--> Skip to main content

7 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba

Kartu memori adalah salah satu media penyimpan data yang penting dan sering digunakan oleh berbagai orang untuk melakukan penyimpanan data. Saat ini, kapasitas memori mobil semakin besar dan dapat bersaing dengan kapasitas yang dimiliki oleh flashdisk. Oleh karena itu, kebanyakan orang mulai menggunakan kartu memori untuk menjadi salah satu media penyimpanan data utama selain flash. Dengan demikian, cara memperbaiki kartu memori yang belum dibaca sama sekali pasti dikenal sebagai bentuk antisipasi sehingga jika kartu memori yang dimiliki tiba-tiba tidak terbaca sama sekali, kita bisa mengatasinya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kartu memori yang tidak terbaca sama sekali. Yang pertama terkait dengan penyebab kesalahan kartu memori itu sendiri. Terkadang ada kartu memori yang memiliki kesalahan dan tidak dapat diperbaiki karena kartu memori fisik telah rusak. Ketika itu terjadi, maka cara memperbaiki kartu memori yang belum dibaca tidak bisa dilakukan sama sekali. Kartu memori juga berbeda dari SSD lo ya, karena perbedaan antara RAM dan Hardisk.
7 Cara Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali Wajib Dicoba

Yang kedua terkait dengan kemungkinan data yang disimpan. Probabilitas bahwa data dapat disimpan dengan sempurna cenderung lebih kecil karena semakin memburuk oleh kartu memori yang Anda miliki. Oleh karena itu, alangkah baiknya mengetahui cara mengatasi kartu memori yang tiba-tiba eror, Anda juga secara rutin melakukan backup pada kartu memori yang Anda miliki sebagai bentuk antisipasi jika data yang ada di kartu memori Anda tidak bisa lagi dipulihkan.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca sama sekali? Bagi Anda yang penasaran dan langsung penasaran, berikut beberapa cara di antaranya.

1. Mencoba di komputer lain

Langkah pertama untuk memperbaiki kartu memori yang belum dibaca sama sekali adalah memastikan bahwa kartu memori Anda masih berfungsi. Triknya sangat sederhana, yaitu untuk melihat apakah kartu memori yang Anda miliki dapat dibaca di komputer selain dari komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk mengakses kartu memori. Jika kartu memori masih terbaca, maka kemungkinan besar kartu memori yang Anda miliki tidak memiliki masalah berarti.

Namun, jika kartu memori tidak dapat dibaca hanya di komputer lain juga, maka ada baiknya untuk memastikan apakah kondisi fisik dari kartu memori Anda bermasalah. Coba cabut dan pasang kembali kartu memori yang Anda miliki ke port kartu memori di komputer Anda dan beberapa komputer lain untuk memastikan komputer Anda tidak bermasalah.

2. Pastikan format partisi bisa dibaca oleh sistem operasi yang kamu miliki

Langkah kedua dalam memperbaiki kartu memori yang belum dibaca sama sekali adalah untuk memastikan bahwa kartu memori yang Anda gunakan memiliki format partisi yang dapat dibaca oleh komputer yang Anda gunakan. Misalnya jika kartu memori Anda memiliki format partisi ext4, pastikan bahwa partisi dapat dibaca oleh sistem operasi yang Anda instal di laptop Anda. Tidak semua sistem operasi mendukung semua jenis file dari partisi. Oleh karena itu kemungkinan besar itu akan terjadi jika Anda membuka kartu memori pada laptop atau sistem operasi yang tidak mendukung file partisi kartu memori, maka yang terjadi adalah kartu memori yang Anda miliki tidak bisa dibaca sama sekali.

Ketika kartu memori Anda tidak dapat dibaca sama sekali karena masalah file partisi, Anda dapat memindahkan data di laptop Anda melalui komputer atau sistem operasi lain yang mendukung partisi kartu memori Anda, kemudian memformat ulang kartu memori Anda untuk memiliki jenis partisi dapat didukung oleh sistem operasi yang Anda gunakan. Jika ternyata masalah partisi ini disebabkan oleh virus, maka Anda bisa mencoba cara menghapus virus di Windows 7 laptop yang juga bisa diterapkan di Windows lainnya.

3. Membersihkan dengan karet penghapus

Ada kalanya kartu memori Anda tidak dapat dibaca sama sekali karena masalah kotoran yang menempel pada bagian perangkat keras untuk menghubungkan antara kartu memori dengan pembaca kartu memori di laptop Anda. Oleh karena itu, salah satu cara Anda dapat memperbaiki kartu memori yang tidak bisa dibaca sama sekali adalah dengan membersihkan bagian perangkat keras dari kartu memori Anda sekaligus di komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk membaca kartu memori.

Jika penyebab kartu memori yang belum dibaca yang Anda miliki benar-benar karena masalah kotor dan semacamnya, maka kartu memori Anda akan dapat dibaca kembali jika telah dibersihkan dengan menggunakan penghapus karet yang dapat dibeli dengan harga murah di toko alat tulis, atau oleh menggunakan karet gelang.

4. Mengganti card reader
Jika Anda telah berhasil memastikan bahwa kartu memori Anda baik-baik saja alias tidak memiliki masalah tertentu, maka itu baik untuk mengganti pembaca kartu atau pembaca kartu yang Anda gunakan pada laptop atau komputer yang Anda miliki. Jika dalam hal ini kartu memori tidak dapat dibaca di ponsel Anda, dan Anda telah memastikan bahwa file partisi yang dimiliki oleh kartu memori Anda dapat dibaca oleh sistem operasi yang digunakan di ponsel Anda, maka Anda dapat mulai berpikir untuk mengganti pembaca kartu di ponsel Anda.

Pembaca kartu yang rusak dapat menyebabkan kartu memori Anda menjadi tidak dapat dibaca, dan itulah sebabnya kadang-kadang kartu memori Anda tidak dapat dibaca sama sekali. Tentu saja mengganti pembaca kartu membutuhkan uang dan waktu tidak sedikit, meskipun karena itu baik jika Anda mempertimbangkan hal ini dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kelas kartu SD yang Anda miliki agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Salah satu caranya adalah mengetahui kelas pada Kartu SD.

5. Memformat ulang

Cara yang satu ini cukup berisiko, karena jika Anda tidak memiliki cadangan data penting yang terdapat dalam kartu memori Anda, kemungkinan besar data di kartu memori tidak dapat dipulihkan dengan sempurna. Memformat ulang kartu memori Anda dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah kartu memori yang tidak dapat dibaca secara keseluruhan karena partisi master yang rusak pada partisi kartu memori Anda.

Dengan memformat ulang, Anda dapat memperbaiki master partisi, tentu saja, dengan risiko data yang Anda miliki akan hilang karena dengan memformat ulang, itu juga berarti bahwa data partisi lama akan terhapus. Jika Anda tidak ingin melakukan ini, maka Anda dapat melakukan cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk memulihkan data, tetapi tingkat pengembalian data belum tentu sempurna. Dengan demikian, lakukan cara ini jika Anda yakin data di kartu memori Anda sudah back-up atau tidak terlalu penting jika hilang dan tidak dapat dipulihkan lagi. Jika Anda menggunakan Android, Anda dapat menggunakan format kartu memori di Android.

Itu adalah beberapa cara untuk memperbaiki kartu memori yang tidak dapat dibaca sama sekali. Semoga dengan beberapa cara diatas Anda bisa menyelesaikan masalah kartu memori Anda yang tidak terbaca sama sekali ya. Jangan lupa baca artikel baru kami yang keren dari ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar