--> Skip to main content

6 Tips Merawat Pakaian Berbahan Jeans Agar Tidak Luntur, Pudar Dan Tidak Melar

6Tips Merawat Pakaian Berbahan Jeans Agar Tidak Luntur,  Pudar Dan Tidak Melar- Apakah kamu suka memakai jeans? Atau apakah Anda memiliki banyak jins di lemari pakaian Anda? Pakaian yang terbuat dari jeans biasanya berbentuk celana, jaket, rompi, rompi dan rok. Sejak dulu, jeans merupakan andalan busana banyak orang. Yang membuat jeans bagus adalah bahannya kuat dan tidak mudah rusak, asalkan dipelihara dengan baik. Blog vani memiliki enam tip untuk merawat pakaian jeans sehingga tidak mudah pudar dan sellau terlihat baru. Merawat jins sedikit berbeda dengan kain lain seperti kapas, spandex, linen, sutra, dan lain-lain.

Dengan perawatan yang tepat, baju jeans anda bisa lebih awet dan selalu terlihat seperti baru. Lalu, apa lagi, tips merawat pakaian jeans agar tidak mudah pudar? Inilah penjelasannya:

Tips Merawat Pakaian Berbahan Jeans 

1. Mencuci Pakaian Berbahan Jeans Dengan Mesin Cuci
6 Tips Merawat Pakaian Berbahan Jeans Agar Tidak Luntur,  Pudar Dan Tidak Melar

Tips merawat busana yang terbuat dari jeans yang pertama adalah memisahkan jeans dengan jenis busana lainnya. Hal ini sangat diperlukan jika Anda menggunakan mesin cuci. Bahan jins lebih "keras" dan berat dibanding bahan pakaian lainnya. Belum lagi kemungkinan warna memudar. Jadi, sebaiknya Anda mencuci celana jeans secara terpisah dari bahan pakaian lainnya. Jangan lupa memutar bagian luar jins di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan lunturnya jeans anda. Yang perlu diperhatikan adalah produk sabun cuci dan pelembut yang biasa Anda gunakan. 

Jangan gunakan sabun yang mengandung pemutih, karena bisa merusak warna jeans Anda. Lalu, jangan biarkan mesin cuci Anda terlalu banyak karena Anda menumpuk terlalu banyak jeans. Jeans membutuhkan banyak ruang untuk mencuci dengan baik. Jadi, agar pakaian dari jeans anda lebih leluasa bergerak, cuci beberapa potong pakaian hanya pada saat bersamaan. Jika pada mesin cuci Anda ada pengaturan mode jeans, maka gunakan mode itu. Ujung berikutnya adalah mengatur pengaturan waktu pengeringan sesegera mungkin. Meski kuat, jeans pun masih memiliki sisi rapuh. Salah satu kelemahannya adalah jika diputar di pengering terlalu lama. Apalagi pakaian yang terbuat dari jeans harus dikeringkan dalam keadaan lembab, tidak kering.

2. Mencuci Pakaian Berbahan Jeans Dengan Tangan
6 Tips Merawat Pakaian Berbahan Jeans Agar Tidak Luntur,  Pudar Dan Tidak Melar

Tips merawat busana yang terbuat dari jeans adalah jika Anda mencuci celana jins dengan tangan. Biasanya sebelum dicuci dengan tangan, pakaian seperti direndam dulu kan? Nah, jangan sampai Anda merendam jins cucian Anda terlalu lama, iya. 15 menit sudah cukup untuk merendam jeans anda. Kemudian, jika Anda ingin menggunakan sikat, gunakan bulu yang bukan mantel kasar. Usahakan menggunakan sikat hanya pada noda yang hanya terkena noda. Kemudian, untuk bagian yang tidak terkena noda hanya dikucek dengan tangan saja. Dan, seperti mencuci dengan mesin, Anda juga harus memperhatikan sabun cuci dan pelembut.

3. Jangan Mencuci Pakaian Berbahan Jeans Terlalu Sering
Terlalu Sering Apakah Anda pernah berpikir, jika jeans Anda tidak kotor, tapi sudah pernah digunakan beberapa kali? Pakaian tekstur yang terbuat dari jeans itu kental dan berikat erat, sehingga tidak mudah kotor. Karena itu, Anda tak perlu sering mencuci pakaian berbahan jeans. Sebaiknya Anda mencuci pakaian yang terbuat dari jeans setelah 3-5 kali pemakaian. Ini akan membuat jins Anda tetap awet dan terlihat seperti baru. Kecuali, saat jeans Anda membuat Anda benar-benar mencium bau keringat, bau matahari, bau apak, atau mungkin kotor karena tanah, lumpur, dan sebagainya, sebaiknya segera dicuci. Jika jeans Anda tidak terlalu kotor, cukup jentikkan jeans Anda beberapa kali untuk melumpuhkan debu dan kotoran. Lalu, gantung jeans untuk disiarkan. Hal ini berguna untuk menghilangkan bau jeans setelah dipakai.

4. Menjemur Pakaian Berbahan Jeans
Tip selanjutnya adalah bagaimana mengeringkannya. Saat menggantungkan pakaian berbahan jeans, usahakan jangan sampai kering langsung di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama atau sehari penuh. Anda bisa, benar-benar menggantung jeans di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Asalkan tempat ini cukup terkena angin, maka jeans anda akan kering dengan sempurna. Jangan lupa memutar sisi luar ke dalam sebelum matahari, sehingga warna jeans tidak cepat pudar karena sinar matahari. Gunakan gantungan pakaian untuk menggantungkan jins Anda, hal ini dilakukan untuk menghindari lipatan jika Anda menggantungnya di jemuran. Dan, jika Anda menggunakan jaket jeans untuk mengemudi, jangan terbiasa menggantungkan jins Anda ke kendaraan. Harus dijaga di tempat duduk untuk mengurangi paparan sinar matahari pada jaket jeans Anda.

5. Menyetrika Pakaian Berbahan Jeans
Tip merawat busana yang terbuat dari jeans berikutnya adalah saat menyetrika. Bila Anda akan menyetrika pakaian yang terbuat dari jeans, sebaiknya gunakan suhu yang disesuaikan dengan jenis bahannya, biasanya tercetak pada label yang dilekatkan pada jeans Anda. Kemudian, saat Anda menyetrika, hindari menggosok dengan tekanan berlebihan pada lipatan dan ujung kain. Anda tidak mau, benar, ada bekas tertinggal di jeans favorit Anda dan warnanya juga memudar? Setelah disetrika, gunakan gantungan baju untuk menyimpan jins Anda di lemari. Sebab, jika Anda melipat jins, biasanya warna pada bagian yang dilipat akan memudar lebih kencang.

6. Cara Menghilangkan Bau Pada Pakaian Berbahan Jeans Tanpa Mencucinya
6 Tips Merawat Pakaian Berbahan Jeans Agar Tidak Luntur,  Pudar Dan Tidak Melar

Biasanya pakaian yang terbuat dari jeans saat digunakan akan berbau, apakah berbau keringat, bau sinar matahari, dan sebagainya. Tapi, Anda tidak perlu segera mencucinya jika itu terjadi. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memasukkan jeans Anda ke dalam freezer semalam. Caranya adalah: bungkus celana jeans dengan plastik kedap udara agar tidak basah, lalu masuk ke dalam freezer. Suhu freezer freezer diklaim membunuh bakteri penyebab bau, dan itu berlaku juga pada pakaian yang terbuat dari jeans. Lalu, meski cuaca sangat panas keesokan harinya, Anda akan merasa sejuk karena menggunakan jins yang baru dirilis dari freezer.

Bagaimana, ternyata cukup mudah ya untuk merawat jeans kamu supaya tidak mudah luntur. Jika kamu mau mencuci jeans menggunakan air hangat, pastikan suhunya hanya 32°C. Karena, air hangat dengan suhu yang tepat tidak akan menyebabkan penyusutan pada pakaian. Itulah enam tips merawat pakaian berbahan jeans  selamat mencoba
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar