--> Skip to main content

3 Cara Melihat Seri Tipe Laptop dengan DirectX

Anda pasti sudah akrab dengan laptop. Yup, perangkat ini kini hampir menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang, terutama para pelajar. Saat ini laptop sudah dimiliki oleh banyak orang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa laptop dapat menyederhanakan berbagai jenis pekerjaan dan menghasilkan banyak produk dan karya, sama seperti komputer. Kemampuannya untuk melakukan pekerjaan komputer di ponsel adalah keuntungan terbesarnya.

Berbicara tentang laptop, maka kita tidak bisa lepas dari perkembangan komputer. Jika dilihat dari sejarah perkembangan komputer, cerita dimulai dari komputer generasi awal, di mana komputer pada generasi membutuhkan ruangan besar dan khusus hanya untuk satu unit komputer. Dan sekarang, perkembangan teknologi telah melahirkan berbagai jenis dan varian komputer. Salah satu perkembangan komputer terbesar adalah munculnya produk yang disebut Personal Computer (PC).

3 Cara Melihat Seri Tipe Laptop dengan DirectX

PC juga mengalami perkembangan hingga laptop muncul. Meskipun portabel, popularitas laptop saat ini telah melampaui pendahulunya, PC dengan CPU dan monitor terpisah. Hal ini dapat dianggap wajar karena satu set PC dengan CPU yang cukup besar akan sangat tidak nyaman untuk dibawa kemana-mana. Di mana ada yang ingin mengambil monitor dan CPU besar di mana-mana? Itulah mengapa sebagian besar orang beralih menggunakan laptop untuk mendukung produktivitas mereka.

Di pasaran, berbagai varian dan merek laptop kini hadir dengan kelebihan masing-masing. Mulai dari Toshiba, Acer, Asus, HP, Dell, Zyrex, Compaq, dan masih banyak lagi. Selain itu, dalam satu merek ada lusinan atau bahkan ratusan jenis laptop yang berbeda, tergantung pada perusahaan yang membuatnya. Nah, perbedaan inilah yang biasanya kita sebut dengan tipe laptop.

Mungkin sebagian dari Anda memiliki waktu yang lama untuk memiliki laptop tetapi kurang tahu jenis laptop Anda. Apakah Anda salah satunya?

Bagi sebagian besar orang, mungkin itu tidak terlalu penting. Namun, bagi orang-orang yang sering menginstal ulang laptop mereka sendiri tanpa membawa mereka ke layanan, mungkin salah satu hal yang paling penting untuk diketahui ketika menginstal ulang. Ini karena jenis laptop diperlukan ketika seseorang mencari driver laptop.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara mengetahui seri laptop. Caranya cukup mudah kok. Anda juga tidak perlu menyiapkan peralatan khusus. Yang Anda miliki hanyalah laptop Anda. Nah, di sini kami menjelaskan cara-caranya:

1. Akses DirectX Diagnostic Tool menggunakan Run

Untuk mengetahui seri laptop mana yang Anda gunakan, Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia secara default di Windows, DirectX Diagnostic Tool. DirectX adalah seperangkat komponen di Windows yang memungkinkan perangkat lunak, terutama dan terutama permainan, untuk langsung digunakan dengan perangkat keras video dan audio Anda. Game yang menggunakan DirectX dapat menggunakan akselerator multimedia perangkat keras Anda secara lebih efisien, yang akan meningkatkan pengalaman multimedia secara keseluruhan.

Untuk mengakses fitur DirectX, Anda dapat menggunakan beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan menekan ikon Windows + R. Kombinasi keyboard berfungsi untuk memunculkan jendela Windows Run. Di lapangan, ketik "dxdiag" (tanpa tanda kutip), lalu tekan Enter pada keyboard.

Selanjutnya, tampilan DirectX Diagnostic Tool akan terbuka di layar laptop Anda. Jika Anda melihat jendela pilihan, Anda dapat memilih tombol Ya.

2. Akses DirectX Diagnostic Tool dari Start Menu

Cara kedua untuk mengakses DirectX Diagnostic Tool adalah melalui Start Menu. Caranya, buka Start Menu di Windows Anda. Kemudian ketik "dxdiag" (tanpa tanda kutip). Metode ini dapat diterapkan pada laptop yang diinstal OS Windows Vista, 7, 8, 8.1, dan 10.

3. Periksa tab System

Jika Anda telah melakukan salah satu dari dua cara di atas, maka jendela DirectX Diagnostic Tool akan muncul. Ketika terbuka, DirectX Diagnostic Tool akan langsung menampilkan tab Syste. Pada tab ini, Anda dapat melihat seri laptop Anda di bagian System Manufacturer dan bagian System Model. Di kedua bagian, merek dan seri laptop yang Anda gunakan saat ini ditulis. Tab sistem ini juga merupakan salah satu cara untuk memeriksa RAM laptop Anda.

Untuk memeriksa komponen lain, terutama perangkat pengolah grafis, suara, dan perangkat input komputer lainnya. Anda dapat memeriksa bagian Video, Suara, dan Input.

Mungkin Anda penasaran, apa fungsi DirectX di Windows Anda. Berikut penjelasannya:

DirectX adalah antarmuka antara perangkat keras (perangkat keras) di komputer dengan sistem operasi Windows, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Implementasi dilakukan ketika pengembang game ingin memutar file suara, maka mereka hanya perlu "memanggil" dari pustaka yang sesuai. Saat permainan berlangsung, game memanggil API DirectX, yang kemudian akan memutar file suara.

Artinya, pengembang game tidak perlu tahu jenis kartu suara apa yang digunakan oleh pengguna, apa yang bisa dilakukan pada kartu suara, atau cara mengintegrasikan dengan kartu suara. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan semua produsen kartu suara telah menyediakan driver dengan kemampuan DirectX. Jadi pengembang hanya bertanya suara apa yang ingin Anda mainkan. Ini berlaku untuk semua jenis komputer yang diinstal oleh OS Windows. Tidak hanya untuk audio saja, DirectX juga berguna bagi orang yang ingin menginstal semua jenis perangkat lunak grafis. Apalagi jika ingin diedit adalah gambar atau animasi tiga dimensi.

Pada laptop yang diinstal Linux, ada fitur yang mirip dengan DirectX, OpenGL. Namun, prinsip kerjanya sama dengan Windows DirectX.

Bagaimana jika komputer Anda tidak memiliki DirectX? Anda tidak perlu khawatir, karena fungsi-fungsi komputer akan terus berjalan seperti biasa dan tidak akan ada kerusakan.

Berbicara tentang cara kerja DirectX, DirectX memiliki beberapa komponen pelengkap untuk mengoptimalkan kinerja perangkat keras di laptop atau komputer Anda, termasuk:


  • DirectX Graphics, merupakan salah satu komponen dalam DirectX yang menangani integrasi sistem operasi dengan perangkat keras yang berkaitan dengan grafis. Biasanya, komponen ini sangat dibutuhkan oleh software game yang akan Anda mainkan. Beberapa fitur dalam komponen ini terdiri dari Direct Draw (Grafis 2 Dimensi ) sampai Direct 3D (grafis 3 dimensi). Jika Anda tahu cara cek VGA laptop ini, maka Anda akan tahu versi dari Direct Draw dan Direct 3D yang laptop Anda punya.
  • DirectX Input, yaitu salah satu komponen pada DirectX yang menangani bagian peripheral perangkat input dan output komputer, khususnya untuk keperluan game. Contohnya seperti mouse, keyboard, joystick, dan lainnya.
  • DirectX Sound, adalah komponen dasar DirectX yang berisikan konfigurasi audio pada komputer. Kebanyakan macam macam software multimedia, khususnya media player, mewajibkan adanya fitur DirectX Sound ini, misalnya seperti VLC Player dan Winamp


Dari cara kerja yang telah kami bahas di atas, selain untuk mengecek seri laptop, DirectX juga bisa dibilang sebagai cara melihat spesifikasi komputer atau laptop yang Anda gunakan, baik untuk mengecek perangkat suara, gambar, dan masukan lainnya yang ada di laptop Anda. Hal ini tentu berguna untuk memastikan agar komponen perangkat keras pada laptop Anda terbaca oleh sistem operasi Windows yang Anda instalkan pada laptop Anda.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara melihat seri laptop. Ternyata, cara-caranya cukup mudah bukan? Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda untuk mengetahui seri laptop yang Anda gunakan.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar