--> Skip to main content

Cara Lengkap Memformat Kartu SD Card di PC (Windows dan Mac)

Seiring kemajuan teknologi, teknologi kartu SD semakin banyak diterapkan dalam perangkat elektronik. Mulai dari smartphone, kamera DSLR, kamera digital, hingga pemutar audio di mobil Anda. Fungsi dari kartu SD itu sendiri adalah sebagai perangkat penyimpanan data yang dapat dibawa kemana saja selain USB Flash Disk dan dapat dihubungkan langsung ke perangkat yang portabel. Berbeda dengan USB Flash Disk yang hanya bisa dihubungkan ke komputer, laptop, dan smartphone yang memiliki fitur USB On The Go (OTG).

Karena manfaatnya yang vital, kartu SD harus dalam kondisi baik. Namun, terkadang ada kalanya kartu SD tidak bisa dibaca. Apakah kelas kartu SD Anda yang tertinggi? (Cara mengetahui kelas di SD Card ada di situs kami)

Penyebab kerusakan pada kartu SD dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pelat tembaga yang kotor pada kartu SD, hingga data yang tersimpan di kartu SD rusak. Jika kartu SD Anda tidak dapat diakses, maka solusi untuk menyelesaikannya adalah dengan memformat kartu SD.
Cara Lengkap Memformat Kartu SD Card di PC (Windows dan Mac)

Untuk memformat kartu SD, Anda dapat melakukannya di komputer (PC) dan ponsel pintar berbasis Android. Nah, setelah kami memberikan informasi kepada Anda tentang cara memformat Kartu Memori di Android, pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda tentang cara memformat kartu sd di PC. Nah, ini dia caranya:

1. Format pada komputer Windows


  • Pasang kartu SD ke PC

Jika komputer Anda memiliki slot khusus untuk kartu SD, masukkan kartu SD ke dalam slot, dengan posisi miring yang miring terlebih dahulu dengan bagian label menghadap ke atas. Namun, jika di komputer Anda tidak ada slot untuk kartu SD, beli adaptor kartu SD ke USB sehingga Anda dapat menghubungkan kartu SD ke komputer melalui port USB yang pasti ada di komputer Anda. Adaptor sendiri harganya murah kok, mulai dari Rp 10.000, - hingga Rp 25.000, -.


  • Cadangkan data di kartu SD

Sebelum memformat, backup dulu semua data yang disimpan di kartu SD Anda. Ini karena proses format ini akan menghapus semua data yang tersimpan di kartu SD dan menambahkan pengaturan baru ke kartu SD.


  • Buka Start Menu di Windows

Bagaimana? Tentunya kamu sudah tahu dongg? Cukup klik logo Windows di sudut kiri bawah. atau menekan tombol Windows pada keyboard.


  • Klik ikon Windows Explorer

Selanjutnya, jendela Windows Explorer akan muncul di layar.

Klik My Computer atau PC ini
Ikon berbentuk monitor ini biasanya berada di sisi kiri jendela Windows Explorer.


  • Klik nama kartu SD

Nama kartu SD akan ditampilkan di bawah judul "Perangkat dengan Penyimpanan Dilepas" yang terletak di tengah PC ini atau jendela My Computer. Dalam nama kartu SD, biasanya ditulis "SDHC".

  • Klik kanan pada nama Kartu SD

Selanjutnya, akan ada beberapa opsi yang terkait dengan kartu SD.


  • Klik Format

Opsi Format ada dalam pilihan yang muncul ketika Anda mengklik kanan pada nama kartu SD. Selanjutnya, jendela Format akan muncul di layar.


  • Klik kotak "File System"

Di jendela Format, ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan. Pertama adalah mengatur sistem file yang akan digunakan setelah kartu SD diformat. Kolom dropdown akan ditampilkan dengan beberapa opsi, termasuk:

  • NTFS - Ini adalah sistem file default untuk sistem operasi Windows. Keuntungan dari format ini adalah dapat menyimpan data lebih dari 32GB. Kelemahan sistem file ini adalah hanya dapat digunakan pada komputer atau laptop yang diinstal pada OS Windows.
  • FAT32 - Ini adalah sistem file yang paling kompatibel untuk kartu SD. Anda dapat menggunakannya di komputer dengan Windows atau Mac OS. Namun, kelemahan sistem file ini adalah memiliki batas penyimpanan 32 GB.
  • exFAT - Sistem file ini dapat digunakan pada komputer dengan Mac dan Windows OS, dan tidak memiliki batas penyimpanan. Namun, sistem file ini kurang populer daripada FAT32 dan NTFS.
  • Pilih format yang diinginkan

Jika Anda pernah memformat kartu SD yang sebelumnya bermasalah, centang kotak Quick Format.


  • Klik start> OK.

Kartu SD akan mulai diformat oleh Windows. Ketika proses ini berjalan, semua data pada kartu SD Anda akan dihapus.


  • Klik OK saat diminta.

Jika setelah jendela proses pemformatan muncul dengan tombol OK, klik tombol. Ini menunjukkan bahwa kartu SD Anda telah berhasil diformat dan diubah untuk mendukung format yang Anda pilih sebelumnya.

2. Format di Command Prompt

Selain menggunakan Windows Explorer, Anda bisa melakukan format kartu SD di PC menggunakan software bawaan Windows lainnya, yaitu Command Prompt. Yup, software ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal, contohnya untuk melakukan beberapa cara menghapus virus dengan command prompt. Cara ini juga termasuk dari beberapa cara memperbaiki memori yang tidak terbaca sama sekali yang pernah kami bahas di situs ini. Berikut ini cara-caranya:


  • Ketik CMD di kotak search, atau pencet logo windows di keyboard + R, ketik CMD, klik OK
  • Jika direktori penyimpanan kartu memori kamu di PC tsb di H, maka ketik: “format h:/FS:FAT atau format h:/FS:FAT32” (tanpa tanda kutip. Lalu tekan tombol Enter pada keyboard. Oh iya, sesuaikan huruf h pada contoh format sebelumnya dengan direktori penyimpanan kartu SD di PC Anda.
  • Tunggu hingga proses format selesai.

3. Cara format di komputer Mac

Bagi Anda pengguna PC (Mac), Anda juga dapat memformat kartu SD Anda. Inilah caranya:

  • Pasang kartu SD ke PC
Jika komputer Anda memiliki slot khusus untuk kartu SD, masukkan kartu SD ke dalam slot, dengan posisi miring yang miring terlebih dahulu dengan bagian label menghadap ke atas. Namun, jika di komputer Anda tidak ada slot untuk kartu SD, beli adaptor kartu SD ke USB sehingga Anda dapat menghubungkan kartu SD ke komputer melalui port USB yang pasti ada di komputer Anda. Adaptor sendiri harganya murah kok, mulai dari Rp 10.000, - hingga Rp 25.000, -.

  • Cadangkan data di kartu SD
Sebelum memformat, backup dulu semua data yang disimpan di kartu SD Anda. Ini karena proses format ini akan menghapus semua data yang tersimpan di kartu SD dan menambahkan pengaturan baru ke kartu SD.

  • Jalankan Finder
Bingung mencarinya? Cari ikon berbentuk wajah biru di Dock.

  • Klik tombol Go
Tombol ini berada di sisi kiri menu bar komputer Mac, yang terletak di bagian atas layar.

  • Klik Utilitas di opsi tarik-turun dari Go
  • Klik dua kali Utilitas Disk di bagian tengah halaman Utilitas
  • Klik nama kartu SD
Nama kartu SD Anda akan ditampilkan di jendela yang terletak di sisi kiri halaman Utilitas Disk.

  • Klik tab Erase
Tab ini berada di bagian atas dari jendela Disk Utility

  • Klik kotak yang ada di bawah kolom “Format”
Sebuah menu dropdown akan muncul dengan beberapa opsi format, diantaranya:
  • Mac OS Extended (Journaled) – File system default untuk komputer Mac, dan hanya bisa digunakan di komputer Mac.
  • Mac OS Extended (Journaled, Encrypted) – File system default untuk Mac. Bedanya, file system ini sudah mendukung enkripsi data.
  • Mac OS Extended (Case-sensitive, Journaled) – file system ini juga adalah file system default untuk Mac, dimana file system ini memperlakukan berkas secara berbeda ketika ada berkas yang memiliki nama yang sama, tetapi menggunakan huruf besar dan kecil yang berbeda, atau istilahnya case-sensitive. Contohnya antara “file.txt” dengan “Files.txt”.
  • Mac OS Extended (Case-sensitive, Journaled, Encrypted) – Format ini adalah gabungan dari 3 opsi format yang telah disebutkan di atas.
  • MS-DOS (FAT) – File system ini dapat digunakan pada komputer Mac dan Windows, tetapi ukuran berkas dibatasi hingga maksimal 4 GB.
  • ExFAT (Recommended) – Ini bisa digunakan pada Mac dan Windows, tanpa membatasi ukuran berkas.
  • Klik Erase, kemudian klik Erase kembali jika diminta

Komputer Mac akan memulai proses memformat ulang kartu SD. Ketika proses selesai, kartu SD akan mendukung format yang telah Anda tetapkan sebelumnya.

Begitu banyak artikel kami kali ini tentang cara memformat kartu SD di PC. Sebelum memformat kartu SD, alangkah baiknya Anda mengetahui cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Semoga artikel ini kami dapat membantu Anda memformat kartu SD pada PC favorit Anda.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar