27 Contoh Kalimat Sanggahan Yang Dinyatakan Dalam Suatu Diskusi

Contoh Kalimat Sanggahan dalam Bahasa Indonesia - Selain contoh kalimat persetujuan dan contoh kalimat penolakan, ada jenis kalimat lain yang dapat digunakan untuk menyatakan pendapat. Kalimat itu adalah kalimat bantahan. Penafian digunakan untuk menolak atau bahkan menolak ide atau ide. Lebih eksplisit, kata-kata sanggahan didefinisikan sebagai kalimat yang digunakan untuk menolak ide, ide, atau pendapat, tetapi disusun menggunakan kesan persetujuan. Komposisi kalimat penolakan dengan kesan perjanjian ini dimaksudkan untuk memberikan kesan sopan atau menghilangkan konotasi mentah penolakan.

Frasa sanggahan terlihat dan terdengar lebih sopan ketika ditulis atau disampaikan kepada orang lain. Selama diskusi atau musyawarah, kalimat sanggahan ini sangat sering digunakan. Dengan menggunakan kalimat sanggahan, pembicara tidak akan merasa tersinggung oleh kesan penolakan yang kami usulkan. Bantahan tidak hanya berisi penolakan terhadap ide-ide yang disampaikan, tetapi juga disertai dengan argumen yang mendukung penolakan tersebut. Ini termasuk argumen atau alasan juga memungkinkan penerimaan penerimaan.

Ciri khas dari frase sanggahan adalah keberadaan kata "tetapi", "tetapi", "tetapi", dan kata penghubung lainnya. 

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat jujur ​​dalam Bahasa Indonesia.


  1. Baju Rani memang sangat indah dan modis, akan tetapi sangat tidak cocok untuk dikenakan dalam acara santai seperti ini.
  2. Sketsa wajah yang diberikan oleh korban perampokan sudah sangat jelas, namun sampai sekarang tidak ada orang yang pernah bertemu dengan orang tersebut.
  3. Rangkuman materi yang diberikan oleh Bu Dewi memang sangat lengkap, tetapi justru membuat kami bingung untuk mempelajari mana yang lebih penting.
  4. Bagi saya matematika adalah pelajaran yang mudah dipahami, akan tetapi tidak semua orang berpandangan sama seperti saya.
  5. Pendalaman materi menjelang ujian nasional memang sangat penting, namun pengadaan pendalaman materi yang terlalu sering dapat menjadi tidak efektif bagi para siswa.
  6. Bukannya saya tidak setuju bahwa Bung Karno dan Bung Hatta adalah pahlawan yang berjasa untuk kemerdekaan Indonesia, akan tetapi para siswa harus juga dikenalkan terhadap pahlawan lain yang juga turut andil dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.
  7. Menurutku, hasil keputusan rapat hari ini sangatlah bijak. Akan tetapi keputusan itu kurang dijelaskan secara mendetail sehingga masih ada beberapa orang yang kurang paham.
  8. Saya setuju jika kemampuan akademik sangat berperan dalam kesuksesan seorang anak, namun menurut saya pendidikan dan kemampuan agama lah yang mempunyai andil besar dalam hidup anak.
  9. Saya sangat mendukung keputusan Kepala Desa merenovasi mushola di kampung ini. Hal yang membuat saya resah adalah proses renovasi yang direncanakan menggunakan uang sumbangan seorang koruptor.
  10. Kami sekeluarga memang menyetujui permintaan ayah untuk pulang dari rumah sakit, namun sebenarnya kami sangatlah khawatir dengan kondisi kesehatan beliau.
  11. Sejalan dengan keputusan rapat, menurut kami akan lebih baik jika ketua rapat memberikan penjelasan yang mendetail kepada kelompok suara minoritas agar tidak ada perselisihan lagi nantinya.
  12. Sebenarnya saya setuju dengan pilihan desain dan warna perabotan rumah ini. Tetapi akan lebih baik jika semuanya dibicarakan terlebih dahulu dengan pemilik rumah, bukan asal ambil keputusan.
  13. Saya bukannya tidak setuju dengan pendapat kalian semua, akan tetapi pendapat kalian itu seperti meninggikan kelompok tertentu. Sebagai organisasi yang bertujuan membela masyarakat, akan lebih baik jika kita mempertimbangkan segala sesuatu dari berbagai pihak.
  14. Bukannya tidak ada dana untuk pelaksanaan kegiatan ini, namun tolong diperiksa lagi rincian anggaran yang dikeluarkan. Kami melihat ada beberapa kegiatan yang tidak masuk akal jika disesuaikan dengan dana yang dikeluarkan.
  15. Pada dasarnya kami menyetujui ide dari ketua. Akan tetapi sangat penting untuk memasukkan nilai-nilai agama dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan.
  16. Menurut kami, alasan yang dikemukakan saudara Bagus sangat memukau. Namun ada beberapa aspek penilaian yang tidak diikutsertakan di dalamnya.
  17. Saya sangat sependapat dengan ayah. Namun saya tidak setuju dengan sikap ayah yang otoriter terhadap semua anggota keluarga.
  18. Sebenarnya saya setuju dengan aksi para warga untuk protes kepada para supir truk yang melewati jalan ini. Akan tetapi aksi itu seharusnya tidak anarkis dan malah merugikan warga yang lainnya.
  19. Bukannya saya tidak setuju untuk membatasi jam menonton TV untuk anak-anak, tetapi ada hal yang lebih penting. Hal itu adalah harus adanya kontrol dari orang tua saat anak-anak menonton TV. Anak-anak tidak seharusnya ditinggal sendiri tanpa ada pengawasan dari orang dewasa.
  20. Memang saya sependapat dengan aksi masyarakat mengecam terorisme, namun tidak seharusnya mereka menghakimi seseorang hanya dari penampilannya saja.
  21. Kami memang setuju untuk pindah dari asrama ini sesuai instruksi kepala asrama, tetapi seharusnya pihak asrama memberikan penjelasan kepada kami tentang alasan kami harus segera pindah.
  22. Saya sejalan dengan pemikiran mengenai berpendapat adalah hak setiap orang, akan tetapi kita tetap harus memperhatikan batasan-batasan yang berlaku.
  23. Saya memang menyetujui keputusan ibu untuk pisah rumah dengan bapak. Namun dalam hati, saya selalu bertanya-tanya apa yang melatarbelakangi keputusan ibu tersebut.
  24. Bukannya saya tidak mau menurunkan ego, akan tetapi setiap orang di sini selalu memaksakan kehendak mereka masing-masing.
  25. Saya memang menolak penggusuran ini, namun saya juga mendukung langkah pemerintah untuk menata ulang wilayah ini.
  26. Saya memang kurang setuju jika bantuan untuk korban bencana hanya difokuskan pada pakaian layak pakai. Akan tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tetap menerima jika ada penyumbang yang ingin memberikan pakaian tersebut. Walaupun begitu, akan lebih bagus jika kebutuhan lain seperti susu, popok, dan air bersih juga diutamakan.
  27. Sebenarnya kami tidak setuju dengan rencana Kepala Desa mencalonkan kembali pada pemilihan Kades tahun ini, akan tetapi itu juga merupakan hak setiap orang untuk berkontribusi dalam pemilihan ini, baik sebagai pemilih atau orang yang dipilih.


Sekian pembahasan mengenai contoh kalimat sanggahan dalam Bahasa Indonesia. Semoga materi yang dipaparkan pada artikel ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "27 Contoh Kalimat Sanggahan Yang Dinyatakan Dalam Suatu Diskusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel