--> Skip to main content

Cara Ampuh Memperbaiki Blue Screen Pada Windows

Cara Memperbaiki Blue Screen Pada Windows. Blue Screen of Blue, atau Blue Screen of Death (disingkat sebagai layar biru kematian) disebut "fenomena" di mana layar komputer tiba-tiba menjadi biru dengan teks putih, dan segera komputer mati atau restart. Menariknya, itu hanya terjadi pada sistem operasi Windows, dari Windows 98 ke Windows 7, tetapi itu tidak berarti bahwa Windows 8 (atau Windows 8.1) dan Windows 10 tidak memiliki Blue Screen, hanya layar Blue Screen yang berubah.

Blue screen sebenarnya adalah cara sistem operasi Windows dalam menampilkan kesalahan yang tidak dapat ditangani oleh sistem operasi, sehingga dengan sistem operasi yang sangat paksa (dan terpaksa) mematikan atau menghidupkan ulang komputer. Lalu, adakah cara untuk memperbaikinya? Tentu saja ada, terutama jika kita tahu persis apa yang menyebabkan kesalahan, tetapi jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan layar biru di komputer Anda, berikut beberapa cara untuk memperbaiki layar biru
Cara Ampuh Memperbaiki Blue Screen Pada Windows


1. Cabut semua perangkat keras yang terhubung ke komputer

Perangkat yang dimaksud adalah perangkat periferal yang terhubung ke komputer seperti printer, pemindai, USB Flash Drives, Drive Disk Optik USB, USB Floppy Disk Drives, Hard Disk Eksternal USB, Web Cam USB, dan banyak perangkat periferal lain yang mungkin terhubung.

Mencabut semua perangkat keras periferal yang terhubung ke komputer dilakukan karena layar biru salah satunya dapat disebabkan oleh kerusakan perangkat keras, dan biasanya perangkat keras yang memerlukan driver khusus, tetapi juga bisa plug-and-play. Oleh karena itu jangan menutup kemungkinan perangkat keras seperti VGA Card atau prosesor di jam yang berlebih bisa menjadi sumber masalah di komputer Anda sehingga ada layar biru, tetapi untuk langkah pertama periferal perangkat keras cukup dicabut.

Jika setelah menyalakan komputer berfungsi normal, maka hubungkan satu per satu perangkat yang telah dicabut, apakah salah satunya yang menyebabkan layar biru? Jika tidak, maka kemungkinan besar penyebabnya bukan dari perangkat keras (peripheral).

2.  Uninstall driver, lalu install kembali (re-install)

Driver yang dimaksud adalah driver yang baru saja diinstal, tetapi untuk hasil optimal, saya sarankan untuk menghapus semua driver dari komputer, asalkan Anda memiliki penginstal driver yang sama dengan yang dihapus, atau versi yang lebih baru. Masalah dengan driver dapat menyebabkan layar biru, karena driver berfungsi sebagai "kartu identitas" dari perangkat keras untuk dikenali oleh sistem operasi apa pun termasuk Windows.

Ketika driver rusak atau rusak maka perangkat keras menjadi tidak dikenal, dan lebih buruk lagi perangkat keras terdeteksi sebagai perangkat berfungsi dengan sistem operasi Windows menyebabkan layar biru. Menghapus semua driver yang ada di komputer dan menginstal ulang driver tersebut dapat menjadi solusi untuk memperbaiki komputer layar biru, jika itu adalah penyebab masalah driver.

Blue Screen yang disebabkan oleh driver yang rusak (crash atau corrupt) umumnya menyertakan pesan IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X0000000A atau pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE.

3.Periksa “kesehatan” semua partisi hard disk drive pada komputer

Jika Anda membagi satu hard disk drive ke beberapa partisi di komputer Anda, mungkin salah satu partisi hard disk drive Anda memiliki masalah, dan kemungkinan besar masalahnya ada pada partisi sistem, biasanya partisi dengan huruf C. Periksa semua partisi pada komputer Anda dengan disk fitur pemeriksaan "pada sistem operasi Windows, Anda dapat melakukan" studi perbandingan "dengan memeriksa ulang semua partisi dengan beberapa perangkat lunak yang berbeda.

Perangkat lunak bebas untuk memeriksa kesehatan hard disk drive secara luas ditawarkan melalui berbagai situs web, sebut saja (perangkat lunak partisi favorit saya) Partition Wizard, Partition Magic, HDDSentinel, dan banyak lagi. Kerusakan sistem file pada hard disk drive dapat menyebabkan layar biru pada sistem operasi windows, jika Anda jeli dan bisa melihat pesan dan kode kesalahan (kode kesalahan dan pesan kesalahan) Anda akan tahu apakah masalahnya adalah sistem file atau tidak.

Pesan kesalahan yang ditampilkan biasanya NTFS_FILE_SYSTEM jika partisi menggunakan NTFS dengan kode kesalahan 0X00000024 atau FAT_FILE_SYSTEM jika partisi menggunakan FAT atau FAT32 dengan kode 0x00000023.

Pesan dan kode muncul ketika layar biru terjadi dan segera restart komputer atau shutdown, tetapi biasanya ketika komputer memulai pesan dan kode akan muncul kembali dalam kotak dialog.

4. Matikan komputer untuk beberapa saat

Mematikan komputer dimaksudkan agar semua komponen di komputer berhenti bekerja untuk "beristirahat" sejenak, saya tidak menentukan berapa lama waktu yang diperlukan komputer untuk beristirahat, hanya sampai suhu komputer mendekati suhu kamar. Menghentikan penggunaan komputer sangat penting untuk menghindari komputer bekerja terlalu keras hingga terlalu panas, tetapi jika Anda tidak dapat mematikan komputer (meskipun hanya 5 hingga 15 menit) karena alasan tertentu, cobalah memasang pad pendingin tambahan.

Cooling pad seperti namanya adalah alat untuk membantu mendinginkan komputer, untuk laptop atau notebook cooling pad digunakan sebagai alas diletakkan di bawah laptop, sedangkan PC Dektop umumnya dipasang di komputer kasing.

Blue Screen yang disebabkan oleh panas yang berlebihan dari komputernya umumnya termasuk pesan kesalahan UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP dengan kode kesalahan 0X0000007F atau ada juga pesan kesalahan tampilan MACHINE_CHECK_EXCEPTION.

5. Cabut RAM, lalu bersihkan bagian kaki-nya dengan penghapus karet

Ini cara klasik yang saya pikir sangat sederhana namun efektif berdasarkan saran dari beberapa teknisi, mengeluarkan RAM dan membersihkan kakinya dengan penghapus karet, atau dengan kapas yang dibasahi dengan cairan khusus (juga kaleng untuk cat). Ini dilakukan jika layar biru menampilkan pesan kesalahan DATA_BUS_ERROR atau pesan kesalahan PEN_LIST_CORRUPT, yang berarti telah terjadi kesalahan atau kerusakan pada memori utama RAM.

Semoga kaki RAM cukup keras untuk dibersihkan dengan penghapus karet atau dengan kapas dan tinner, karena jika salah satu chip RAM rusak maka Anda harus mempertimbangkan membeli RAM baru.

Jadi beberapa cara untuk memperbaiki komputer blue screen, semoga semua atau setidaknya salah satunya berguna untuk menambah pengetahuan dan menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah, tetap lapar - tetap bodoh.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar