--> Skip to main content

5 Cara Bagaimana Mengembalikan Suara Laptop Yang Hilang

Cara Bagaimana Mengembalikan Suara Laptop Yang Hilang. Saat ini, laptop telah menjadi salah satu perangkat gadget atau perangkat yang telah dimiliki oleh hampir semua orang di Indonesia sekalipun. Perangkat yang satu ini kemungkinan akan tercapai, karena ada berbagai produk laptop yang dapat dibeli hanya dengan uang sekitar dua hingga tiga juta. Tentu dengan fitur terbatas. Jika pengguna menginginkan fitur yang lebih baik, tentu mereka juga harus rela merogoh kocek lebih dalam.

Salah satu masalah yang memungkinkan muncul di laptop adalah tidak adanya suara di laptop. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki laptop, Anda juga perlu tahu cara memperbaiki laptop tanpa suara yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan atau menyelesaikan masalah laptop Anda ketika suara laptop Anda tidak keluar. Ada banyak tips pemecahan masalah yang perlu Anda kuasai, mulai dari cara mengatasi kesalahan laptop yang memuat sistem operasi, cara mengatasi laptop restart terus menerus Windows 10, cara mengatasi laptop macet di logo, cara mengatasi hilangnya display , Dan seterusnya.
5 Cara Bagaimana Mengembalikan Suara Laptop Yang Hilang


Mengatasi Masalah Suara Laptop

Mengetahui cara memperbaiki laptop bukanlah suara cukup penting karena suara terkadang menjadi salah satu hal utama yang Anda butuhkan. Saat menonton film, mengerjakan editing film, atau hanya mendengarkan musik, tentu Anda harus bisa mendengar suara yang dikeluarkan oleh laptop Anda bukan? Laptop yang tidak dapat mengeluarkan suara apa pun tidak akan nyaman untuk digunakan, terutama jika Anda sering bekerja dengan memanfaatkan atau menggunakan laptop sambil mendengarkan musik tertentu.

Jadi bagaimana cara memperbaiki laptop tidak ada suara seperti itu? Di sini kita merangkum beberapa cara untuk memperbaiki laptop tanpa suara yang dapat Anda gunakan untuk memecahkan masalah laptop Anda yang tidak membuat suara ketika Anda membutuhkannya.

1. Ganti soundcard atau kartu suara yang dimiliki oleh laptop Anda

Suara yang harus dipancarkan komputer Anda melalui aplikasi tertentu, di sisi fisik dikelola oleh perangkat keras yang biasanya disebut soundcard. Soundcard ini menerima instruksi dari prosesor atau terutama dari aplikasi komputer Anda untuk mengeluarkan suara dengan suara tertentu, berdasarkan kode bit tertentu. Dengan kata lain, perangkat ini bertugas untuk mengubah input data digital menjadi output suara yang akan dihasilkan melalui speaker. Ketika perangkat kartu suara ini rusak, tentu saja suara yang harus diproses oleh pengeras suara tidak akan diproses karena kartu suara laptop Anda rusak.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan kerusakan pada kartu Anda, Anda harus menggantinya sehingga komputer Anda dapat mengeluarkan suara lagi. Lokasi dan jenis kartu suara sangat berbeda sesuai dengan merek dan jenis laptop di pasar. Oleh karena itu Anda harus mengidentifikasi jenis kartu suara apa yang dimiliki laptop Anda. Jangan lupa, Anda juga harus menginstal, salah satunya dengan menginstal driver tanpa CD.

2. Mengganti speaker laptop

Speaker adalah bagian yang bertugas membuat suara setelah diproses oleh kartu suara yang dimiliki oleh laptop Anda. Karena itu ketika laptop Anda tidak mengeluarkan suara, bisa jadi penyebabnya adalah kerusakan pada speaker. Setelah Anda memastikan speaker Anda dalam masalah, langkah selanjutnya adalah mengganti speaker ketika mereka dalam masalah dan tidak berfungsi dengan benar. Mengubah speaker laptop termasuk hal-hal yang cukup mudah dilakukan jika Anda tahu cara melakukannya dengan benar. Dengan mengganti speaker juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi headset yang tidak terdeteksi pada laptop Anda.

3. Menginstall driver sound card

Masalahnya tidak terdengar keluar dari laptop Anda, mungkin juga datang dari driver yang tidak cocok atau bahkan tidak ada driver sama sekali sesuai dengan kartu grafis yang Anda miliki. Akibatnya, tentu saja kartu grafis yang Anda miliki tidak akan dapat menangkap dan memproses informasi suara yang berasal dari aplikasi yang Anda jalankan.

Oleh karena itu, cara memperbaiki laptop tanpa suara berikutnya adalah memastikan bahwa Anda telah menginstal driver kartu suara yang Anda miliki dengan benar dan sesuai. Jika Anda tidak menginstalnya dengan benar, atau mungkin menginstal driver yang salah, kartu suara Anda tidak akan berfungsi dengan baik sehingga laptop Anda tidak akan dapat mengeluarkan suara sama sekali. Pastikan Anda menginstal driver sesuai dengan laptop Anda. Jika Anda tidak tahu berapa banyak bit laptop Anda, Anda dapat mencari tahu dengan mengetahui bit laptop yang benar.

4. Menginstall kernel yang sesuai

Jika Anda menjalankan sistem operasi GNU / Linux, apa pun bentuk distronya, maka satu hal yang bisa menjadi penyebab mengapa komputer Anda tidak berbunyi adalah karena kernel yang Anda gunakan tidak sesuai dengan sistem operasi yang Anda miliki atau ada bug tertentu di aplikasi. Oleh karena itu, maka apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa laptop Anda terdengar dengan benar dan benar adalah dengan menginstal kernel yang benar.

Untuk dapat memilih kernel yang tepat, Anda dapat melakukannya dengan mengunduh variasi kernel yang cocok dengan distromu Anda di berbagai repositori online, atau dengan menggunakan aplikasi bernama Ukuu-GTK yang dapat digunakan untuk mengelola kernel yang diinstal di sistem operasi Anda.

5. Menginstall Codec

Salah satu hal yang juga dapat menyebabkan suara tidak keluar saat Anda menggunakan komputer adalah tidak adanya codec yang tepat untuk membaca atau memutar file suara yang ingin Anda mainkan. Codec adalah semacam 'driver' yang dibutuhkan oleh aplikasi yang Anda jalankan untuk dapat membaca data yang terkodifikasi atau suara yang telah ditulis dalam file, seperti mp3, mp4, MKV, dan berbagai jenis file lainnya. Meskipun Anda telah menginstal driver yang tepat, jika Anda tidak memiliki codec yang dapat digunakan untuk membaca file suara yang Anda miliki, maka suara aplikasi masih tidak akan dapat keluar dan malah akan menyebabkan aplikasi Anda mengalami kesalahan .

Untuk dapat memasang codec, Anda dapat memanfaatkan berbagai aplikasi codec seperti K-Lite Codec Pack, atau aplikasi lain yang akan membantu Anda dalam menginstal codec yang Anda butuhkan sehingga laptop Anda akan kembali dapat berbunyi ketika Anda menonton film atau memainkan musik tertentu. Memasang codec juga bisa menjadi solusi dalam cara mengatasi suara PC yang tidak berbunyi di Windows .

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki laptop Anda tidak ada suara yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah laptop tidak bersuara Anda. Jika masalahnya adalah motherboard, maka Anda perlu tahu bagaimana memperbaiki motherboard laptop benar-benar mati untuk mengatasi masalah kartu suara. Yang harus disadari adalah penyebab laptop Anda tidak bersuara dapat berasal dari berbagai hal, jadi Anda juga perlu melakukan banyak hal untuk menyelesaikan masalah. Selamat memperbaiki laptop Anda!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar