Siklus Daur Oksigen : Tahapan, Proses, dan Contoh Gambar Ilustrasinya

Siklus Daur Oksigen : Tahapan, Proses, dan Contoh Gambar Ilustrasinya
Siklus Daur Oksigen : Tahapan, Proses, dan Contoh Gambar Ilustrasinya
Anda tahu apa itu oksigen? Benar. Oksigen adalah komponen udara yang paling penting karena setiap hari kita selalu menggunakan untuk bernafas. Tanpa oksigen kita pasti akan merasakan sesak dan tidak bisa bernafas. Tidak percaya? Cobalah masuk ke ruangan tertutup tanpa lubang ventilasi. Tentunya kamu akan merasa sesak. Ya khan Nah, sekarang pertanyaannya kenapa kok kok kok kita pakai terus tapi tetap ada dan tersedia di alam? Ada yang tahu? Ya benar. Oksigen tersedia terus menerus karena siklus oksigen. Seperti apa siklus oksigen itu? Simak eksposur berikut ya!

Siklus Daur Oksigen

Oksigen atau dalam rumus kimia tersebut diwakili huruf "O" adalah unsur terpenting dalam menunjang kehidupan di bumi. Molekul gas ini terdiri dari dua unsur oksigen yang terikat satu sama lain untuk membentuk O2. Unsur oksigen dikatakan penting karena memiliki fungsi yang digunakan sebagai bahan bakar makanan (food juice) dalam metabolisme tubuh manusia dan hewan untuk menghasilkan energi.

Proses Siklus Daur Oksigen

Sumber oksigen terbesar berasal dari proses fotosintesis oleh tanaman. Tanaman dan manusia atau hewan merupakan komponen penyusun ekosistem yang mempengaruhi proses atau siklus oksigen di alam semesta. Siklus oksigen digambarkan seperti pada gambar di bawah ini.

Daur Oksigen : Tahapan, Proses, dan Gambar Ilustrasinya
Siklus Oksigen: Tahapan, Proses dan Ilustrasi

  1. Proses fotosintesis tanaman dan alga menyerap CO2 dan menghasilkan O2 yang dilepaskan ke atmosfer.
  2. Kemudian O2 dihirup oleh manusia dan hewan melalui respirasi atau respirasi.
  3. Oksigen oleh manusia dan hewan tersebut kemudian dijadikan bahan bakar sari buah melalui proses metabolisme di tubuh masing-masing.
  4. Metabolisme manusia dan hewan menghasilkan CO2 yang kemudian dilepaskan ke atmosfer.
  5. Aktivitas industri juga bisa bekerja saat oksigen tersedia dan membuang CO2 ke atmosfir sebagai limbah industri.
  6. Senyawa dari respirasi makhluk hidup dan pembakaran industri adalah CO2 dan H2O. Kedua senyawa ini kemudian digunakan kembali oleh tanaman untuk melakukan proses fotosintesis.
  7. Dan seterusnya sehingga siklus oksigen bisa terus berlanjut.


Nah, dari paparan siklus oksigen, kita dapat menyimpulkan bahwa tanaman merupakan bagian penting yang mendukung terjadinya salah satu siklus biogeokimia ini secara berkelanjutan. Tanpa tanaman dan hutan tidak akan ada komponen di bumi yang mampu mengubah CO2 yang kita limbah menjadi O2 yang bisa kita gunakan untuk bernafas. Karena itu, mari kita mulai menanam pohon di hutan dan rumah kita.