--> Skip to main content

Mengenal Bagian-Bagian Akar secara Anatomi dan Morfologi

Akar adalah bagian tanaman yang berada di bagian paling bawah dan tertanam di tanah. Seperti organ tanaman lainnya, akar juga memiliki bagian. Apa bagian dari akar? Mari kita simak diskusi berikut ini.

Peran utama akar tanaman adalah sebagai pendukung tanaman itu sendiri, memperkuat tanaman agar tidak kolaps dan sebagai organ penyerapan air dan mineral yang digunakan untuk metabolisme tanaman. Akar terdiri dari bagian luar dan dalam.

Bagian-bagian Akar Tumbuhan
Akar tanaman dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian ini bisa dilihat dari luar maupun dari dalam akarnya.

Bagian luar akar tumbuhan (MORFOLOGI AKAR)

Bagian luar akar bisa dilihat secara visual. Di seluruh tanaman, tampilan longitudinal akar tanaman ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Bagian-Bagian Akar
Gambar morfologi di luar akar tanaman




Secara umum, akar tanaman terdiri dari:

  1. Akar leher Ini adalah bagian yang menghubungkan akar dengan batang tanaman.
  2. Batang akar Batang akar meliputi bagian antara akar akar dan ujung akar
  3. Cabang akar Ini adalah cabang akar yang tumbuh dari sisi-sisi di akar utama
  4. Akar rambut Rambut bercabang bercabang yang tumbuh dari sel epidermis yang tumbuh di dekat ujung akar, berfungsi untuk memperluas daerah penyerapan air dan nutrisi mineral.
  5. Ujung akar Ini adalah bagian bawah akar tanaman yang dilindungi oleh tudung akar (kaliptra)
  6. Topi akar (kaliptra). Ini adalah ujung akar yang berfungsi untuk melindungi akar dari kerusakan saat menembus partikel tanah.


Akarnya terdiri dari tiga zona pertumbuhan, yaitu daerah diferensiasi, daerah pemanjangan, dan luas pembelahan sel. Area meristematik akar adalah pada akhir dimana sel selalu aktof membagi. Pada akhirnya ada tudung akar yang berfungsi melindungi akar tanaman.

Bagian dalam akar tumbuhan (ANATOMI AKAR)
Jika bagian akar dipotong melintang, maka bagian dalam akar bisa dilihat melalui mikroskop.

Bagian-Bagian Akar
Gambar struktur anatomi akar tanaman




Bagian terluar akar disebut epidermis, kemudian korteks, endodermis dan silinder pusat (stadia).

epidermis
Sel epidermis adalah akar berdinding tipis, kompak dan biasanya tidak memiliki kutikula yang mudah ditembus oleh air. Di bagian epidermis ini tumbuh akar rambut. Pertumbuhan akar rambut menyebabkan permukaan akar lebih lebar sehingga proses penyerapannya lebih efisien.

Korteks
Setelah epidermis ada korteks yang tersusun dari jaringan parenkim. Sel korteks relatif bulat (isodiametris) dengan ruang intercellular yang jelas. Garam air dan mineral yang masuk melalui rambut akar akan melewati sel korteks melalui ruang interselular yang disebut peristiwa ektravasikuler apoplastik.

Endodermis
Endodermis adalah jaringan antara korteks dan silinder pusat atau stela. Jaringan ini terdiri dari satu lapisan sel dengan dinding sel tebal dan licin. Dalam jaringan endodermik ini ada peraturan tentang pengenalan air ke dalam jaringan transportasi di dalam silinder pusat.

Silinder pusat (stele)
Silinder tengah atau stadia adalah bagian terdalam dari anatomi akar. Jaringan pembuluh primer dikelilingi oleh kumpulan sel yang disebut jaringan perisikel yang terletak berdampingan. Jaringan perikum ini bersifat meristematik dan mampu membentuk cabang akar. Bagian dalam partikel ini adalah jaringan sekunder, floem dan xilem.

Dengan demikian pembahasan tentang bagian-bagian akar tanaman, apakah dilihat secara morfologi atau anatomi terstruktur. Semoga bermanfaat
Mungkin Anda Suka
Buka Komentar
Tutup Komentar