--> Skip to main content

Ciri-Ciri Kalimat Klasifikasi Dan Contohnya dalam Bahasa Indonesia

Penjelasan tentang karakteristik kalimat dalam bahasa Indonesia dalam beberapa jenis kalimat telah ditunjukkan dalam artikel sebelumnya. Adapun beberapa artikel tersebuit meliputi karakteristik kalimat deklaratif, karakteristik kalimat imperatif, dan karakteristik definisi kalimat. Artikel ini juga akan menampilkan karakteristik dari salah satu jenis kalimat lainnya, di mana jenis kalimatnya adalah kalimat klasifikasi.

Klasifikasi adalah salah satu jenis kalimat selain kalimat imperatif atau kalimat deklaratif. Kalimat klasifikasi itu sendiri adalah kalimat yang berisi klasifikasi suatu hal ke dalam kategori tertentu.

Untuk mengetahui apa yang dikarakterisasi kalimat ini, berikut adalah diskusi tentang karakteristik kalimat klasifikasi yang dikutip dari artikel contoh kalimat klasik.

1. Adanya kata-kata tertentu di dalamnya

Fitur pertama yang melekat pada kalimat ini adalah adanya kata-kata tertentu yang terkandung di dalamnya. Kata-kata itu, antara lain, diklasifikasikan, dikomposisikan, dan kata-kata lain dari sejenisnya. Kata-kata ini disisipkan di antara kata-kata utama yang diklasifikasikan dengan kata-kata yang merupakan klasifikasi kata utama. Sebagai contoh: Jenis-jenis kalimat berdasarkan fungsi mereka terdiri dari kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan kalimat.

Selain kata-kata ini, frasa ini terkadang diawali dengan beberapa kata khusus. Biasanya kata itu didasarkan. Misalnya: berdasarkan fungsinya, kalimat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu kalimat deklaratif, imperatif, interogatif, dan panggilan kalimat.

2. Informatif

Fitur selanjutnya dari kalimat ini adalah sifat informatif dari kalimat. Artinya, kalimat ini mengandung informasi yang berasal dari fakta yang dapat dipercaya. Dengan demikian, isi kalimat klasifikasi dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

3. Berisi Penggolongan Suatu Hal

Sesuai dengan definisi, kalimat ini adalah kalimat yang berisi klasifikasi suatu hal ke dalam kategori tertentu. Pengkategorian kalimat ini didasarkan pada karakteristik, karakteristik, atau indikator lain yang terkandung dalam suatu objek atau kata yang akan diklasifikasikan oleh kalimat ini.

Untuk mengetahui seperti apa kalimat ini, berikut adalah beberapa contoh dari kalimat klasifikasi yang ditunjukkan di bawah ini!

  • Berdasarkan waktunya, puisi digolongkan atas dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru.
  • Berdasarkan makanan yang disantapnya, hewan digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu hewan karnivora, hewan herbivora, dan hewan omnivora.
  • Media-media sosial yang kini masih eksis di tengah-tengah masyarakat terdiri atas Facebook, Twitter, Instagram, Snapgram, dan juga Path.
  • Sampah atau limbah diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan sampah kimiawi.
  • Berdasarkan kata negattif yang terkandung di dalamnya, klausa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu klausa negatif dan juga klausa positif.
  • Berdasarkan isinya, paragraf terbagi atas lima jenis, yaitu paragraf eksposisi, argumentasi, deskripsi, narasi, dan juga paragraf persuasi.


Dari pembahasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa karakteristik dari frase klasifikasi terdiri dari tiga karakteristik, yaitu adanya kata-kata tertentu di dalamnya, memiliki sifat informatif atau memberikan informasi, dan berisi klasifikasi suatu hal berdasarkan indikator-indikator tertentu yang terdapat dalam saya t . Semua atribut ini tertanam dan karakteristik dari frase klasifikasi.

Demikian pembahasan tentang karakteristik kalimat klasifikasi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan bagi para pembaca juga, baik tentang klasifikasi kalimat khususnya, dan tentang bahasa Indonesia secara umum. Itu saja dan terima kasih.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar