Pengertian Dan Ciri-Ciri Kalimat Deklaratif dalam Bahasa Indonesia

Kalimat deklaratif adalah salah satu jenis kalimat berdasarkan fungsinya, di samping kalimat imperatif, kalimat interogatif, dan contoh-contoh panggilan kalimat. Kalimat yang biasa disebut kalimat kalimat pernyataan ini adalah kalimat yang berisi pernyataan atau informasi tentang suatu hal, dimana pernyataan atau informasi belum tentu direspon oleh penerima. Seperti jenis kalimat pada umumnya, kalimat deklaratif juga memiliki sejumlah fitur, di mana kalimat karakter dalam bahasa Indonesia dalam kalimat akan secara khusus diucapkan dalam artikel ini. Fitur dari kalimat dekoratif adalah sebagai berikut!

1. Bersifat Informatif

Fitur pertama yang melekat pada kalimat deklaratif adalah sifat kalimat yang informatif atau informatif. Dengan fungsi ini, kalimat deklaratif menjadi sering berfungsi sebagai kalimat yang memungkinkan untuk menyampaikan informasi yang tidak diserahkan seseorang atau pihak kepada orang atau pihak lain.

2. Tidak Membutuhkan Jawaban atau Timbal Balik dari Orang Lain

Karena sifatnya informatif, maka kalimat ini tidak perlu atau tidak memerlukan timbal balik dan timbal balik dari orang atau pihak penerima mendapat kalimat ini. Orang atau pihak yang menerima kalimat ini hanya perlu mendengarkan atau mengabaikan isi kalimat ini. Sementara itu, pengirim atau pengirim kalimat ini tidak perlu khawatir tentang tanggapan atau balasan dari pihak lain yang menerima kalimat ini, karena pihak lain belum tentu membalas kalimat dekaratif yang akan disampaikan. Karena tidak membutuhkan jawaban atau timbal balik dari yang lain, kalimat deklaratif ini menjadi kalimat yang tidak memaksa. Hal ini berbeda dengan kalimat interogatif atau imperatif yang memaksa orang lain untuk menanggapi kalimat, apakah itu jawaban verbal atau tindakan nyata.

3. Berintonasi Datar atau Netral

Fitur berikutnya yang tertanam dalam kalimat deklaratif adalah intonasi pengiriman yang datar atau netral. Tujuan dari karakteristik ini adalah bahwa kalimat diplomasi tidak diungkapkan secara berlebihan dan pihak yang menyampaikan tidak berpura-pura berpihak pada kelompok tertentu.

4. Diakhiri dengan Penggunaan Tanda Titik (.)

Karakteristik terakhir yang melekat pada kalimat deklaratif adalah penggunaan dot di akhir kalimat. Menurut halaman id.wikipedia.org, salah satu fungsi dari periode adalah mengakhiri sebuah kalimat. Dengan demikian, titik yang ada dalam kalimat deklaratif memiliki fungsi penutupan atau akhir dari sebuah kalimat yang dapat diraut. Selain itu, titik dalam kalimat deklaratif itu sendiri menjadi ciri khas yang melekat pada kalimat ini, yang membuat kalimat ini berbeda dari jenis kalimat lain, apakah itu penting, interogatif, atau kalimat.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa karakteristik kalimat deklaratif dalam bahasa Indonesia terdiri dari 4 karakteristik, di mana 4 karakteristik yang meliputi informatif, tidak memerlukan jawaban atau tanggapan orang lain, berintonasi netral atau datar, dan juga diakhiri dengan ptanda baca point. Semua sifat ini adalah atribut dari kalimat deklaratif yang membuat kalimat berbeda dari jenis kalimat lainnya.

Begitulah diskusi tentang karakteristik kalimat deklaratif dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi semua pembaca, baik itu tentang kalimat deklaratif maupun bahasa Indonesia. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Ciri-Ciri Kalimat Deklaratif dalam Bahasa Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel