--> Skip to main content

10 Cara Ampuh Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat

Cara Ampuh Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat- Apakah Anda pernah lupa mencuci sepatumu, tapi sepatunya akan digunakan dalam waktu dekat? Kemudian, setelah dicuci, masalah baru datang lagi. Itu cuaca hujan, jadi tidak mungkin mengeringkan sepatumu di luar. Lalu, apa yang akan Anda lakukan? Terus pakai sepatu basah, atau menyerah dan menggunakan sepatu lain? Berjalan dengan sepatu basah bisa menyebabkan kulit keriput, lecet, memicu pertumbuhan jamur, dan membuat kaki Anda tercium! Jika Anda memutuskan untuk menggunakan sepatu lain, belum tentu sepatunya bersih atau sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan? Tenang saja, sekarang kamu bisa mengeringkan sepatumu dalam hitungan jam.

Blog vani telah mengumpulkan 10 cara untuk mengeringkan sepatu basah dengan cepat. Metode di bawah ini bisa Anda lakukan dengan barang yang sudah ada di rumah, tapi ada juga beberapa barang yang harus Anda beli dulu. Berikut adalah 10 cara cepat untuk mengeringkan sepatumu.

10 Cara Mengeringkan Sepatu yang Basah 

1. Sinar Matahari
10 Cara Ampuh Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat

Tentu saja sinar matahari adalah cara terbaik dan paling efektif untuk mengeringkan sepatu bot basah. Jika cuacanya bagus, keringkan sepatumu di luar untuk mendapatkan angin dan sinar matahari langsung. Tapi, perhatikan juga bahan sepatu Anda ya, siapa tahu bahan sepatu berjemur tidak cocok sama sekali kalau dikeringkan langsung di bawah sinar matahari.

2. Mesin cuci
10 Cara Ampuh Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat

Cara mengeringkan 2 sepatu basah dengan cepat adalah dengan menggunakan mesin cuci pengering. Jika sepatu Anda terbuat dari kanvas, sintetis, dan kapas tanpa sol keras dan tidak terbuat dari gel, maka sepatumu dimasukkan dengan aman ke dalam mesin cuci. Dan, tentu saja mesin cuci juga tidak begitu bandwagon rusak karena disisipkan sepatu. Sebelum mengeringkan sepatunya pada mesin cuci, isilah mesin dengan beberapa lap atau handuk terlebih dulu. Jika Anda bisa lap atau handuk sedikit dibasahi dulu agar tidak robek saat proses pengeringan. Cukup masukkan beberapa lembar kain, tidak perlu mengisi tabung mesin cuci. Anda juga bisa memasukkan sepatu ke kantong jala agar sepatu lebih "aman" alias untuk memperkecil kemungkinan kerusakan. Contoh sepatu yang tidak bisa dicuci atau dikeringkan menggunakan mesin cuci adalah sepatu kulit asli, sepatu olahraga dengan sol gel, sepatu kets, dan sandal (apalagi yang berhak).

3. Kipas Angin
10 Cara Ampuh Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat

Cara ke-3 untuk mengeringkan sepatu lebih cepat adalah menggunakan kipas angin. Gunakan kipas lantai atau kipas meja, cukup sentuh lantai, jangan menempel dinding dan plafon. Juga gunakan kipas yang lebih besar dan lebih panjang dari ukuran sepatunya. Anda bisa menggantung sepatu di sela-sela grip kipas dengan hook. Cara lain adalah dengan meletakkan sepatu di lantai lalu mengarahkan kipas angin ke bawah (langsung ke sepatu Anda).

4. Pengering rambut
Apakah Anda memiliki pengering rambut di rumah? Jika tidak, beli yuk pertama, Anda bisa melihat koleksi hair dryer yang bagus disini. Pengering rambut juga bisa dimanfaatkan dalam cara mengeringkan sepatu basah dengan cepat, loh. Bahkan pengering rambut pun aman untuk semua jenis sepatu. Mari mencoba mengeringkan sepatu memakai hair dryer!

5. koran
Cara mengeringkan sepatu basah dengan cepat dengan yang ke 5 adalah dengan menggunakan koran. Tapi, Anda perlu memilih koran terlebih dahulu. Usahakan tidak menggunakan kertas koran yang banyak gambar, apalagi kalau gambarnya hitam. Pilihlah kertas koran terkecil (dan jika tidak terlalu banyak). Mungkin Anda bisa menggunakan halaman iklan kendaraan. Gulung atau peras kertas koran menjadi berbentuk bola, lalu masukkan ke dalam sepatu. Ulangi sampai sepatu terisi penuh oleh bola koran. Setelah itu, bungkus sepatumu juga pakai koran. Ikat menggunakan karet gelang, tali rafia, atau benang kasur agar koran tetap longgar.

6. Kain / Handuk
Selain koran, kain atau handuk juga bisa Anda gunakan untuk membuat sepatu kering lebih cepat. Tekan sepatumu dengan kain yang menenangkan air atau handuk lembut. Lalu, Anda juga bisa memasukkan kain ke dalam sepatu sehingga air di dalamnya diserap oleh kain.

7. Lemari es
10 Cara Ampuh Mengeringkan Sepatu yang Basah dengan Cepat

Ayo, simpan sepatumu di lemari es! Cara mengeringkan sepatu basah dengan cepat yang satu ini mungkin terdengar aneh dan mengerikan, apalagi jika Anda adalah orang yang suka menyimpan banyak makanan di kulkas, terutama freezer. Tapi, serius, cara ini bisa membuat sepatumu kering lebih cepat, loh! Caranya adalah dengan mengosongkan freezer dulu agar makanan, minuman, es batu, es krim, atau apapun itu tidak terkontaminasi sepatu. Lalu, bungkus sepatu dengan kantong plastik, lalu masukkan ke dalam freezer. Cara kedua mengeringkan sepatu dengan menggunakan lemari es mungkin terdengar lebih aman untuk bahan makanan Anda. Caranya hanyalah senderkan sepatu belakang kulkas (yang terasa panas, loh), dan tunggu sepatumu kering dengan sendirinya. Mudah saja, bukan?

8. Microwave
Cara yang lebih sederhana untuk mengeringkan sepatu dengan cepat, yaitu dengan menggunakan microwave! Selain pengering rambut, kulkas, mesin cuci, dan kipas angin, ada perangkat elektronik lain yang bisa digunakan untuk mengeringkan sepatu. Adalah microwave, mesin yang biasa menghangatkan dan membuat makanan. Cara kerja microwave dalam pengeringan sepatu adalah menguap air dari sepatu. Cara menggunakannya adalah dengan meletakkan sepatu di microwave, maka atur suhu saja. Untuk saat ini, atur ke 15 - 30 menit (sesuaikan bahan sepatu dan basuh sepatu Anda). Jika Anda menggunakan langkah ini, Anda seharusnya tidak pernah meninggalkan microwave sendirian. Mengapa? Karena takut sepatu Anda akan terbakar terlalu lama di microwave. Yang lebih berbahaya, bisa jadi jika terlalu lama, maka microwave bisa meledak. Tapi, selama Anda memantau dan mengatur suhu dan waktu dengan benar, langkah ini dijamin aman.

9. Lampu
Cara mengeringkan sepatu basah dengan cepat yang lain adalah dengan menggunakan bola lampu. Ini agak sulit karena Anda harus menyediakan tempat tertutup yang terang. Hal seperti ini tidak biasa, jadi mungkin Anda harus mengumpulkannya sendiri. Atau, jika Anda memiliki lampu yang agak dekat dengan lemari, Anda bisa meletakkan sepatu basah di atas lemari tepat di bawah lampu bohlam. Namun, tentu saja butuh waktu pengeringan lebih lama dibanding dengan menggunakan ruang tertutup yang berisi lampu bohlam.

10. Pengering Listrik
Cara mengeringkan sepatu basah terakhir dengan cepat adalah menggunakan pengering sepatu listrik. Sekarang hal seperti ini sudah ada dipasaran. Anda bisa menemukan produk semacam itu dalam berbagai bentuk, ukuran, dan harga.

Nah, itulah 10 cara mengeringkan sepatu yang basah dengan cepat dari Blog vani. Semoga informasi ini berguna untuk Anda. Jadi, selain memanfaatkan alam, Anda bisa juga memanfaatkan barang-barang di rumah untuk mengeringkan sepatu lebih cepat. Apakah Anda tahu cara yang lainnya supaya sepatu jadi lebih cepat kering?
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar