--> Skip to main content

Cara Membuat Dan Contoh Kata Pengantar Skripsi, Makalah, Proposal Yang Baik dan Benar

Contoh Kata Pengantar Biasanya di atas kertas, baik dalam bentuk penulisan ilmiah maupun non ilmiah biasanya dimulai dengan kata pembuka dari penyusunnya atau biasa kita dipanggil dengan pendahuluan. Isi syukur untuk selesainya makalah ini juga merupakan ucapan terima kasih atas segala bantuan dari semua pihak yang telah membantu sampai pekerjaan selesai dan yang terakhir. Kata pengantar adalah komponen terpenting yang tidak boleh kita lewatkan dari makalah atau laporan. Untuk laporan atau surat kabar bisa terlihat buruk dan lengkap jika tidak dilengkapi dengan kata pengantar di dalamnya.

Sesuai dengan namanya, kata pengantar adalah ucapan syukur, terima kasih dan salam dari penulis ke surat kabar yang telah berhasil. Biasanya masih tersedia penjelasan kalimat dan harapan yang ada kaitannya dengan tema beserta isi tulisan yang tertulis.

Dalam sebuah makalah berupa buku, entah itu biografi, buku teks, dan buku novel, tentu selalu ada kata pengantar di dalamnya. Selain itu, ada juga bagian dari buku-buku dan surat-surat yang tak kalah utama seperti daftar isi, bibliografi, dan lain-lain yang secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi profesionalisme karya-karya yang diciptakan.

Selain itu, pengenalan pendahuluan juga merupakan bentuk penghormatan bagi penulis atau penulis untuk setiap pembaca. Terkait dengan merangkai kalimat pengantar tentu saja harus menggunakan bahasa standar dan menggunakan kalimat yang efektif.

Cara Membuat Dan Contoh Kata Pengantar Skripsi, Makalah, Proposal Yang Baik dan Benar

Intinya adalah pembaca lebih mudah memahami hal-hal yang tertulis di koran. Seseorang yang pandai merangkai kata biasanya memiliki kecenderungan untuk membaca. Dengan demikian tidak akan terasa sakit saat akan menulis laporan atau kertas. Berikut adalah beberapa tip tentang cara membuat pengenalan yang baik dan standar.

Berikut adalah Cara Membuat Dan Contoh Kata Pengantar Skripsi, Makalah, Proposal Yang Baik dan Benar

Contoh 1 Kata Pengantar Makalah PKN

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, kami selalu mengucapkan syukur kepada hadirat Allah SWT yang sampai sekarang masih memberi kami nikmat iman dan amal, jadi saya diberi kesempatan untuk menyelesaikan tugas penulisan tulisan ini mengenai "Hak dan Kewajiban Mahasiswa Indonesia Menurut UUD 1945 ".

Penulisan makalah ini adalah sebagai pemenuhan beberapa tugas kursus Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam tulisan ini membahas tentang definisi hak, memahami kewajiban, memahami warga negara, prinsip kewarganegaraan dan hak-hak kewajiban siswa Indonesia sesuai UUD 1945.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung kami selama pembuatan makalah ini. Penulis juga berharap semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi setiap pembaca.

Disertai dengan kerendahan hati, kritik dan saran yang membangun yang kami harapkan dari para pembaca untuk kemudian memperbaiki dan merevisi kembali pembuatan makalah dalam tugas-tugas lain dan di lain waktu.

Jakarta, September 2019


Penulis


Contoh 2 Kata Pengantar Bhs Indonesia

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah kami selalu mengatakan kehadiran Allah SWT karena curahan anugrah dan anugrah kami akhirnya sampai pada tahap menyelesaikan makalah dengan tema "Pemanfaatan Limbah Plastik".

Kami juga mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Dr. Sumini selaku dosen Teknik Industri Uniga yang telah menyerahkan kepercayaan kepada kami untuk menyelesaikan makalah ini.

Kami sangat berharap agar tulisan ini bermanfaat untuk meningkatkan wawasan serta wawasan terkait dampak yang ditimbulkan oleh limbah, sekaligus langkah bagaimana menjadikan sampah menjadi barang kerajinan yang bisa digunakan.

Kami juga sadar bahwa dalam tulisan ini masih banyak ditemukan kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Jadi, kita benar-benar menunggu kritik dan saran untuk perbaikan makalah yang ingin kita tulis di masa depan, karena menyadari tidak ada hal yang sempurna tanpa saran yang membangun.

Semoga tulisan sederhana ini bisa kita pahami setiap pihak terutama bagi para pembaca. Kami mohon maaf sebisa mungkin jika ada kata yang tidak enak di hati.

Aceh, Juni 2018

Penulis


Contoh 3 KATA PENGANTAR Sejarah


KATA PENGANTAR

Ucapan pujian dan ucapan syukur hanya milik Allah saja. Hanya Kami yang harus memuji dan bersyukur, mohon maaf dan tolong. Baginya juga kita meminta perlindungan dari keburukan setan yang selalu membisikkan kejahatan ke dalam hati kita.

Dengan anugerah dan bantuannya, syukurlah, akhirnya makalah tentang "Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia" dapat diselesaikan dengan lancar. Kami menyadari dengan sepenuh hati bahwa masih ada kekurangan dalam makalah ini.

Kami menantikan kritik dan saran konstruktif setiap pembaca untuk materi evaluasi kami pada penulisan makalah berikutnya. Kami berharap bisa dijadikan cambuk bagi kami untuk mengutamakan kualitas tulisan ini di masa depan.

Magetan, Agustus 2018

Penulis


Contoh KATA PENGANTAR Skripsi

KATA PENGANTAR

Puji para penulis haturkan kehadiran Allah SWT yang telah menghiasi rahmat dan inayahnya, karena dengan itu, penulis diberi kuasa untuk melengkapi laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Kiat Kiat Kiat Memperbaiki dan Mengembangkan Bahasa Melalui Gambaran Media Kartu di TK PGRI ".

Pengajuan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi beberapa ketentuan kelulusan di tingkat perkuliahan Strata I Universitas Pendidikan Indonesia Malang. Melalui penyusunan esai ini penulis selalu tidak jauh dari hambatan, tantangan dan kesulitan, namun karena bimbingan dan dukungan dari semua pihak, pada akhirnya hambatan tersebut dapat terlaksana dengan lancar.

Juga Baca Contoh Berita Acara Acara, Serah Terima, Kegiatan, Barang
Melalui penyusunan esai ini tentu penulis mengetahui banyak kekurangan yang ditemukan dalam laporan ini. Baik dari sisi kualitas maupun dari segi jumlah bahan pengamatan yang ditampillkan.

Penulis sekaligus sepenuh hati dan sadar bahwa tesis ini masih menemukan kekurangan dan keterbatasan, oleh karena itu penulis membutuhkan kritik dan saran yang konstruktif oleh semua pihak untuk merevisi laporan ini agar menjadi lebih baik selanjutnya.

Penulis selanjutnya dengan hati yang dalam menyampaikan rasa terima kasihnya kepada:

Dr. Septi Ariansyah, M.Pd selaku pembina
Kepala Kabupaten Magetan
Kepala TK PGRI Bapemdik Kabupaten Gorang-gareng
Semua pihak yang telah memberikan dukungan baik bantuan maupun dorongan serta berbagai pengalaman dalam proses penulisan skripsi ini.

Akhirnya semoga ada bantuan yang telah diberikan oleh semua pihak ke bidang kebaikan. Oleh karena itu Olek, untuk tahap akhir, semoga tesis ini bisa bermanfaat bagi kemajuan pendidikan anak usia dini.

Serang, Juni 2018

Penulis


Contoh Kata Pengantar Proposal Skripsi

KATA PENGANTAR

Pujian dan syukur kami sholat kepada Allah SWT atas segala berkah anugerah dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan proposal penelitian ini dengan judul "Efektivitas Model Pembelajaran CTL (Pembelajaran Kontekstual) tentang Penalaran Matematika di Fungsi Bahan Komposisi Dan Fungsi Invers Pada Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 1 Semarang ".

Penyusunan laporan proposal penelitian ini adalah untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan di Fakultas Matematika Negeri Guna Dharma. Pembuatannya bisa berlangsung lancar karena bantuan dari berbagai pihak. berkat dukungan banyak pihak. Dengan demikian, pada kesempatan ini juga penulis mengucapkan terima kasih kepada Untuk itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih untuk:

Bapak Idrus Soejono Ph.D, Dekan Fakultas Matematika Universitas Guna Dharma, Jakarta.
M. Yahya Falah, SKep, MKep, selaku dosen pemeriksa
drg. Agusti Murdari, S.IP, SH, MM, selaku Kepala Riset Riset Matematika IKKT Patria
Semua pihak yang tidak dapat peneliti menyebutkan satu persatu nama yang telah memberikan bantuan kepada penulis baik secara langsung maupun tidak langsung selama menyelesaikan laporan penelitian ini.

Meski demikian, penulis sadar sepenuhnya bahwa masih banyak kekurangan dalam laporan ini. Oleh karena itu, kami menantikan kritik dan saran konstruktif dari semua pihak atas penggunaan kami sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas diri nantinya.

Semoga proposal tesis ini bisa bermanfaat bagi semua pihak, terutama untuk ilmu Matematika.

Jakarta, Juni 2018

Penulis


Itu adalah ikhtisar singkat contoh makalah pendahuluan, contoh laporan pengantar, contoh perkenalan tesis, contoh proposal pengantar, contoh pengantar makalah ilmiah, contoh kliping kata pengantar. Semoga bisa bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar