Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja untuk Karyawan Baru Bermaterai 6000

Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja untuk Karyawan Baru Bermaterai 6000
Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja untuk Karyawan Baru Bermaterai 6000
Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja - Pernyataan adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang berisi pernyataan dirinya atau menjelaskan orang lain bahwa orang tersebut telah atau belum pernah melakukan sesuatu. Selain itu, ada juga definisi lain, yaitu sebuah surat pernyataan adalah pernyataan tertulis yang menyatakan tentang kemauan atau kemauan seseorang atau kelompok untuk menanggung semua risiko yang terkait dengannya. Pernyataan mengenai aspek hukum harus ditulis dengan cap atau kertas biasa dengan materai.

Pernyataan ini bisa bersifat formal maupun pribadi. Dalam surat pernyataan resmi, sebelum penandatanganan, pernyataan tersebut dicap terlebih dahulu dan kemudian ditandatangani. Stamp stamps untuk menambahkan validitas file atau surat dan terikat oleh hukum. Jadi, jika orang yang membuat surat tersebut melanggar surat pernyataan, maka pihak yang menerima surat tersebut dapat mengajukan pertanggungjawaban hukum kepada orang yang membuat pernyataan tersebut.

Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan Dimana Saja untuk Karyawan Baru Bermaterai 6000

Pernyataan bisa dibuat sendiri, juga bisa dilakukan oleh pihak ketiga. Pernyataan pribadi juga memiliki bentuk yang sederhana. Kita bisa membuatnya dalam bentuk resmi atau setengah balok. Meski termasuk surat pribadi, pihak yang menerima surat ini harus mengosongkan. Sedangkan bentuk pernyataan berbentuk blank / form berfungsi untuk memudahkan form untuk mengecek isinya, karena isi pernyataan yang dianggap penting adalah langsung tercetak / diketik. Pihak pribadi yang mengisi tinggal menyelesaikan potongan data pribadi saja

Dalam laporan kehidupan sehari-hari sering dibuat oleh seseorang untuk melengkapi surat lamaran kerja atau untuk kebutuhannya setelah mendapat pendidikan atau bekerja di institusi tertentu. Dalam urusan bisnis, seorang pemimpin sering membuat pernyataan yang menjelaskan isi bawahan atau bawahannya. Surat pernyataan layanan memiliki bentuk, fungsi, dan kompilasi yang relatif sama dengan sertifikat. Tak jarang juga sebuah institusi yang ingin memilih karyawan baru meminta untuk membuat sebuah pernyataan. Dalam kasus tersebut, agensi harus menyiapkan surat kosong untuk diisi oleh peserta sebagai persyaratan. Pembuatan sebuah deklarasi dalam bentuk kosong mempermudah penelitian isi surat masuk karena semua bentuknya panjang.

Salah satu contoh surat pernyataan yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah sebuah deklarasi yang mau ditempatkan dimana saja. Surat pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja adalah surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa seseorang akan bersedia ditempatkan dimana saja sesuai perintah perusahaan atau institusi tertentu jika orang tersebut diterima menjadi satu karyawan atau pegawai satu perusahaan / agen. Jadi dengan adanya pernyataan tertulis ini membuat pembuat huruf terikat dengan pernyataannya, dan jika pernyataannya tidak tepat nanti, maka dia akan memiliki konsekuensi tertentu. Secara umum ada tiga hal utama yang harus ada dalam pernyataan tersebut, yaitu:


  1. Dibuat berdasarkan fakta
  2. Dibuat tanpa ada paksaan dari pihak manapun
  3. Menyatakan untuk dihukum jika terbukti tidak konsisten dengan sebuah pernyataan
  4. Secara umum, surat ini sama dengan surat pernyataan lainnya, diawali dengan identitas yang relevan (calon karyawan) dan pernyataan calon karyawan yang merupakan isi utama surat ini. Dan terakhir tanda tangan yang bersangkutan dan cap 6000.


Untuk lebih jelasnya tentang contoh Surat Pernyataan Bersedia ditempatkan dimanapun, bisa dilihat beberapa contoh pernyataan dengan format profesional berikut di bawah ini.

Contoh Surat Pernyataan Bersedia ditempatkan Dimana Saja untuk Karyawan Swasta Baru

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                    : Suwiryo Alexander
Nomor KTP                           : 2889800001200
Tempat, Tanggal Lahir            : Bandung, 16 Mei 1990
Alamat                               : Jalan Belang  Harimau No. 13/ 40B Kota Bandung

dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa apabila saya diterima menjadi karyawan PT. Segar Alam Abad, saya bersedia ditempatkan dan bekerja dimana saja di seluruh wilayah Republik Indonesia pada Cabang atau Unit Bisnis PT. Segar Alam Abadi. Apabila saya tidak memenuhi pernyataan ini, saya bersedia diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dalam keadaan sadar dan atas kemauan sendiri serta tidak ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

  Bandung, 28 Oktober 2026

Yang membuat Pernyataan,

Materai Rp. 6000

Suwiryo Alexander 

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah pernyataan:


  1. Tentukan pernyataan yang akan dibuat.
  2. Tulislah dengan baik dan benar. Kita harus mengikuti peraturan dalam menulis sebuah pernyataan. Ada pernyataan untuk ditulis tangan, tapi beberapa harus diketik. Dalam menulis surat pernyataan, gunakan bahasa standar dan tegas, tidak langsung dan langsung pada materi pelajaran. Namun, jangan lupa sertakan data diri Anda seperti yang menulis pernyataan sesuai dengan pesanan yang ada. Tuliskan tujuan pernyataan dengan jelas, siapa yang akan menerima surat tersebut.
  3. Tulis dengan tangan. Jika surat itu diminta ditulis tangan, maka kita harus memperhatikan tulisan tangan kita. Tulislah tulisan tangan yang rapi, bersih dan bersih sehingga huruf mudah dibaca dan dimengerti oleh orang yang menerimanya.
  4. Tidak ambigu, jelas, dan solid. Ini bertujuan untuk menghindari makna yang ambigu atau tidak jelas. Dengan begitu, kita bisa menulis pernyataan secara solid dan jelas.

Itu adalah contoh pernyataan kemauan untuk ditempatkan dimanapun dengan format profesional. Mudah-mudahan bisa dijadikan referensi dalam membuat pernyataan yang baik dan resmi.