. Tidak seperti pada pc Anda yang akan memindahkan file yang dihapus ke fitur recycle bin sebelum dihapus secara permanen. Cara mengembalikan data yang dihapus di android sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengembalikan data flasdhisk yang dihapus. Hanya ini yang akan menggunakan aplikasi berbeda dengan sistem yang berbeda.

Berikut adalah cara mengembalikan data yang dihapus di android menggunakan aplikasi.

1 Mengembalikan data yang terhapus di android menggunakan aplikasi dumpster.
Aplikasi Dumpster bekerja mirip dengan cara kerja Recycle Bin di sebagian besar komputer. Dumpster adalah salah satu aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus pada perangkat android Anda. Dumpster juga sangat mudah digunakan berkat antarmuka yang ramah penggunanya.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memulihkan data yang dihapus di android. Berikut ini beberapa langkah untuk memulihkan file menggunakan aplikasi ini:


  • Pertama anda perlu mendownload dan menginstall aplikasi ini. Anda dapat mendownloadnya dari Google Playstore secara gratis.
  • Setelah berhasil didownload dan diinstall, buka aplikasi ini. Nanti akan muncul perintah yang meminta jenis file yang ingin anda kembalikan. Jika anda tidak mengetahui jenis filenya anda bisa memilih bagian”all” untuk mengambalikan semua jenis file yang pernah terhapus pada perangkat android anda.
  • Aplikasi ini kemudian akan melakukan scanning terhadap jenis file yang ingin anda kembalikan. Jika proses scanning file sudah selesai, nantinya akan muncul daftar file yang sudah terhapus
  • Diantara data yang terhapus disitu. Pilihlah file atau data yang ingin anda kembalikan.
  • Setelah anda memilih file atau data yang ingin anda kembalikan, anda bisa memilih bagian “Restore”. Untuk mengembalikan data yang terhapus tersebut ke perangkat android anda.


2. Mengembalikan data yang terhapus di Android menggunakan ES File Explorer.

Cara lain untuk mengembalikan data file yang terhapus adalah dengan menggunakan ES file Explorer. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi software file manager terbaik yang memiliki banyak fitur termasuk juga fitur Recycle Bin. Data – data penting yang mungkin terhapus dapat dikembalikan dengan menggunakan fitur ini.

Berikut merupakan cara menggunakan ES file Explorer untuk mengembalikan data yang terhapus pada perangkat android.


  • Yang pertama anda perlu lakukan adalah mendownload aplikasi ini dan kemudian menginstallnya. Silahkan download dari halaman resminya di Google Playstore.
  • Buka aplikasi ini dan pilih menu yang ada pada bagian sidebar sebelah kiri.
  • Setelah itu pilihlah bagian “Recycle Bin” dan kemudian tap untuk mengaktifkannnya.
  • Sekarang, jika anda ingin mengembalikan file yang terhapus, anda hanya perlu untuk men-tap Reycle Bin dari bagian side bar sebelah kiri dan aplikasi ini akan memunculkan semua file yang pernah anda hapus.

Itu tadi tentang cara mengembalikan data yang terhapus di android. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar