--> Skip to main content

10 Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah-Pecah Dan Hitam 100% Secara Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah-Pecah Dan Hitam 100% Secara Alami- Bibir yang merupakan salah satu bagian tubuh kita cukup sensitif. Bibir yang sehat adalah bibir merah, tidak kering dan pecah-pecah. Jika kita tidak mengobatinya dengan baik, tidak menutup kemungkinan bibir kita akan menjadi lebih gelap, kering dan pecah-pecah. Biasanya hal ini terjadi pada perokok, kurang bersih saat melepas make up, kurang perawatan bibir, kurang vitamin, reaksi alergi, dehidrasi, usia, paparan sinar matahari, perubahan cuaca ekstrem, dan terlalu sering menjilat atau menggigit bibir.

Bibir juga perlu diobati sehingga bibir terlihat lebih sehat, lembab dan memiliki warna cerah. Sebelum bibir menjadi bermasalah, sebaiknya Anda merawat bibir dengan rutinitas. Tak hanya bodi, bibir juga butuh perawatan ekstra. Lalu apa cara bibirnya tidak kering dan retak? Anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini:

1. Minum air putih yang cukup
10 Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah-Pecah Dan Hitam 100% Secara Alami

Kebutuhan air untuk masing-masing individu berbeda. Bergantung pada aktivitas yang mereka jalani. Seseorang yang memiliki aktivitas fisik lebih sering berkeringat, sebaiknya minum air lebih banyak untuk mengganti cairan yang hilang. Hal ini untuk mencegah seseorang kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Sebaiknya setiap hari minum air putih, jangan membentuk minuman yang memiliki rasa. Mungkin sesekali minum minuman sambil mencicipi seperti teh manis, kopi, sirup, daun susu sebagainya. Tapi jangan berlebihan, karena gula dalam minuman tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini untuk mencegah Anda terkena diabetes.

2. Oleskan krim pelembab bibir khusus
Saat ini ada banyak krim lip gloss spesial yang dijual di pasaran. Krim pelembab khusus ini biasanya terbuat dari bahan alami yang mengandung minyak kelapa, madu, minyak zaitun, dan bahan alami lainnya. Bahan ini dipercaya bisa melembabkan bibir, mengatasi kulit mati dan beregenerasi dengan sel kulit baru, dan memberi nutrisi pada bibir. Anda bisa mengoleskan salah satu bahan sebelum tidur. Atau oleskan lip gloss sebelum menggunakan lipstik. Jadi bibir Anda lebih lembab dan glossy.

3. Oleskan masker wortel ke bibir
Wortel bisa membantu mengangkat sel kulit mati, membuat bibir berwarna merah alami, dan bisa melembabkan bibir. Bila Anda membuat jus wortel, Anda bisa menyaring ampasnya. Kemudian gunakan ampas wortel bisa digunakan sebagai masker bibir. Setelah dioleskan ke bibir, diamkan selama 15-30 menit. Kemudian gosok perlahan lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker wortel ini sekali seminggu, agar bibir tetap terjaga kelembutan. Selain itu, wortel juga bisa diganti dengan mentimun, lemon, limau, tomat atau madu.

4. Hindari penggunaan lipstik sintetis
Lipstik yang bagus adalah lipstik yang terbuat dari bahan alami. Jadi tidak menimbulkan iritasi pada bibir. Pilih lipstik dari merek terpercaya, yang mengandung bahan alami, pelembab, dan wewangian alami. Harus dicatat di BPOM dan juga halal. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa ya. Dan akan lebih baik jika lipstik tidak berbagi pakai, agar lipstik tetap bersih. Dan mencegah penyebaran penyakit dari satu bibir ke bibir yang lain. Lipstik yang bagus cukup mahal. Tapi ini sebanding dengan hasil yang didapat. Bibir tetap sehat, tetap lembab dan aman karena iritasi.

5. Hindari menjilati Bibir
10 Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah-Pecah Dan Hitam 100% Secara Alami

Saat bibir kering, kebanyakan orang akan refleks melembabkannya dengan menjilati bibir mereka atau memasukkan bibir ke mulut. Tapi tahukah Anda, air liur atau air liur akan cepat menguap. Yang sebenarnya akan membuat pengering bibir dari sebelumnya dan bahkan akan memperberat bibir pecah-pecah. Sebaiknya gunakan lip balm agar bibir menjadi lembab. Gunakan sekeras mungkin jika Anda berada di luar ruangan atau berada di dalam ruangan bersama Ac sehingga Anda menghindari bibir kering dan pecah-pecah.

6. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Sehari-hari
Jika tubuh kekurangan zat besi, vitamin B dan asam lemak esensial, biasanya bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah. Terutama di sudut bibir. Padahal, dalam beberapa kasus ada yang sampai agak sobek. Ini pasti akan membuat Anda tidak nyaman, bukan? Anda harus menggunakan multivitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, jika perlu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Tapi jika Anda rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, dokter biasanya tidak menganjurkan untuk mengkonsumsi multivitamin. Kecuali bila Anda sakit, biasanya akan ditentukan multivitamin untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit yang Anda derita.

7. Hindari Kebiasaan Menggigit Bibir
10 Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah-Pecah Dan Hitam 100% Secara Alami

Beberapa orang biasanya memiliki kebiasaan menggigit bibir. Biasanya bibir akan terasa sakit, bahkan menjadi mudah kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu lebih baik bagi anda yang memiliki kebiasaan menggigit bibir anda, berhentilah melakukannya ya.

8. Hindari menggunakan produk bibir yang mengandung alergen
Beberapa orang memiliki kecenderungan untuk alergi terhadap zat tertentu. Entah itu produk makanan, obat-obatan, atau produk kecantikan. Bagi Anda yang sudah mengetahui jenis alergi pada zat tertentu, sebaiknya pilih produk untuk bibir yang tidak mengandung alergen. Agar bibir Anda tidak menjadi merah atau bengkak karena alergi. Tetapi jika Anda hanya tahu setelah menggunakan produk tersebut, berhentilah menggunakan produk tersebut dan konsultasikan ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. Sedangkan untuk penanganan darurat, Anda bisa memampatkan bibir Anda dengan es batu yang dimasukkan ke dalam kain tipis. Hentikan penggunaan produk untuk bibir sampai alergi Anda sembuh lalu ganti produk yang mengandung alergen dengan produk lain yang direkomendasikan oleh dokter.

9. Rutin melakukan scrub pada bibir
Tak hanya tubuh dan wajah, bibir juga perlu diobati. Selain masker bibir, sebaiknya juga rutin melakukan scrub pada bibir. Ini untuk membantu pengelupasan sel kulit mati di bibir. Anda bisa menggunakan bahan gula sederhana yang dicampur dengan madu. Oleskan pada bibir yang sudah dibersihkan. Gosok gula dan madu perlahan, lakukan selama 5-10 menit. Kemudian cuci dengan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Lakukan scrub ini setiap 1-4 kali dalam sebulan.

10.Jangan terlalu sering bernafas melalui mulut
10 Cara Mengatasi Bibir Kering, Pecah-Pecah Dan Hitam 100% Secara Alami

Biasanya seorang atlet renang atau Anda yang sedang berenang akan bernafas lebih banyak melalui mulut. Hembusan angin melalui mulut bernafas bisa menyebabkan bibir cepat kering. Usahakan menggunakan pelembab pada bibir sebelum beraktifitas. Tak hanya wanita, pria juga harus menggunakan pelembab bibir. Tentunya itu tidak berwarna ya. Itulah 10 cara agar bibir tetap kering dan retak yang bisa Anda lakukan. Tapi jika bibir Anda kering dan retak dalam waktu lama dan tidak bisa diatasi dengan menggunakan metode di atas, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Biasanya ada penyakit tertentu yang menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar