--> Skip to main content

Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif: Pengertian Dan 19 Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif

Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif dalam Bahasa Indonesia, Kalimat aktif transitif dan kalimat aktif intransitif adalah dua tipe kalimat aktif. Kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang membutuhkan kehadiran elemen objek di dalamnya, jadi kalimat ini memiliki pola S-P-O. Sementara itu, kalimat aktif intransitif adalah kalimat aktif yang tidak memerlukan keberadaan suatu objek. Sebagai gantinya, deskripsi atau elemen pelengkap disertakan dalam kalimat aktif ini, jadi kalimat ini juga memiliki pola S-P-K atau S-P-Pel.

Untuk lebih mengetahui seperti apa tampilan kedua kalimat tersebut, berikut beberapa contoh kalimat aktif transitif dan intransitif yang ditampilkan sebagai berikut!

A. Contoh Kalimat Aktif Intransitif

  1. Ibu sedang berbelanja di pasar. (pola kalimat: S-P-K, dengan S: ibu, P: sedang berbelanja, K: di pasar)
  2. Pak Andre resmi menjadi lurah baru desa Kaliwangi. (pola kalimat: S-P-Pel, dengan S: Pak Andre, P: resmi menjadi, Pel: lurah baru desa Kaliwangi)
  3. Para siswa telah berkumpul di lapangan sekolah. (pola kalimat: S-P-K, dengan S: para siswa, P: telah berkumpul, K: di lapangan sekolah)
  4. Anak-anak itu sedang bermain kucing-kucingan. (pola kalimat: S-P-Pel, dengan S: anak-anak itu, P: sedang bermain, Pel: kucing-kucingan)
  5. Aku tengah berbaring di atas kasurku. (pola kalimat: S-P-K, dengan S: aku, P: tengah berbaring, K: di atas kasurku)
  6. Para mahasiswa tengah berdiskusi di ruang kelas yang  kosong itu. (pola kalimat: S-P-K, dengan S: para mahasiswa, P: tengah berdiskusi, K: di ruang kelas yang kosong itu)
  7. Sari tengah belajar memasak sup ayam. (pola kalimat: S-P-Pel, dengan S: Sari, P: tengah belajar, Pel: memasak sup ayam)
  8. Para penonton telah berdatangan ke stadion sepakbola tersebut. (pola kalimat: S-P-K, dengan S: para penonton, P: telah berdatangan, K: ke stadion sepakbola tersebut)
  9. Ayah telah berangkat ke kantor. (pola kalimat: S-P-K, dengan S: ayah, P: telah berangkat, K: ke kantor)


B. Contoh Kalimat Aktif Transitif

  1. Kucing itu sedang memanjat pohon. (S: kucing, P; sedanf memanjat, O: pohon)
  2. Penyair itu sedang membacakan sajaknya sendiri. (S: penyair itu, P; sedang membacakan, O; sajaknya sendiri)
  3. Andi sedang mengerjakan tugas sekolahnya. (S: Andi, P: sedang mengerjakan, O: tugas sekolahnya)
  4. Paman sedang memperbaiki mobilnya. (S: Paman, P: sedang memperbaiki, O: mobilnya)
  5. Bibi sedang memasak gulai ikan kakap. (S: bibi, P: sedang memsak, O: gulai ikan kakap)
  6. Andi telah menyelesaikan tugas sekolahnya. (S: Andi, P: telah menyelesaikan, O: tugas sekolahnya)
  7. Ali sedang membereskan kamarnya tidurnya. (S: Ali, P: sedang membereskan, O: kamar tidurnnya)
  8. Kucing itu tengah mengejar-ngejar seekor tikus. (S: kucing itu, P: tengah mengejar-ngejar, O: seekor tikus)
  9. Ari tengah mencuci sepatunya. (S: Ari, P: tengah mencuci, O: sepatunya)
  10. Pak guru sedang mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia. (S: pak guru, P: sedang mengajarkan, O: mata pelajaran Bahasa Indonesia)



Demikianlah beberapa contoh kalimat aktif transitif dan intransitif dalam bahasa Indonesia. Jika ingin mengetahui beberapa contoh kalimat lainnya, pembaca bisa membuka artikel contoh kalimat imperatif dan seruan serta artikel contoh kalimat interogatif dan deklaratif. 

Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian, baik itu mengenai kalimat khususnya, mau  pun mata pelajaran bahasa Indonesia pada umumnya. Mohon dimaafkan jika terdapat kesalahan penulisan dan pemaparan dalam artikel kali ini. Sekian dan juga terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar