--> Skip to main content

Apa itu Virus Sality Dan Cara Menghapus Virus Sality Paling Ampuh

Apa itu Virus Sality Dan Cara Menghapus Virus Sality Paling Ampuh. Katakanlah Anda memiliki laptop atau komputer yang, yah, spesifikasinya dibuat untuk bekerja multitasking atau bermain game. Namun pada suatu saat, tiba-tiba laptop atau komputer Anda yang berjalan lebih lambat, bahkan sangat lambat jika dibandingkan dengan yang biasa. Tidak hanya itu, tiba-tiba ukuran file tertentu menjadi lebih besar setiap kali Anda menyalakan laptop atau komputer. Jika gejala muncul di laptop atau komputer, kemungkinan besar komputer Anda terinfeksi virus Sality!

Virus Sality adalah salah satu jenis virus yang menjadi perhatian banyak pihak karena kemampuan dan tingkat infeksi yang cukup merepotkan. Lebih kurang, virus ini setara dengan Conficker, yang membuat banyak perusahaan antivirus bahkan mengembangkan aplikasi khusus untuk menangani virus ini. Ada banyak jenis virus Sality, mulai dari virus Sality A, Sality B, Sality E, dan sebagainya. Kemampuan utama virus ini adalah kemampuan untuk menggandakan diri dan menyebarkan duplikat ke berbagai program komputer secara otomatis sehingga ketika sampai pada tingkat yang parah, menginstal ulang Windows adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan komputer Anda. Tentunya ini akan sangat menyebalkan bagi pengguna komputer termasuk diri Anda bukan?
Apa itu Virus Sality Dan Cara Menghapus Virus Sality Paling Ampuh

Karena itu, jika Anda ingin laptop Anda kembali sehat dan segar seperti biasanya, maka mengetahui cara menghapus virus ini adalah suatu keharusan. Berikut beberapa cara untuk menghapus virus Sality.

1. Scan dengan aplikasi SMADAV/PCMAV, hapus manual

Dalam kasus ketika virus Sality telah menginfeksi laptop atau komputer Anda dan sebelumnya tidak ada antivirus yang Anda pasang, maka cara untuk mengatasi Sality salah satunya adalah menghapusnya secara manual. Untuk melakukan ini, setidaknya kita perlu melakukan dua hal, yaitu mengenali file virus Sality dan kemudian memiliki akses untuk menghapusnya. Untuk melakukannya kita bisa memanfaatkan aplikasi antivirus lokal seperti SMADAV. Inilah langkah-langkahnya.


  • Pastikan bahwa akses internet ke komputer telah diputuskan, cabut kabel LAN, matikan wifi dan sebagainya sehingga koneksi internet benar-benar terputus dari komputer.
  • Nonaktifkan fitur Autorun atau Autoplay di Windows.
  • Bunuh semua proses aneh yang sedang dijalankan melalui pintu Task Manager. Tekan Ctrl + Alt + Delete pada keyboard untuk masuk ke Windows Task Manager. Klik pilih semua program aktif misterius lalu klik Akhiri Tugas.
  • Buka Windows Explorer, pergi ke partisi yang telah terinfeksi Sality, lalu cari file yang bernama inf kemudian hapus.
  • Cari file virus Sality yang berada di komputer Anda. Untuk melakukan ini, antivirus lokal seperti SMADAV atau PCMAV dapat membantu Anda;
  • Jika ditemukan, ganti nama nama file sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat mengubah ekstensi menjadi .doc, .jpg, .png, .gif, dan sebagainya dari ekstensi asli .exe atau .pif.
  • Setelah itu, hapus semua file yang terkait dengan Sality dan Anda dapat me-restart komputer Anda dengan santai.


2. Instal ulang Windows

Cara kedua ini mungkin opsi terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa virus Sality yang ada di komputer benar-benar dihapus semua tanpa meninggalkan jejak tunggal baik pada partisi tertentu atau pada registri tertentu. Dengan menginstal ulang, maka secara otomatis semua file dalam C: partisi atau partisi lain di mana Anda menginstal Windows, pasti akan dihapus. Dengan demikian, Anda dapat menginstal ulang Windows, jika cara lain tidak lagi dapat dilakukan untuk satu alasan atau lainnya.

3. Memanfaatkan tools khusus penghapus Sality

Karena tingkat kerusakan yang dibuat oleh Sality, perusahaan keamanan kelas dunia telah mencoba membuat berbagai macam aplikasi khusus untuk menangani Sality. Aplikasi khusus ini dibuat dengan target tertentu, yaitu untuk menghapus Sality dan membuat komputer kembali sehat. Oleh karena itu, menggunakan alat khusus perusahaan dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda coba.

Biasanya, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi yang mereka sediakan di halaman web resmi perusahaan keamanan. Anda tidak harus membayar karena biasanya gratis. Setelah selesai mengunduh, Anda dapat menginstalnya kemudian menjalankan aplikasi untuk memulai proses pemindaian dan menghapus file virus Sality. Beberapa alat khusus seperti rmsality AVG, Sality Killer dari Kaspersky, Norman Malware Cleaner, dan sebagainya.

Setelah pemindaian dan mungkin juga melakukan proses atenuasi virus Sality dengan alat ini, maka Anda bisa melakukan pemindaian tambahan dengan melakukan antivirus lain untuk memperkuat hasil pemindaian yang sebelumnya dilakukan dengan alat khusus.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghapus virus Sality selamanya dari komputer yang Anda menginfeksi komputer atau laptop favorit Anda. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga melakukan tindakan pencegahan sebelum benar-benar diserang oleh virus ini. Bagaimana cara mencegah virus ini menyerang laptop atau komputer Anda? Singkatnya, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Senantiasa melakukan update database antivirus yang kamu miliki. Tentu saja hal ini juga berarti kamu harus memiliki antivirus yang tanggung dan ampuh terinstall di komputermu.
  • Menonaktifkan fitur autorun USB atau perangkat-perangkat removable lainnya.
  • Senantiasa menscan tiap USB atau flashdisk yang masuk ke laptopmu karena penyebaran virus Sality sangat mudah terjadi melalui flashdisk yang terinfeksi atau memiliki file induk virus Sality.
  • Tidak mendownload-download file-file yang mencurigakan dari situs internet untuk mencegah penyebaran Sality dari tindakan install yang tidak disengaja.

Itulah beberapa cara untuk mencegah dan cara menghapus virus Sality yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa harus meminta bantuan tukang reparasi komputer dan tidak perlu mengeluarkan biaya dengan banyak. Virus Sality adalah salah satu jenis virus yang berbahaya dan membutuhkan penanganan dan pencegahan yang serius, oleh karena itu kamu tidak bisa main-main begitu saja menghadapi Sality, meskipun masa booming-nya sudah usai, tetapi apabila virus ini sampai menyerang laptop kesayanganmu, sudah pasti dibutuhkan usaha yang jauh lebih besar daripada sekedar mencegahnya.

Semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat mengatasi permasalahan virus Sality ya. Jangan lupa untuk terus membaca blog ini agar kamu tidak ketinggalan tips, trik, dan informasi menarik seputar gadget lainnya!

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar