--> Skip to main content

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama yang Menghitam di Kulit

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama / Gatal yang Menghitam di Kulit- Rasa gatal adalah sensasi terbakar, panas, dan bengkak yang muncul di kulit. Karena itu, orang yang mengalaminya akan memiliki keinginan untuk menggaruk kulit yang gatal. Rasa gatal bisa terjadi dimana saja, baik itu wajah, leher, ketiak, lengan, perut, pantat, paha, kaki, dll yang dibungkus kulit.

Rasa gatal disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saat digigit serangga, terkena kuman, jamur, bakteri, atau virus. Ada juga yang merasa gatal karena alergi terhadap alergi hewani seperti udara, debu, makanan, dan sebagainya. Selain faktor eksternal, rasa gatal juga bisa datang saat Anda stres, sakit, atau jika Anda memiliki kulit super kering.

Saat sensasi gatal menyerang, jari-jari tidak terasa memar untuk menggores kulit. Kebiasaan yang disengaja dan tidak disengaja ini bisa merusak jaringan kulit, loh! Pasalnya, setelah digaruk, luka pada kulit akan memperdalam dan meninggalkan bekas luka hitam yang sulit hilang. Tapi, sekarang Blog vani akan berbagi dengan Anda bagaimana cara menghilangkan gatal yang menghitam. Ayo, dengarkan!

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama / Gatal yang Menghitam 

1. Teh
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama / Gatal yang Menghitam

Teh merupakan ramuan tak terduga yang bisa mencerahkan kulit. Padahal, sebenarnya, kulit Anda bisa menjadi lebih cerah dengan menggunakan teh. Begitu pula area kulit yang kehitaman karena cedera. Cara menghilangkan rasa gatal hitam dengan teh cukup mengompres area kulit yang cemar dengan sisa teh (teh yang sudah diseduh). Gosokkan kulit Anda sebelum meletakkannya di kulit. Biarkan teh selama 10 - 15 menit sebelum diangkat.

2. Lemon
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama yang Menghitam di Kulit

Cara menghilangkan gatal yang menghitam yang berikutnya dengan lemon. Buah yang satu ini sering digunakan untuk kecantikan karena mengandung Vitamin C yang tinggi, sehingga bisa membantu membuat kulit terlihat lebih cerah dan bergizi. Kandungan vitamin C dalam lemon bisa melawan pigmentasi kulit, sehingga warna hitam pada kulit akan memudar seiring berjalannya waktu. Anda cukup menggosok kulit dengan selembar lemon selama beberapa menit. Kemudian, biarkan jus lemon selama 20 menit untuk diserap oleh kulit. Setelah itu, bilas kulit secara menyeluruh. Cara ini efektif untuk menghilangkan bekas luka gatal pada kaki dan di pangkal paha.

3. Bawang Merah
10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama yang Menghitam di Kulit

Masih dalam pembahasan bagaimana cara menghilangkan goresan gatal hitam dengan cara alami, kali ini coba gunakan bawang merah. Mungkin sebagian orang tidak menyukai bau atau sensasi panas saat menggunakan bawang merah. Namun, jika Anda benar-benar ingin mengeluarkan bekas-bekas luka dari kulit, Anda harus tahan. Bawang dapat mengangkat sel kulit mati, sel kulit gelap yang menumpuk pada sel kulit baru. Dengan mengangkat sel kulit mati, kulit Anda akan selalu terlihat lebih cerah. Anda bisa menggosok bawang merah di area kulit yang menghitam. Atau, Anda bisa menghaluskan bawang terlebih dahulu dan menempelkannya di area yang diinginkan.

4. Aloe Vera
Luka goresan bekas luka yang belum dikeringkan sampai yang bopeng saja bisa disembuhkan dengan lidah buaya. Tanaman ini memiliki sifat menenangkan kulit yang terluka dan mencerahkan kulit yang kehitaman karena bekas luka. Anda hanya menggosok gel lidah buaya di paha, tangan, wajah, leher, atau dimanapun ada bekas luka hitam.

5. MADU
Selain lidah buaya, cara menghilangkan bekas gatal yang kehitaman secara alami menggunakan madu. Manfaat madu dan lidah buaya tidak terlalu berbeda, yang bisa berfungsi sebagai penyembuhan luka dan gatal kulit. Madu akan memperbaiki kerusakan jaringan kulit saat membuatnya terlihat lebih cerah. Cara melakukan perawatan ini adalah dengan menyeka madu di daerah yang dibutuhkan. Diamkan sampai madu merembes atau mengering. Setelah itu bilas sampai bersih.

6. Baking Soda
Baking soda adalah ramuan untuk memanggang. Tapi, baking soda sering digunakan juga untuk membersihkan asesorisnya, bersihkan ruangan seperti dapur, kamar mandi, dan lain-lain. Tak hanya itu, baking soda juga sering digunakan pada kecantikan kulit karena bisa mencerahkannya. Baking soda akan mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga daerah kulit yang kehitaman bisa diganti dengan sel kulit baru yang warnanya lebih cerah dan tekstur lebih halus. Anda perlu mencampur 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air untuk membentuk adonan pasta yang kental. Oleskan pasta roti panggang ke area kulit yang diinginkan. Diamkan beberapa saat sampai pasta mengering, lalu bilas kulit secara menyeluruh.

7. Minyak
Di atas adalah cara untuk menghilangkan bekas gatal hitam dengan menggunakan bahan alami. Jika Anda merasa merepotkan jika harus mencampur bahannya dulu, Anda juga bisa menggunakan produsen produk bekas luka. Produk ini hadir dalam beberapa tipe. Kali ini Blogvani akan membahas bentuk minyak terlebih dahulu. Ya, ada banyak produk bekas luka bekas gatal atau apapun dalam bentuk minyak. Biasanya produk seperti ini bisa digunakan untuk menyamarkan luka hitam, stretchmark, hingga bekas luka timbul. Karena bentuk minyaknya, produk ini lebih mudah diserap oleh kulit dan membuat kulit terasa lebih lembab.

8. Gel
Selain minyak, banyak produk bekas luka berbentuk gel. Biasanya produk ini digunakan pada luka yang lebih serius seperti bekas luka keloid dan tumor jinak. Tapi, Anda juga bisa menggunakan produk ini untuk menyamarkan warna kulit yang kehitaman karena gatal biasa.

9. Krim
Penghapusan bekas luka minyak krim menawarkan kecepatan yang diserap oleh kulit. Produk berbentuk gel menawarkan perasaan dingin. Sementara produk berbentuk krim menawarkan sensasi yang lembab.

Biasanya penghilang bekas luka berbentuk krim mengandung bahan-bahan seperti aloe vera, jojoba oil, hingga vitamin-vitamin yang mampu menyamarkan bekas luka sekaligus menutrisi kulit. 

10. Sabun
Selain minyak, gel, dan krim, ada juga produk bekas luka bekas pakai berupa sabun. Sebenarnya sabun ini lebih ke sabun kecantikan yang mampu meratakan warna kulit sekaligus mencerahkannya. Biasanya sabun semacam ini mengandung bahan seperti alpha arbuthin dan vitamin C.

Ya, itulah sepuluh cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam ala Bacaterus. Ada cara menggunakan bahan alami dan juga menggunakan produk pabrikan. Terserah Anda lebih suka menggunakan cara yang mana. Asal menggunakannya secara teratur, kulit Anda yang menghitam karena bekas luka gatal akan terlihat lebih cerah lebih cepat. Selamat mencoba!


Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar