--> Skip to main content

4 Cara Memperbaiki Komputer / Laptop yang Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Salah satu jenis masalah yang bisa terjadi pada komputer yang kita gunakan adalah tidak bisa dimatikan. Intinya adalah, komputer yang kita gunakan untuk bergerak, tidak dapat dimatikan bahkan jika kita memiliki shutdown. Meskipun kami telah menunggu cukup lama, sepertinya proses shutdown tidak berjalan dengan lancar. Tentunya ini dapat mengganggu usia komputer serta keamanan data yang kita miliki. Oleh karena itu, bagi pengguna komputer, cara memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan bisa menjadi salah satu hal yang harus diketahui. Ini karena bahaya mematikan komputer bukanlah prosedur yang tepat sangat berbahaya.

Bagaimana dengan kamu? Apakah Anda tahu cara memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan? Apakah Anda tahu cara mengatasi teman mati Anda? Jika Anda tidak mengetahuinya, tentu saja Anda harus membaca artikel ini hingga selesai.
4 Cara Memperbaiki Komputer / Laptop yang Tidak Bisa Dimatikan (Shutdown)

Berikut beberapa cara untuk memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan dan Anda bisa lakukan untuk menyelesaikan masalah komputer yang tidak bisa dimatikan dengan cara biasa.

Selamat membaca!

1. Periksa aplikasi latar belakang yang masih nyala

Salah satu alasan mengapa komputer kita tidak mati meski didorong atau diberi perintah untuk mati adalah karena adanya aplikasi latar belakang yang masih on saat proses shutdown dan tidak bisa dimatikan oleh komputer Anda. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki komputer yang tidak dapat dimatikan adalah melihat aplikasi latar belakang apa yang membuat komputer kita tidak dapat dimatikan dengan baik dan benar.

Anda dapat melihat log pada sistem operasi yang Anda gunakan dan mencoba untuk melihat aplikasi apa yang aktif di akhir sistem operasi Anda untuk mematikan. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui aplikasi apa yang menghambat proses shutdown sehingga Anda dapat menghapus aplikasi dan membuat proses shutdown bekerja dengan lancar. Jika Anda tidak dapat melakukannya secara mandiri, mintalah teknisi yang berkualifikasi untuk memperbaiki komputer Anda sehingga komputer Anda dapat kembali ke shutdown normal.

2. Perbarui sistem operasi

Masalah berikutnya yang bisa menjadi salah satu alasan mengapa shutdown tidak bisa berjalan normal adalah karena masalah dengan sistem operasi Anda. Masalah dengan sistem operasi ini terkadang hanya dapat diselesaikan melalui pembaruan sistem karena semua yang diperlukan adalah memperbaiki beberapa file kunci untuk menjalankan sistem dan kami tidak dapat menggantinya dengan sia-sia. Ini jika dilakukan dapat mengurangi risiko efek komputer tidak pernah dimatikan karena harus bekerja terus menerus.

Untuk memperbarui, Anda hanya perlu pergi ke menu pengaturan dan kemudian Anda hanya perlu mengikuti petunjuk pembaruan yang disediakan oleh sistem operasi yang Anda gunakan. Instruksi ini tidak akan sulit karena biasanya Anda hanya diberitahu untuk mengklik mulai pembaruan dan semacamnya, dan setelah itu Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga unduhan selesai dan proses instalasi berjalan. Anda juga dapat mengunduh paket pembaruan Windows yang dapat digunakan untuk memperbarui Windows secara menyeluruh tanpa tersambung ke internet. Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan paket pembaruan berulang kali untuk memperbarui sistem operasi Windows yang Anda miliki di masa depan tanpa harus online untuk mengunduhnya.

3. Gunakan antivirus

Dalam beberapa kasus, masalah shutdown yang tidak benar disebabkan oleh virus yang menyerang sistem operasi Anda. Virus akan memasukkan perintah atau perintah dalam memori ketika proses shutdown berjalan, sehingga komputer yang terkena virus ini tidak akan dapat melakukan proses shutdown normal layaknya komputer pada umumnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk memperbaikinya sehingga sistem operasi Anda dapat kembali ke shutdown normal.

Cara yang cukup mudah tetapi efektif untuk menyelesaikan masalah virus adalah dengan memanfaatkan antivirus. Antivirus saat ini dapat mengatasi berbagai jenis virus yang dapat menyebabkan proses shutdown komputer Anda menjadi terganggu. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan adalah menginstal antivirus, menjalankan scanning, dan menghapus atau mengarantina file-file yang dicurigai sebagai virus. Setelah itu coba shutdown. Namun, harap diingat bahwa ini hanya dapat membantu masalah penghentian abnormal karena masalah virus, bukan karena alasan lain.

4.  Install ulang sistem operasi

Cara lain yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah komputer yang tidak bisa dimatikan adalah menginstal ulang sistem operasi yang Anda gunakan di komputer. Dengan menginstal ulang sistem operasi, Anda dapat memperbaiki masalah shutdown yang disebabkan oleh kerusakan pada file sistem operasi Anda. Dengan kata lain, jika kerusakan atau masalah shutdown tidak disebabkan karena sistem operasi yang bermasalah, maka penginstalan ulang tidak akan membantu.

Itu sebabnya Anda harus memastikan dulu penyebab komputer Anda yang tidak bisa mati dengan sempurna adalah karena kerusakan pada sistem operasi. Selain itu, perlu diketahui bahwa terkadang Anda perlu pembaruan untuk menyelesaikan masalah shutdown yang tidak dapat berjalan dengan lancar dan bukannya menginstal ulang. Anda juga dapat mencoba perbaikan otomatis, yang jika Anda dapat menangani masalah dengan menyelesaikan persiapan perbaikan otomatis Windows 10.

5. Install ulang driver

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah komputer yang tidak bisa dimatikan adalah menginstal ulang driver. Ini bisa dilakukan jika masalah yang membuat komputer Anda tidak dapat dimatikan secara normal adalah karena driver bermasalah dan tidak dapat berfungsi dengan baik atau mematikan ketika komputer sedang dalam proses shutdown. Untuk mengetahui apakah driver dalam masalah dan menghambat proses shutdown, Anda dapat melihat log sistem operasi yang Anda miliki.

Jika yakin bahwa driver hardware tertentu adalah penyebab shutdown yang Anda lakukan, maka tentu saja Anda harus menemukan driver yang tepat untuk menginstal ulang sehingga masalah shutdown yang Anda hadapi dapat diselesaikan, dan tentu saja masalah driver Anda juga bisa diselesaikan. Secara umum, driver yang bermasalah pasti akan menyebabkan perangkat keras tertentu tidak dapat berfungsi dengan baik. Karenanya gejala driver bermasalah juga terlihat. Di sisi lain, driver bermasalah juga bisa menjadi penyebab komputer itu sendiri.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki komputer yang tidak bisa dimatikan. Dengan cara-cara di atas, semoga kita bisa menyelesaikan masalah shutdown yang mengganggu Anda dan tentu saja membuat komputer Anda jadi tidak bisa mati sehingga masalah bisa selesai. Jangan lupa minta bantuan ahli jika Anda tidak bisa menanganinya sendiri ya. Anda juga dapat mempelajari penyebab laptop mati mendadak sebagai tambahan ketika Anda mengalami masalah laptop tiba-tiba mati setelah Anda gunakan secara normal.

Selamat memperbaiki komputer Anda!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar