Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K: 17 Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K dalam Bahasa Indonesia

Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K: 17 Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K dalam Bahasa Indonesia
Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K: 17 Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K dalam Bahasa Indonesia
Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K: 17 Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K dalam Bahasa Indonesia, Salah satu pola kalimat dasar dan contoh yang dibahas secara singkat adalah pola S-P-Pel-K. Pola kalimat ini terdiri dari empat unsur kalimat dalam bahasa Indonesia, yaitu subjek (S), predikat (P), pelengkap (Pel), dan deskripsi (K). Untuk mengetahui apa penerapan pola ini dalam kalimat-terutama kalimat dasar, berikut ini beberapa contoh frase dasar S-P-Pel-K yang tercantum di bawah ini!

17 Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K dalam Bahasa Indonesia

  1. Dua pemuda itu sedang bermain gitar di pos ronda. (S: dua pemuda itu, P: sedang bermain, Pel: gitar, K: di pos ronda)
  2. Anak-anak itu tengah berlatih sepakbola di lapangan Mangunharjo. (S: anak-anak itu, P: tengah berlatih, Pel: sepakbola, K: di lapangan Mangunharjo)
  3. Pak Usman tengah berjualan daging ayam di pasar itu. (S: Pak Usman, P: tengah berjualan, Pel: daging ayam, K; di pasar itu)
  4. Kami berselisih paham dengan mereka. (S: kami, P; berselisih, Pel: paham, K: dengan mereka)
  5. Kami berkeliling kota dengan menggunakan sepeda. (S: kami, P; berkeliling, Pel: kota, K: dengan menggunakan sepeda)
  6. Tubuh kami bermandikan keringat karena tersengat panasnya sinar mentari. (S: tubuh kami, P: bermandikan, Pel: keringat, K; karena tersengat panasnya sinar mentari)
  7. Bibi berbelanja sendirian di pasar. (S: bibi, P: berbelanja, Pel: sendirian, K: di pasar)
  8. Perutnya berlumuran darah akibat ditusuk oleh salah seorang perampok. (S: tubuhnya, P; berlumuran, Pel: darah, K: akibat ditusuk oleh salah seorang perampok)
  9. Langit bertabur bintang di malam hari. (S: langit, P: bertabur, Pel: bintang, K: di malam hari)
  10. Taman itu berisikan pepohonan dari berbagai macam jenis pohon. (S: tama itu, P: berisikan, Pel: pepohonan, K: dari berbagai macam jenis pohon)
  11. Penyanyi itu bersenandung lirih di perhelatan konsernya tersebut. (S: penyanyi itu, P: bersenandung, Pel: lirih, K: di perhelata konsernya tersebut)
  12. Tubuhnya bercucuran keringat karena berolahraga. (S: tubuhnya, P: bercucuran, Pel: keringat, K: karena berolahraga)
  13. Es krim itu berlapiskan cokelat dari Belgia. (S: eskrim itu, P; berlapiskan, Pel: cokelat, K: dari Belgia)
  14. Anak-anak itu sedang bermain gobak sodor di tanah lapang desa. (S: anak-anak itu, P: sedang bermain, Pel: gobak sodor, K: di tanah lapang desa)
  15. Aku bertemu wanita itu di sebuah taman kota. (S: aku, P: bertemu, Pel: wanita itu, K; di sebuah taman kota)
  16. Anak-anak itu sedang belajar pencak silat di pendopo milik Pak Kusnandar. (S: anak-anak itu, P: sedang belajar, Pel: pencak silat, K: di pendopo milik Pak Kusnandar)
  17. Para gadis sedang belajar Tari Jaipong di sanggar tari milik Bu Kinasih. (S: para gadis, P: sedang belajar, Pel: Tari Jaipong, K: di sanggar tari milik Bu Kinasih)


Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K: 17 Contoh Kalimat Dasar Berpola S-P-Pel-K dalam Bahasa Indonesia

Begitulah beberapa contoh frasa dasar bermotif S-P-Pel-K dalam bahasa Indonesia. Jika pembaca ingin mengetahui beberapa contoh kalimat bermotif lainnya, pembaca dapat membuka beberapa artikel berikut: contoh kalimat berbasis SPOK, contoh frase dasar SPO-Pel, contoh kalimat dasar SPO-Pel-K, contoh SP dan SP SPO, serta contoh artikel frasa dasar SP-Pel dan SPK. Semoga bermanfaat dan mampu memberikan wawasan baru bagi para pembaca juga, apakah itu tentang contoh-contoh kalimat yang terpola secara khusus, serta materi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Terima kasih banyak.