--> Skip to main content

10 Cara Memutihkan Mata Kaki yang Hitam Dan Menebal, Kasar, dan Kering dengan Mudah

Apakah pergelangan kaki Anda lebih gelap dari pada area kulit lainnya? Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, anak-anak dan orang dewasa. Biasanya hal ini terjadi karena gesekan dan tekanan yang terjadi di daerah terus menerus. Misalnya, karena dulu sering duduk bersila sehingga menyebabkan mata tertekan. Penyebab lainnya juga bisa disebabkan kebiasaan menggunakan sepatu yang selalu menutupi pergelangan kaki sehingga sangat menekan area pergelangan kaki. Mata yang menghitam ini bisa terjadi pada pemilik warna kulit manapun.

Mata Kaki kehitaman ini bisa menyebabkan penurunan kepercayaan diri saat akan mengenakan pakaian yang menunjukkan pergelangan kaki. Bagi pria, mungkin masih belum terlalu banyak tentang itu. Tapi bagi wanita, biasanya tidak percaya diri dan mengakalinya dengan berbagai cara. Seperti menggunakan celana panjang, kaus kaki, dan stoking. Tapi itu hanya sementara. Lalu bagaimana cara menghilangkan hitam di pergelangan kaki agar hasilnya maksimal? Ini termasuk:

10 Cara Memutihkan Mata Kaki yang Hitam Dan Menebal, Kasar, dan Kering dengan Mudah

1. Oleskan Masker Lidah Buaya
10 Cara Memutihkan Mata Kaki yang Hitam Dan Menebal, Kasar, dan Kering dengan Mudah

Lidah buaya sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya juga bisa dikonsumsi menjadi makanan olahan dan minuman. Khasiatnya sangat banyak, salah satunya adalah mencerahkan kulit. Tapi sebelum menggunakannya akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter kulit, untuk mengetahui apakah Anda bisa mentoleransi zat dalam lidah buaya atau tidak. Ambil satu lidah buaya dengan daging berukuran sedang. 

Kupas kulitnya dan ambil dagingnya. Hancurkan lidah buaya sampai benar-benar lembut. Lalu oleskan ke area pergelangan kaki. Diamkan selama 15-30 menit, setelah benar-benar kering cuci dengan air hangat. Lakukan masker lidah buaya ini setiap dua minggu sekali.

2. Oleskan Minyak Zaitun
10 Cara Memutihkan Mata Kaki yang Hitam Dan Menebal, Kasar, dan Kering dengan Mudah

Minyak zaitun mengandung anti oksidan dan antiinflamasi. Kedua zat ini dipercaya bisa melembutkan, mencerahkan, dan mengencangkan kulit. Dan bisa regenerasi sel kulit mati ke sel kulit baru. Anda bisa membeli produk minyak zaitun di pasaran. Oleskan cukup minyak zaitun pada pergelangan kaki yang sudah dibersihkan. Biarkan selama 15-30 menit sampai kering. Kemudian cuci dengan air hangat. Keringkan dengan handuk lembut. Oleskan minyak zaitun ini setiap tiga kali seminggu.

3. Oleskan air Lemon
10 Cara Memutihkan Mata Kaki yang Hitam Dan Menebal, Kasar, dan Kering dengan Mudah

Lemon sering digunakan pada produk kecantikan seperti kulit kering, untuk menghilangkan sel kulit mati, dan untuk mengurangi pigmentasi kulit. Anda cukup membagi lemon menjadi beberapa bagian dan kemudian oleskan ke seluruh area pergelangan kaki. Diamkan selama 15-30 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini setiap 2-3 kali seminggu. Hindari mengoleskan lemon ke area pergelangan kaki yang cedera. Karena kulit yang terluka akan terasa sakit.

4. Oleskan Almond Peanut Mask
Almond memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Almond dapat dikonsumsi langsung setelah memanggang atau memanggang kue, makanan, dan minuman olahan. Almond mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Seperti menghaluskan kulit, melembabkan kulit, dan bisa mengangkat sel kulit mati. Anda bisa menggunakan kacang almond utuh yang Anda baur dengan blender. Atau jika Anda ingin lebih praktis, cukup gunakan almond yang sudah bubuk. Campur 1-2 sendok makan bubuk almond bubuk dengan 1 sendok makan madu atau yoghurt. Aduk sampai menjadi pasta berbentuk. Kemudian oleskan ke area pergelangan kaki, diamkan sampai kering. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap hari selama 20 hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Rendam Kaki di Baking Soda 
Baking soda mengandung bahan yang bisa mencerahkan kulit kusam. Dan bisa mengangkat sel kulit mati agar kulit tetap cerah. Caranya sangat mudah, Anda mempersiapkan terlebih dahulu air hangat di ember sudah cukup untuk merendam kaki Anda. Kemudian masukan 2-3 sendok makan baking soda, aduk rata. 

Kemudian rendam kaki Anda selama 15-30 menit, atau sampai air menjadi dingin. Kemudian bilas kaki dengan air bersih, keringkan dengan handuk. Oleskan body lotion atau body moisturizer di area kaki. Lakukan perendaman kaki ini setiap 2-3 kali seminggu sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk perawatannya, Anda hanya melakukan sekali seminggu saja.

6. Gunakan Scrub Susu
Susu mengandung AHA atau Alpha Hydroxy Acid, asam laktat, protein dan vitamin yang berperan penting dalam regenerasi sel kulit. Sehingga bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru, bisa membantu mencerahkan kulit, dan membantu mengatasi masalah pigmentasi pada kulit. Campur 1-2 sendok makan susu bubuk putih, 2-3 sendok makan madu, dan 1-2 sendok makan gula. Aduk semua bahan sampai terbentuk menjadi pasta. Kemudian oleskan ke area pergelangan kaki dengan gerakan melingkar selama 15 menit. Lalu diamkan sampai kering. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan scrub susu ini setiap 2-3 kali seminggu.

7. Gunakan Chocolate Mask
Cokelat mengandung antioksidan yang bisa memberi nutrisi, mencerahkan, melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit. Cokelat banyak digunakan untuk makanan olahan, minuman, dan juga untuk produk kecantikan. Cara membuat masker coklat cukup mudah. Ambil 1-2 sendok makan bubuk cokelat, dicampur dengan 1-2 sendok makan minyak zaitun. Aduk sampai pasta terbentuk. Lalu oleskan masker coklat ke area pergelangan kaki. Diamkan selama 15-30 menit, atau sampai benar-benar kering. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan aktivitas menggunakan masker coklat ini setiap 2-3 kali seminggu.

8. Gunakan Virgin Coconut Oil atau Pure Coconut Oil
Virgin Coconut Oil atau Pure Coconut Oil memiliki kandungan utama asam laurat yang memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur. Virgin Coconut Oil atau Pure Coconut Oil dapat melembabkan kulit kering, mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, mengobati infeksi kulit seperti psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya. Anda hanya perlu mengoleskan Virgin Coconut Oil atau Pure Coconut Oil ke area pergelangan kaki setiap malam sebelum tidur. Biarkan dalam semalam, lalu hari berikutnya bilas dengan air hangat.

9. Gunakan Kentang Mentah
Kentang mengandung vitamin B kompleks, mineral, vitamin A, dan zat lain yang baik untuk tubuh. Kentang juga mengandung hidrogen peroksida yang berperan dalam mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan irisan kentang mentah, gosokkan pada pergelangan kaki. Diamkan 15-30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Selain itu Anda juga bisa menghaluskan kentang menjadi kentang masker. Sebaiknya tidak mencampurnya dengan air. Oleskan masker kentang pada pergelangan kaki. Lalu diamkan sampai kering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Ulangi menggunakan masker kentang ini setiap 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

10. Manfaatkan Mentimun Sebagai Masker
Ketimun sering digunakan untuk menghilangkan area hitam di sekitar mata atau mata panda. Ketimun mengandung kandungan air tinggi, vitamin A, B2, dan C, serta mineral, seperti magnesium, potasium, mangan, dan silika. Bahan dalam mentimun ini bisa melawan pigmen melanin yang menyebabkan kulit wajah menjadi gelap. Anda hanya memotong mentimun dan kemudian paste di pergelangan kaki. Atau Anda bisa menghaluskan timun tanpa air ekstra. Lalu oleskan pada pergelangan kaki. Diamkan 15-30 menit atau sampai kering. Lalu bilas dengan air dingin. Ulangi kegiatan ini setiap 2-3 kali seminggu sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan hitam di mata kaki. Anda bisa mencoba salah satunya yang cocok dengan kondisi kulit Anda. Dengan pemakaian yang rutin, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda memiliki pengalaman berbeda atau cara yang berbeda, silahkan berbagi di kolom komentar yang tersedia. Selamat mencoba ya!
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar