--> Skip to main content

Pengertian Dan 17 Contoh Kalimat Lengkap dan Tidak Lengkap dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Dan 17 Contoh Kalimat Lengkap dan Tidak Lengkap dalam Bahasa Indonesia, Kalimat yang lengkap dan tidak lengkap adalah dua kalimat yang termasuk jenis kalimat berdasarkan elemen mereka. Kalimat lengkap adalah kalimat yang di dalamnya terdapat unsur kalimat dalam bahasa Indonesia, paling tidak kalimat ini memiliki subjek dan predikat elemen. Di sisi lain, kalimat tidak lengkap adalah kalimat yang hanya memiliki satu kalimat elemen di dalamnya, sehingga kalimat ini lebih seperti slogan, panggilan, atau ucapan.

Untuk lebih memahami dua kalimat di atas, di sini ditunjukkan beberapa contoh kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap sebagai berikut!

1. Contoh Kalimat Tidak Lengkap
  1. Hai, apa kabar?
  2. Hei, kemarilah sebentar!
  3. Selamat datang di tempat kami.
  4. Apa kau baik-baik saja?
  5. Apa maksudmu?
  6. Bagaimana keadaan keluargamu?
  7. Pergilah dari sini!
  8. Wah, sungguh menakjubkan!


2. Contoh Kalimat Lengkap

  1. Anak-Anak sedang bermain di tanah lapang. (unsur-unsur yang terkandung di dalamnya: S, P, dan K; S: anak-anak, P: sedang bermain, K: di tanah lapang)
  2. Bibi sedang memasak rendang di dapur. (unsur-unsur kalimat yang terkandung dalam kalimat ini: S, P, O, dan K; S: bibi, P: sedang memasak, O: rendang, K: di dapur)
  3. Matanya berlinangan air mata karena menangis. (unsur-unsur kalimat yang terkandung dalam contoh kalimat ini: S, P, Pel, dan K, di mana S: matanya, P: berinangan, Pel: air mata, K: karena menangis)
  4. Adik membelikan kucing peliharaannya makanan kucing. (unsur-unsur kalimat yang terkandung dalam contoh kalimat ini: S, P, O, dan Pel, di mana S: adik, P: membelikan, O: kucing peliharaannya, Pel: makanan kucing)
  5. Ayah membelikan adik sepeda baru di hari ulang tahun adik yang ke-10 tahun. (unsur-unsur kalimat yang terkandung dalam kalimat ini: S, P, O, Pel, dan K, di mana S: ayah, P: membelikan, O: adik, Pel: sepeda baru, K: di hari ulang tahun adik yang ke-10 tahun)
  6. Kucing itu sedang tidur. (unsur-unsur kalimat yang ada di dalamnya: S dan P; di mana S kucing itu, dan P: sedang tidur)
  7. Anak itu sedang bermain. (unsur-unsur kalimat yang ada pada contoh kalimat ini: S, dan P, di mana S: anak itu, dan P: sedang bermain)
  8. Ibu sedang menanak nasi. (unsur-unsur kalimat yang ada di dalamnya: S, P, dan O; S: ibu, P: sedang menanak, O: nasi)
  9. Pak Mulyadi menjadi kepala desa Rancawangi yang baru. (unsur-unsur kalimat yang terkandung di dalamnya: S, P, dan Pel; S: Pak Mulyadi, P: menjadi, Pel: kepala desa Rancawangi yang baru)



Demikianlah beberapa contoh kalimat lengkap dan tidak lengkap dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kalimat lain, pembaca dapat membuka beberapa artikel berikut: contoh kalimat utama dalam paragraf, contoh kalimat penjelas dalam paragraf, contoh kalimat yang bermotif KSPO, Kalimat berpola KSPO-Pel, contoh kalimat berbasis SPOK, kalimat dasar SPO-Pel-K, contoh frasa simpel bercorak SPO, contoh frasa simpel SPOK bermotif, dan contoh kalimat kalimat dalam bahasa Indonesia.

Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan tersendiri bagi para pembaca juga, baik tentang contoh kalimat pada khususnya, maupun tentang materi pembelajaran di Indonesia pada umumnya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau penjelasan yang terkandung dalam pembahasan artikel ini. Terima kasih banyak.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar