10 Contoh Kalimat Pepatah dan Artinya

10 Contoh Kalimat Pepatah dan Artinya
10 Contoh Kalimat Pepatah dan Artinya
Contoh Kalimat Pepatah dan Artinya. Pepatah dapat diartikan sebagai peribahasa yang berisi nasihat orang tua. Berikut adalah beberapa contoh kalimat pepatah disertai dengan artinya:

  1. Kita ini orang dari luar, hendaknya baik mata di rantau orang, jangan berbuat salam. (arti: harus selalu menjaga perilaku ketika di daerah perantauan)
  2. Aku mempunyai cita-cita setinggi langit, tapi orang di sekitarku selalu berkata bayang–bayang sepanjang badan. (arti: hendaklah bercita-cita sesuai dengan kemampuan diri sendiri)
  3. Belakang parang pun jika diasah akan tajam juga, terbukti Dodi kini sudah dapat lulus UN dengan nilai yang baik berkat usaha kerasnya belajar. (arti: walaupun bodoh tapi jika mau belajar akan tetap jadi pintar)
  4. Ayah selalu memberi nasihat anak-anaknya dalam menghadapi cobaan hidup, seberat-berat badan, namun untung dilupakan jangan. (arti: jangan cepat menyerah dalam menghadapi cobaan, pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian)
  5. Jadi laki-laki harus berani menjual berani membeli. (arti: harus berani mempertanggungjawabkan semua yang dilakukan)
  6. Jangan pernah putus asa dalam berikhtiar, sehari selembar benang, lama-lama jadilah selembar kain. (arti: bila melakukan pekerjaan dengan sabar dan tekun pasti akan menghasilkan juga)
  7. Dahulu perkataan ibu bapak tak pernah ia dengarkan, kini tanggungkanlah badan, hati, dan mata punya ulah. (arti: semua yang telah diperbuat harus dipertanggungjawabkan oleh diri sendiri)
  8. Di mata Tuhan tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah kecuali dari tingkat keimanannya, oleh karena itu hendaknya berbaik-baik sesama umat, berpatut-patut sesama makhluk. (arti: hendaknya jangan pernah menyombongkan diri sendiri)
  9. Dalam menghadapi semua cobaan hidup, ibu selalu berpesan genggam bara api biar menjadi arang. (arti: utamakanlah kesabaran untuk mencapai hasil yang maksimal)
  10. Janganlah sombong ketika berada di atas, air pun ada pasang surutnya. (arti: roda kehidupan selalu berputar, keadaan selalu berubah)



Demikian beberapa contoh kalimat pepatah disertai dengan artinya.  Semoga diskusi ini bermanfaat dan mampu meningkatkan wawasan pembaca, baik pada pembahasan paragraf khususnya, dan bahasa Indonesia secara umumSemoga bermanfaat.