--> Skip to main content

10 Cara Membersihkan Dompet Kulit Yang Kotor Agar Bersih Mengkilap

Rata-rata orang pasti punya barang terbuat dari kulit, baik itu jaket, tas, rok, celana, rompi, jam, topi, sepatu, dan yang paling populer adalah dompetnya. Mungkin alasan Anda memilih dompet kulit karena barang tahan lama yang terkenal. Padahal, apapun yang terbuat dari kulit membutuhkan perawatan agar tetap berkilau, tidak kusam, dan tidak mudah rusak.

Dompet kulit Anda bisa cepat rusak jika tidak dibersihkan secara teratur. Debu, noda, dan kotoran akan menumpuk setiap hari. Karena itu, Anda perlu melakukan pembersihan rutin. Pada artikel ini, Blog vani akan memberitahu Anda cara membersihkan dompet kulit, dari bahan yang bisa digunakan untuk membersihkannya.
10 Cara Membersihkan Dompet Kulit Yang Kotor Agar Bersih Mengkilap

10 Cara Membersihkan Dompet Kulit 

1. Kain Mikrofiber
Kain microfiber adalah barang yang harus dimiliki untuk merawat dompet kulit dan barang kulit lainnya. Mengapa harus kain microfiber? Sebab, kain lain memiliki serat yang tidak sesuai jika terkena kulit. Cara membersihkan dompet kulit menggunakan kain microfiber sangat mudah. Anda hanya perlu menggosok dompet dengan kain ini secara teratur. Tidak perlu setiap hari, tapi setidaknya melakukannya di akhir pekan atau saat Anda bebas. Pertama-tama, basahi kain microfiber dengan air bersih. Kedua, peras kainnya jadi tidak terlalu basah, yang Anda butuhkan hanyalah kain lembab, bukan yang berlumpur. Kemudian, bersihkan dompet Anda. Akhirnya, bersihkan dompet Anda lagi dengan sisi kain kering.

2. Air
Hal termudah dan paling murah untuk membersihkan dompet kulit adalah dengan menggunakan air. Seperti langkah-langkah yang dijelaskan di nomor 1, gunakan kain microfiber tahan air untuk menyeka dompet kulit. Air bisa membersihkan noda ringan seperti sidik jari, debu, bedak dan lecet. Tapi, jika tidak ada kain microfiber, Anda juga bisa menggunakan kapas atau cotton bud. Jika Anda menggunakan tisu, jangan gosok tissue di dompet, tapi tekan dengan lembut tissue. Sebab, lap basah akan rontok jika Anda menggosoknya. Jika itu terjadi, bukannya bersih, dompet Anda bahkan akan kotor.

3. Pembersih Khusus
Tentu Anda tahu jika ada pembersih khusus barang kulit yang ada di pasaran. Biasanya produk ini berbentuk krim, cairan, dan gel. Cara membersihkan dompet kulit dengan pembersih khusus sangat mudah dan merupakan pilihan yang paling tepat. Anda cukup menetes pembersih kulit pada kain lembut, lalu bersihkan dompet kulit Anda dengan menggunakan kain. Jika pembersihnya berbentuk semprot, semprot cairan pembersih secukupnya di permukaan dompet, lalu bersihkan dengan lap. Anda bisa membeli pembersih cairan khusus di toko barang kulit. Atau, Anda bisa membelinya secara online sehingga barang yang terserah Anda. Sementara Anda hanya duduk manis di rumah menunggu pesanan Anda datang.

4. Deterjen
Anda juga bisa menggunakan deterjen dalam cara membersihkan dompet kulit kusam. Caranya, tuangkan larutan deterjen ke kain, lalu bersihkan seluruh permukaan dompet Anda perlahan. Selain deterjen, Anda juga bisa menggunakan sabun khusus yang mengandung minyak dan lilin. Sabun ini bisa membantu menjaga keharuman dompet kulit Anda. Untuk deterjen, coba pilih deterjen cair saja. Sebab, konsentrat deterjen cair lebih lembut dari pada deterjen bubuk. Lebih baik jika Anda menggunakan deterjen untuk pakaian bayi, karena rumusnya sangat lembut. Jika Anda ingin membeli deterjen dari merek manapun secara online

5. Window Cleaner
Selain deterjen, Anda juga bisa menggunakan pembersih jendela untuk merawat dompet kulit. Cairan pembersih jendela bisa mengangkat kotoran lebih baik dari sekedar menggunakan kain lap dan air saja. Semprotkan atau tuangkan pembersih jendela ke dalam dompet Anda, lalu bersihkan kain atau tissue bersih.

6. Uap
Tak hanya wajah yang perlu diuapkan untuk perawatan, dompet kulit juga membutuhkannya. Uap ternyata bisa digunakan sebagai alat untuk membersihkan dompet kulit tanpa cela. Uap tidak akan merusak kulit dari dompet Anda. Sebagai gantinya, uap akan membunuh bakteri dan kuman yang menyala, dan mengangkat noda yang menempel di dompet. Mesin uap khusus untuk perabotan pembersih tersedia di pasaran.

7. Bahan alami

Memang, cara membersihkan dompet kulit terbaik adalah menggunakan bahan alami. Anda bisa menggunakan jus lemon, cuka, minyak zaitun, atau minyak kelapa untuk membersihkan dan membuat dompet kulit Anda tetap prima.

8. Petroleum Jelly
Jelly petroleum juga sangat baik untuk kulit. Tidak hanya untuk kulit manusia, barang yang terbuat dari kulit akan sangat bagus jika rutin diberi petroleum jelly. Cara membersihkan dompet kulit dengan petroleum jelly adalah dengan mencelupkan cotton bud atau tissue pada creamnya, lalu gosokkan pada permukaan dompet bernoda dengan gerakan melingkar. Untuk perawatannya, Anda bisa menggosok petroleum jelly di seluruh permukaan dompet menggunakan tisu atau katun.

9. Alkohol
Alkohol tentu bisa menghilangkan kotoran dengan benar. Jadi Anda bisa menggunakan alkohol juga untuk membersihkan dompet kulit Anda. Bagaimana? Sama seperti cara membersihkan sebagian besar dompet kulit, yaitu dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Jika dompet Anda keras kepala, coba gunakan penghapus cat kuku. Tapi, gunakan rumus ringan, ya, agar tidak merusak permukaan kulit dompet Anda.

10. Selotip

Jika noda atau kotoran menempel pada dompet Anda tidak terlalu serius, Anda bisa, loh, mengangkatnya dengan selotip. Gunakan jari tengah dan telunjuk untuk memudahkan pengangkatan kotoran dari dompet. Potong pita secukupnya, lalu gulung kembali dan letakkan kedua ujungnya. Jadi, jari-jari Anda akan menyentuh pita yang tidak dikelantang, tapi jari Anda masih bisa memegang kaset dengan kencang. Kemudian, tempel pita di seluruh permukaan dompet. Belakangan, noda dan kotoran di permukaan dompet akan menempel pada kaset. Ganti pita baru jika pita lama itu kotor.

Itulah sepuluh langkah yang bisa Anda gunakan dalam cara membersihkan dompet kulit. Bacaterus punya tips lanjutan dalam cara membersihkan dompet kulit. Tips ini dapat digunakan baik untuk dompet kulit pria maupun wanita, yaitu: Seka dompet perlahan Jangan pernah menggosok dompet terlalu keras. Lalu, agar dompet kulit Anda lebih awet lagi, gerakan menggosoknya lebih baik jika searah dengan serat kulit. Keringkan dompet Setelah Anda mengelap dompet menggunakan salah satu dari sepuluh item di atas, Anda harus mengeringkan dompet Anda dengan benar. Caranya bukan menggunakan hair dryer atau pun pengering lainnya. Cukup letakkan dompet Anda hingga mengering dengan sendirinya. Hindari dari sinar matahari langsung, ya. Jika Anda terburu-buru, gunakan saja kipas angin. 

Beri pelembab Seperti kulit manusia yang butuh moisturizer, barang-barang kulit milik kita pun membutuhkannya. Jadi, oleskan pelembab kulit pada dompet Anda yang telah kering. Tes terlebih dahulu Yang perlu Anda ingat sebelum melakukan pembersihan dompet dengan 10 item di atas adalah: tes terlebih dahulu di sudut terkecil dompet Anda. Apakah item tersebut cocok pada kulit dompet Anda atau tidak. Jadi, jika nantinya item tersebut tidak cocok, maka kerusakan yang ditimbulkan tidak akan kentara.

Nah, itu dia tips tambahan untuk artikel cara membersihkan dompet kulit kali ini. Semoga informasi ini dapat membantu menjaga dompet kulit Anda, ya. Selamat mencoba.

Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar