--> Skip to main content

Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dan Safe Mode (Restart Terus)

Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dan Safe Mode (Restart Terus). Laptop tidak dapat memasuki Windows dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kerusakan perangkat keras, perangkat lunak termasuk driver dan aplikasi yang diinstal pada laptop atau kesalahan pada sistem operasi Windows itu sendiri, jadi sebelum mengambil tindakan perbaikan apa pun harus terlebih dahulu mengidentifikasi gejala dan penyebab laptop tidak bisa masuk Windows, dalam diskusi ini kita akan membahas cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk Windows karena beberapa alasan, mudah-mudahan salah satunya bisa menjadi solusi untuk Anda.

1. Hard Disk Drive

Kerusakan pada hard disk drive adalah yang paling umum dan paling mungkin membuat laptop (bahkan PC desktop) tidak dapat masuk ke Windows, hard disk drive adalah tempat file sistem operasi Windows berada sehingga jika ada masalah pada hard disk Drive tentu saja akan sangat mempengaruhi kemampuan Windows dalam beroperasi.

Diagnosa

Jika Anda menemukan laptop Anda tidak bisa masuk Windows dan Anda mendengar suara "aneh" dari hard disk drive (berasal dari cakram di hard disk drive), maka mungkin ada kerusakan fisik pada hard disk yang membuat sistem operasi Windows tidak bisa untuk memuat (dimuat) dan akhirnya "terjebak" di layar boot (layar hitam sebelum memasuki Windows).

Tetapi tidak semua hard disk drive yang rusak membuat suara keras ketika hard disk drive beroperasi, dalam beberapa kasus yang saya temui, hard disk drive yang rusak parah kadang-kadang tidak terdengar "aneh" sehingga diagnosis tidak cukup hanya mengandalkan pada indera pendengar harus menggunakan bantuan perangkat lunak.


  • Download perangkat lunak “Hard Disk Sentinel” atau “HD Tune”
  • Install pada perangkat komputer lain yang dapat menyala normal (bersistem operasi Windows)
  • Cabut hard disk drive dari laptop yang bermasalah
  • Pasang “SATA to USB Converter” atau dapat menggunakan “HDD Enclosure USB” pada hard disk drive tersebut
  • Hubungkan hard disk drive (dengan antarmuka USB) ke perangkat komputer tersebut diatas
  • Jika Anda menggunakan Hard Disk Sentinel
  • Jalankan perangkat lunak Hard Disk Sentinel
  • Pastikan hard disk drive yang bersangkutan terseleksi (pada panel Hard Disk Sentinel sebelah kiri)
  • Anda dapat melihat “Performance” dan “Health” pada panel sebelah kanan (tab “Overview”)
  • Jika “Performance” atau “Health” kurang dari 100% (sekitar 70% kebawah) maka dapat dipastikan hard disk drive tersebut adalah penyebab laptop yang bersangkutan tidak bisa masuk Windows.
  • Jika Anda menggunakan HD Tune
  • Jalankan perangkat lunak HD Tune
  • Pastikan hard disk drive yang bersangkutan terseleksi (pada combo box/dropdown bagian atas)
  • Buka tab “Health”
  • Apabila salah satu status pada indikator “kesehatan” (health) hard disk drive berwarna kuning atau merah, maka dapat dipastikan hard disk drive tersebut adalah penyebab laptop yang bersangkutan tidak bisa masuk Windows
Cara mengatasinya

Kerusakan hard disk drive ke laptop biasanya mengarah pada penggantian hard disk drive dengan yang baru, itu karena kerusakan (terutama kerusakan fisik) pada hard disk drive sulit diperbaiki, tetapi tentu saja tergantung pada tingkat kerusakan yang dialami oleh hard disk drive, jika masih bisa di "akali" tentu tidak perlu membeli hard disk drive baru, selain untuk mengurangi biaya sekaligus mengoptimalkan fungsi hard disk drive jika masih bisa bekas.

Bad Sector adalah kerusakan hard disk drive yang paling umum (paling sering saya temui ketika menangani hard disk drive yang bermasalah), untuk menyelesaikan masalah bad sector pada hard disk drive dengan tingkat kerusakan yang tidak terlalu parah, Anda dapat mencoba trik berikut ini .

  • Hubungkan hard disk drive yang bermasalah menggunakan SATA to USB Converter atau HDD Enclosure USB pada komputer
  • Jalankan perangkat lunak HD Tune (Saya asumsikan Anda mengikuti langkah-langkah diagnosa diatas)
  • Pastikan hard disk drive yang bersangkutan terseleksi (pada combo box/dropdown bagian atas)
  • Buka tab “Error Scan”, klik tombol “Start” untuk memulai pemindaian.
  • Tunggu hingga proses pemindaian selesai.
  • Setelah selesai, HD Tune akan memetakan blok hard disk drive yang mengalami bad sector.
  • Asumsikan hasil pemindaian menunjukkan adanya sector yang rusak pada lima blok pertama.
  • Maka, skenario perbaikan yang dapat dilakukan adalah memotong sector yang rusak tersebut dan tidak menggunakannya.
  • Download dan Install perangkat lunak pengelola partisi seperti Partition Wizard.
  • Jalankan perangkat lunak tersebut, kemudian ubah ukuran partisi terdepan.
  • Alasan mengubah ukuran partisi terdepan karena sector yang rusak pada lima blok pertama (hasil pemindaian HD Tune).
  • Satu blok pada HD Tune berukuran 190 MB (untuk hard disk drive 500 GB), jadi “Move/Resize” ukuran partisi pertama dan atur “Unallocated Space Before” menjadi 950 MB atau 1000 MB saja, untuk memotong lima blok pertama yang rusak (190 MB x 5 = 950 MB)
  • Klik “Ok”, klik “Apply”.
  • Bila perlu Anda dapat melakukan “Error Scan” ulang menggunakan HD Tune.
  • Jika Anda beruntung, masalah bad sector pada hard disk drive tersebut dapat terselesaikan dengan trik ini.

2. Keyboard

Keyboard yang rusak bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa masuk Windows, biasanya ketika ada kerusakan pada keyboard, laptop akan mengeluarkan "beep .. beep .. beep .." terus menerus, itu biasanya disebabkan oleh satu atau lebih kunci pada pengalaman keyboard macet sehingga tombol akan tertekan dengan sendirinya terus menerus, jika laptop dapat memasuki Windows dan Anda membuka aplikasi pengolah kata (misalnya Word) atau prosesor teks (misalnya Notepad), Anda biasanya akan menemukan karakter tertentu diketik sendiri.

Diagnosa

Anda menemukan laptop Anda tiba-tiba masuk BIOS tetapi tidak bisa masuk Windows, asumsi awal adalah tombol yang berfungsi untuk memasuki BIOS tertekan dengan sendirinya, bisa jadi ketika laptop dihidupkan suara "Kode Bip" terus menerus saat layar macet di layar boot (layar hitam) dan tidak bisa masuk Windows, bisa jadi ketika laptop Anda bisa masuk Windows tetapi Anda menemukan keyboard mengetik sendiri ketika Anda menggunakan perangkat lunak (pengolah kata atau teks).

  • Cabut keyboard dari laptop yang bersangkutan.
  • Hati – hati dalam menangani kabel fleksibel yang menghubungkan keyboard dengan motherboard pada laptop.
  • Hati – hati saat membuka kunci pada konektor yang terpasang pada motherboard.
  • Beberapa model laptop tidak mengijinkan pengguna untuk mencabut keyboard langsung dari atas (cassing bagian tengah) melainkan harus membuka cassing tengah terlebih dahulu, minta bantuan orang yang berkapasitas dalam “bongkar – pasang” laptop, dan tentunya do it with your own risk.
  • Nyalakan laptop (tanpa keyboard), jika laptop dapat masuk Windows maka besar kemungkinan sumber masalahnya adalah kerusakan pada keyboard.
  • Lakukan beberapa kali, shutdown kemudian nyalakan kembali laptop untuk memastikan bahwa laptop dapat masuk Windows dengan normal.
Cara mengatasi

Masalah keyboard seperti mengetik itu sendiri biasanya disebabkan oleh kerikil atau benda kecil yang masuk sela-sela tombol keyboard, gunakan vacuum cleaner ini (jika ada), mantel kecil atau alat tiup kecil khusus untuk membersihkan keyboard, jangan gunakan hard benda-benda seperti obeng atau jarum untuk mengorek kerikil pada tombol keyboard.

Jika Anda tidak menemukan kerikil atau benda kecil lainnya yang terselip di antara tombol keyboard, mungkin ada tombol keyboard yang terpasang (biasanya karena ditekan terus menerus) sehingga cukup "angkat" kunci ke posisi yang semestinya, berhati-hatilah untuk tidak mendorong tombol dicopot, beberapa model tombol keyboard menggunakan stan berbentuk X yang rapuh.

Tetapi jika Anda juga tidak menemukan tombol yang bermasalah, kemungkinan akan terjadi korsleting di bagian dalam keyboard sehingga tombol keyboard itu mengetik sendiri, solusi terbaik yang saya usulkan adalah mengganti keyboard laptop dengan keyboard baru. sesuai untuk laptop yang bersangkutan, Anda dapat mencarinya di toko komputer terdekat, teknisi komputer yang dapat dipercaya, atau toko online.

Memperbaiki keyboard macet (karena kerusakan hardware, biasanya karena korsleting) seperti itu sangat sulit, dan kemungkinan sangat kecil. Beberapa teknisi komputer mampu memperbaiki kerusakan meskipun (berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa rekan) tidak optimal.

3. Kerusakan perangkat lunak atau driver

Seiring dengan padatnya aktivitas laptop untuk berbagai keperluan, Anda tentu sering menginstal, melepas, dan menggunakan perangkat lunak tertentu yang mendukung pekerjaan Anda, selain penggunaan perangkat keras yang membutuhkan driver untuk dihubungkan ke komputer maka laptop Anda-pun (baik secara otomatis dengan driver built-in atau secara manual) akan dikemas dengan berbagai perangkat lunak dan driver.

Sebenarnya ini bukan masalah jika semua perangkat lunak dan driver yang diinstal diperlukan dan kompatibel dengan sistem operasi lain dan / atau perangkat lunak dan driver, tetapi kadang-kadang perangkat lunak atau driver yang diinstal pada laptop "bentrok" dengan perangkat lunak atau driver lainnya. Kerusakan juga bisa disebabkan oleh infeksi malware (virus, trojan, worm, adware, spyware, dan varian lainnya) pada sistem sehingga dapat mempengaruhi kinerja Windows bahkan dapat membuat laptop tidak bisa masuk Windows.

Diagnosa

Ingat aktivitas laptop sebelum masalah (tidak bisa masuk Windows), sudahkah Anda baru saja menginstal perangkat lunak? Memasang driver? Apakah laptop Anda mengalami layar biru sebelumnya? (layar biru adalah salah satu gejala konflik antara perangkat lunak atau driver yang diinstal), jika "YA" maka kemungkinan besar penyebab masalah adalah perangkat lunak atau kerusakan driver.

Cara mengatasi

Cabut perangkat periferal yang terhubung ke laptop (jika ada) termasuk Kartu SD yang dipasang pada pembaca kartu (laptop built-in jika ada), hidupkan ulang laptop, jika masih tidak bisa masuk Windows, coba masuk ke mode aman dengan menekan tombol F8 ketika laptop boot (untuk Windows 8 / 8.1 dan 10 caranya agak berbeda).

Jika Anda bisa masuk ke mode aman, cobalah mencopot pemasangan perangkat lunak dan / atau driver yang terakhir kali Anda instal sebelum laptop mengalami masalah, kemudian coba mulai ulang (atau matikan dan nyalakan kembali) laptop, jika laptop dapat masuk ke Windows secara normal maka perangkat lunak dan / atau driver yang Anda copot adalah penyebab masalah pada laptop.

Jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah, sementara Anda masih yakin bahwa penyebab masalah berasal dari perangkat lunak dan / atau driver, coba gunakan fitur pemulihan sistem untuk memulihkan kondisi sistem pada kondisi titik pemulihan tertentu, gunakan CD / DVD atau lainnya. media seperti USB Flashdisk bootable Windows) untuk menjalankan fitur pemulihan sistem.

4. Kerusakan / kesalahan pada sistem operasi Windows

Recovery sistem biasanya dapat memulihkan kondisi sistem yang rusak akibat pemasangan perangkat lunak dan/atau driver, sistem akan di kembalikan ke kondisi dimana perangkat lunak dan/atau driver tersebut belum terpasang, namaun bagaimana kalau penyebab ternyata masalah laptop tidak masuk Windows adalah karena adanya kerusakan pada sistem operasi Windows itu sendiri.

Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dan Safe Mode (Restart Terus)

Tentunya solusi (yang Saya sarankan) untuk masalah ini adalah menjalankan fitur “Repair” menggunakan media CD/DVD atau USB Flashdrive ang berisi bootable Windows, atau jika memungkinkan Saya sarankan untuk menginstall ulang laptop tersebut, namun hal ini merupakan cara terakhir apabila cara “Repair” tidak menyelesaikan masalah.

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki laptop yang tidak bisa masuk Windows, semoga salah satunya bisa menjadi solusi dan bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan, sampai jumpa dipembahasan DosenIT selanjutnya.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar