--> Skip to main content

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Resmi yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email. Sekarang banyak perusahaan yang sudah menjadi legenda calon karyawan untuk membuat dan mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email. Melalui metode ini perusahaan tidak perlu menyediakan banyak waktu dan tempat untuk perekrutan sedangkan bagi calon karyawan tidak perlu repot untuk pergi ke perusahaan tempat melamar pekerjaan.

Dengan kata lain cara mengirim surat lamaran pekerjaan melalui email seperti ini sangat menguntungkan di kedua sisi. Keuntungan dalam hal menghemat waktu karena pengiriman cepat ke tujuan, Hemat biaya karena tidak perlu masuk ke tempat aplikasi.

Dari beberapa keunggulan di atas, ada kendala yang sering dihadapi oleh calon karyawan yang belum tahu cara mengirim surat lamaran melalui email, Selain sikap ragu atau takut berada di peringkat teratas sebagai penyebab karyawan enggan menggunakan fasilitas email.

Oleh karena itu, untuk membantu calon karyawan yang tidak tahu bagaimana kemudian saya akan memberikan langkah persiapan untuk mengambil sampel surat lamaran pekerjaan melalui email. Berikut langkahnya:

Persiapan Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email


1. Sebagai langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengirim surat lamaran kerja lewat email adalah menyiapkan berkas-berkas yang menjadi syarat lamaran kerja, Antara lain :

  • Buat surat lamaran kerja, boleh ditulis langsung di email ( lihat gambar di bawah ) atau dalam bentuk file di MS. Word, Notepad, dan lain-lain yang nantinya bisa diupload. Baca juga artikel Contoh Surat Lamaran Kerja yang Terbaik
  • Buat Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae ) , Silahkan baca juga artikel Contoh Curriculum Vitae (CV) Surat Riwayat Hidup Lamaran Kerja
  • Ijasah
  • Sertifikat
  • KTP
  • Pasfoto
  • Surat - surat lain ( jika diminta perusahaan tempat melamar kerja )


Scan kelengkapan di atas dan simpan file ke dalam Flashdisk / Harddisk atau media lainnya. File inilah yang nantinya akan diupload ke dalam email. Usahakan ukuran file yang sudah discan tidaklah terlalu besar karena akan membuat proses upload menjadi lebih lama.

Catatan : Jika tidak memiliki scanner, Anda bisa mendatangi warnet-warnet terdekat yang biasanya menyediakan fasilitas scan

2. Pastikan punya akun email

Saat mengirim email sebaiknya menggunakan email sendiri, Bila menggunakan email milik orang lain tentu akan memberikan dampak terlihat tidak profesionalnya Anda. Jadi pastikan Anda punya akun email. Bila belum memiliki, Anda bisa membuatnya dengan panduan artikel Cara Membuat Email Baru Gmail dan Yahoo Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Untuk melihat contoh surat lamaran kerja via email, Berikut ini saya tampilkan gambar email yang sudah berisi surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Resmi yang Baik dan Benar


Bagian no 1. adalah alamat email yang dimaksudkan perusahaan, di bagian ini harus diisi dengan benar, Jika salah satu dari beberapa lamaran pekerjaan yang diajukan tidak akan sampai ke tujuan.

Bagian no. 2 adalah subjek email, isi bidang ini aplikasi pekerjaan kata dan bagian yang ingin Anda penuhi. Jika bagian ini diberi kode dari perusahaan (mis. "Jadwal Pekerjaan Administratif - LKA002") maka isi kolom ke-2 ini dengan kode.

Sementara angka 3. adalah bidang untuk menulis aplikasi pekerjaan Anda. Tetapi jika Anda sudah menulis aplikasi pekerjaan dalam bentuk file maka hanya perlu mengunggahnya dengan mengklik bagian kotak merah yang ditampilkan. Di bagian ini Anda juga dapat menggunakan untuk mengunggah file kelengkapan lainnya.

Setelah Anda yakin Anda sudah siap semua persyaratan, Silakan klik "Kirim" yang akan mengirimkan surat lamaran Anda melalui email ke perusahaan yang dituju.

Dari contoh surat ketenagakerjaan melalui email di atas, dapat dikatakan tidak ada perbedaan dengan pembuatan surat lamaran yang dibuat di atas kertas biasa (tradisional).

Jadi contoh surat lamaran kerja via email, Harapan bisa memberi manfaat.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar