--> Skip to main content

6 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan / Restart atau Saat Internetan

Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan / Restart atau Saat Internetan. Laptop adalah salah satu perangkat paling penting di dunia modern saat ini. Hampir semua orang memiliki laptop, entah itu kecil, remaja, atau tua sekalipun. Tidak sedikit orang yang memiliki perangkat yang satu ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Anda juga bukan? Tentu saja, sangat sedikit orang yang tidak menggunakan laptop hari ini. Oleh karena itu, hampir semua orang harus tahu cara melakukan pemecahan masalah sederhana untuk memecahkan masalah laptop mereka.

Sebelumnya kami telah membahas bagaimana cara mengatasi laptop hang ketika baru dihidupkan, cari tahu apa saja penyebab cepatnya laptop panas, bagaimana cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 7, dan berbagai diskusi lainnya. Pada kesempatan ini mari kita bahas tentang masalah laptop saat berselancar.
6 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan / Restart atau Saat Internetan


Masalah Laptop Hang Saat Berinternetan

Ada banyak masalah yang dapat terjadi pada laptop favorit Anda. Mulai dari kesalahan yang sering, overheat, suara atau video tidak keluar, tidak merespons, dan sebagainya. Masalah-masalah ini dapat hadir atau di masa depan Anda akan alami. Salah satu masalah yang paling menjengkelkan adalah laptop yang menggantung ketika Anda berada di internet. Tentu saja sangat menjengkelkan, terutama jika Anda melakukan pekerjaan tertentu yang tidak dapat diganggu dan dapat kehilangan data karena laptop Anda hang saat berinternetan. Karena itu, Anda harus tahu cara mengatasi laptop yang menggantung saat berselancar.

Dengan mengetahui cara mengatasi laptop menggantung internetan ini, maka Anda bisa menyelesaikan masalah laptop Anda yang menggantung saat berselancar dengan mudah dan juga cepat karena internet memiliki kelincahan yang sangat penting, seperti yang kita bahas dalam penggunaan internet dan intranet. Tidak peduli Anda seorang pemula atau sudah ahli di dunia komputer, tips di bawah ini bisa Anda coba cari tahu cara mengatasi laptop hang ketika berselancar dengan baik. Penasaran bagaimana melakukannya? Apa yang kamu tunggu? Silakan baca di bawah ini ya!

1. Identifikasi penyebab hang

Langkah pertama dalam pemecahan masalah apa pun adalah mengidentifikasi apa yang menyebabkan laptop Anda menggantung saat menjelajah di internet. Langkah ini adalah langkah pertama yang paling krusial karena melalui langkah ini kita dapat mengatasi masalah laptop yang menggantung ketika berselancar dengan cepat dan juga tepat. Tanpa melakukan ini, sangat tidak mungkin kita dapat memecahkan masalah laptop yang menggantung ketika kita menjelajah internet.

Beberapa alasan yang bisa menyebabkan laptop hang saat internetan antara lain adalah sebagai berikut:


  • Script pada web tertentu eror atau corrupt, bahkan mengandung infinite loop sehingga membuat prosesor laptop terus memproses permintaan web tersebut.
  • Jumlah memori RAM kurang untuk memproses situs yang dibuka olehmu. Pelajari juga penyebab RAM berkurang pada laptopmu supaya kamu tahu kenapa RAM-mu sangat sedikit.
  • Multitasking yang terlalu berat di belakang layar karena kamu membuka banyak aplikasi sekaligus. Pelajari juga penyebab laptop lemot supaya kamu tahu apa yang membuat laptopmu menjadi lemot.
  • Terlalu banyak plug-ins atau add-ons yang terinstall di browser
  • Browser out-of-date dan mengandung banyak bug sehingga rentan untuk mengalami crash tiba-tiba
  • Adanya injeksi malware tertentu yang membuat laptop menjadi hang atau error

Beberapa hal di atas dapat menyebabkan laptop Anda hang saat browsing di internet. Bagaimana cara mendeteksinya pada prinsipnya Anda bisa menyesuaikan dengan kapasitas Anda. Misalnya, untuk mengetahui apakah laptop Anda hang karena web memiliki skrip kesalahan, coba amati apakah kesalahan selalu ketika Anda menjelajah di situs web atau tidak.

Juga coba matikan javascript untuk melihat apakah laptop Anda akan hang ketika Anda tidak menggunakan javascript. Dengan demikian dapat dilihat apakah laptop Anda hang ketika internetan disebabkan karena masalah skrip pada web tertentu atau karena masalah lain. Pastikan Anda memilih jaringan yang cepat untuk memudahkan proses browsing ya, misalnya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis jaringan tertentu, seperti kelebihan dan kekurangan GPRS.

2.  Mengganti web browser
Cara termudah untuk mengatasi laptop yang menggantung saat mengakses internet adalah dengan mengubah browser web yang Anda gunakan. Peramban web adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet. Dalam beberapa kasus, laptop yang hang karena browser yang mereka gunakan untuk internet memiliki banyak bug dan banyak limpahan memori yang membuat prosesor sering mengalami kesalahan ketika mencoba mengakses web.

Ada banyak peramban web alternatif yang bisa Anda coba jelajahi di laptop favorit Anda. Cobalah beberapa dari mereka dan cari tahu browser web mana yang paling sesuai dengan laptop Anda dan sesuai dengan gaya Anda. Jika masih juga membuat laptop Anda hang saat berinternetan, coba lakukan cara mengatasi laptop yang menggantung saat berselancar berikutnya.

3. Menambahkan RAM

RAM adalah salah satu bagian komputer yang paling penting. Tanpa RAM komputer tidak akan dapat berjalan, dan dengan terlalu sedikit RAM komputer akan sulit melakukan multitasking dan juga sulit melakukan pekerjaan secara konsisten.

Jika RAM dimiliki oleh laptop Anda di bawah 2 GB atau hanya 2 GB saja, Anda akan ingin meningkatkan RAM laptop Anda setidaknya sampai menyentuh angka 4 GB. Atau jika Anda ingin laptop Anda menjadi perangkat yang sangat tangguh dalam RAM, maka Anda dapat menambahkannya hingga 8GB. Jumlah RAM itu biasanya cukup untuk menjalankan aplikasi berat yang Anda butuhkan untuk menjalankan aktivitas Anda, termasuk menjelajah dengan cepat karena titik akses juga dapat diakses dengan cepat.

4. Menguninstall add-ons atau plug-ins yang tidak perlu

Langkah selanjutnya untuk mengatasi laptop hang saat berselancar adalah menghapus atau menguinstall plug-in atau aplikasi tambahan yang dipasang di browser Anda. Plugin membuat kinerja browser Anda lebih berat dan karena itu rentan terhadap crash sehingga sebaiknya Anda tidak memasang terlalu banyak add-on.

Jika Anda memiliki semua add-on yang Anda butuhkan, coba nonaktifkan beberapa add-on tertentu ketika tidak diperlukan atau cobalah untuk menginstal versi terbaru yang biasanya diperbarui lebih baik pada kode sumber. Jika Anda memiliki penggunaan internet banking, jangan lupa untuk selalu memastikan plugin diperbarui agar aman dan stabil.

5. Kurangi multitasking

Multitasking adalah salah satu hal yang membuat kinerja prosesor menjadi berat dan ini dapat memengaruhi performa browser Anda saat Anda berada di internet. Tidak jarang browser sangat mudah crash karena prosesor masih memproses instruksi dari program lain yang berjalan di belakang layar sehingga Anda sering mendapati laptop Anda hang saat berinternetan. Multitasking juga menggunakan sumber daya perangkat untuk mengakses Internet dan fungsinya secara bersamaan sehingga dapat mengurangi kemampuan akses internet Anda.

6.Kesimpulan

Tips ini terutama patut dicoba bagi mereka yang memiliki laptop low-end yang tidak memiliki cukup sumber daya untuk melakukan proses multitasking tugas berat, seperti prosesor Core i3, prosesor Dual Core atau prosesor lain yang saat ini termasuk prosesor kelas bawah.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang menggantung saat internetan patut dicoba. Dengan melakukan cara-cara di atas mungkin masalah laptop Anda yang sering menggantung ketika internet tidak lagi terjadi sehingga Anda bisa menyelesaikan masalah dengan baik. Selamat berselancar dengan nyaman!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar